Comscore Tracker

5 Trik Memulihkan Energimu Setelah Melewati Masa Sulit, Yuk Terapkan!

Gak sulit kok caranya!

Dalam hidup ada kalanya kamu melewati hari-hari yang sulit. Entah bentuknya berupa kesulitan keuangan, gagal dalam karier, terganggunya kesehatan maupun mengalami masalah dalam hubungan asmara. Harus diakui bahwa masa-masa demikian cukup menguras energi dan emosimu sehari-hari.

Agar kamu tidak larut di dalam masalah dan terjebak di dalamnya terlalu lama, ada baiknya kamu mencoba menyiasati kondisi tersebut. Nah, berikut ada lima trik yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan suasana hatimu dengan cepat dan membantumu memulihkan energi selama masa-masa sulit.

1. Menerima setiap masalah sebagai bahan belajar untuk hidup lebih baik ke depannya

5 Trik Memulihkan Energimu Setelah Melewati Masa Sulit, Yuk Terapkan!Unsplash.com/Anton Malanin

Hal pertama yang harus kamu lakukan seusai melewati masa sulit adalah dengan menerimanya. Dengan menerimanya, dirimu akan lebih mudah mengembalikan energimu seperti sedia kala.

Kamu hanya perlu percaya bahwa peristiwa di dalam hidup ini terjadi secara bergantian dan pasti berlalu juga. Ikhlas menerima juga membuatmu lebih tenang dan damai untuk menjalani hidup ke depannya.

2. Mencoba berpikir sederhana seperti anak-anak

5 Trik Memulihkan Energimu Setelah Melewati Masa Sulit, Yuk Terapkan!Unsplash.com/Priscilla Du Preez

Semakin dewasa biasanya setiap masalah kamu pikirkan dengan lebih kompleks dan detail dibandingkan waktu usiamu masih belasan. Mencoba berpikir sederhana layaknya anak-anak bisa kamu coba agar sifat overthinking tidak mengganggu kegiatan harianmu.

Bukan bermaksud mengabaikan, tetapi beberapa masalah memang perlu diselesaikan tanpa terlalu banyak dipikirkan dan mengandalkan banyak teori. Jalani saja, percaya bahwa semua pasti ada penyelesaiannya.

3. Menjaga kondisi tubuh dengan rutin berolahraga

5 Trik Memulihkan Energimu Setelah Melewati Masa Sulit, Yuk Terapkan!Unsplash.com/Samantha Gades

Mungkin kamu bertanya-tanya apa hubungan olahraga dengan pengembalian energi. Seperti yang sudah diketahui, olahraga sendiri lebih dikenal sebagai kegiatan membakar energi dalam tubuh seseorang.

Namun, perlu digarisbawahi bahwa olahraga membuat tubuhmu lebih aktif bergerak sehingga membuat tubuhmu lebih bersemangat dan lebih sehat. Gak perlu muluk-muluk menetapkan target terlalu tinggi, konsisten saja dulu untuk jogging tiap sore atau pagi. Dijamin kamu bakal lebih merasa segar dan bahagia.

4. Melakukan berbagai kegiatan positif agar hidup kembali berwarna

5 Trik Memulihkan Energimu Setelah Melewati Masa Sulit, Yuk Terapkan!Unsplash.com/Brooke Cagle

Kegiatan positif mendorongmu untuk berpikir lebih positif juga. Kamu bisa memulai dengan kembali melakukan hobimu yang tidak kamu kerjakan sedari lama.

Melakukan hobi bisa membuat suasana hatimu lebih baik dan pikiranmu juga kembali terbuka. Tanpa kamu sadari kegiatan positif itu nantinya membuat energimu kembali terisi dan siap menjalani hidup lebih baik lagi. 

5. Menemukan seseorang yang senasib dan lebih dulu bangkit

5 Trik Memulihkan Energimu Setelah Melewati Masa Sulit, Yuk Terapkan!Unsplash.com/Antonino Visalli

Tidak dapat dimungkiri bahwa bercerita dengan orang yang senasib dapat menimbulkan perasaan lega dan tenang di hatimu. Misalkan kamu bermasalah dalam hubungan asmara, tentu saja lebih nyaman rasanya jika kamu bercerita dengan teman yang juga pernah mengalami masalah yang sama.

Selain kamu bisa merasa bahwa perasaanmu tersampaikan, hal tersebut dapat menjadi gambaranmu untuk hidup ke depan. Jika mereka yang dulunya sama nasibnya dapat melewati masalah tersebut, tentu saja kamu juga bisa melewati kesusahan yang kamu rasakan sekarang bukan? Meski terlihat sepele, tanpa kamu sadari bercerita dengan teman senasib bisa meningkatkan energimu untuk bangkit kembali.

Nah, itu dia lima trik jitu agar energimu lekas kembali seusai melewati masa-masa sulit hidupmu. Jangan pernah menyerah ya, kamu harus mulai berjalan meski itu pelan-pelan.

Baca Juga: 5 Tips Bangkit dari Kekecewaan Setelah Kepercayaan yang Disia-siakan

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya