Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Ingat saat Hidup Tak Berjalan Sesuai Ekspektasi

Ingat baik-baik, ya!

Sebagai manusia kita tidak bisa memilih hal-hal baik saja yang datang dalam kehidupan. Ada kalanya harapan kita hanya berakhir menjadi impian yang sampai kapan pun tidak pernah menjadi kenyataan. Gak jarang kita juga harus berkawan sedih dan kecewa karena hidup tak berjalan sesuai ekspektasi kita.

Agar kamu tetap kuat, berikut ada lima hal yang harus kamu ingat saat hidup tak berjalan sesuai ekspektasimu. Kira-kira, apa saja, ya? Keep reading untuk menemukan jawabannya!

1. Dalam hidup memang tidak ada yang benar-benar sempurna

5 Hal yang Harus Kamu Ingat saat Hidup Tak Berjalan Sesuai EkspektasiPexels.com/Randylle Deligero

Kesempurnaan hanya milik Tuhan, bukan milik insan. Sebagai manusia, kita hanya bisa berusaha sebaik-baiknya dan membiarkan Tuhan yang menentukan.

Mengharapkan segala hal sempurna tanpa celah hanya akan membuatmu akrab dengan kecewa. Sejatinya, di bumi ini akan selalu ada yang bejalan tak seusai harapan, segigih apa pun kamu mengusahakannya.

2. Saat segalanya berjalan tak sesuai harapan, bukan berarti kamu akan sial selamanya

5 Hal yang Harus Kamu Ingat saat Hidup Tak Berjalan Sesuai EkspektasiPexels.com/cottonbro

Saat ekspektasimu tak bejalan mulus, bukan berarti kamu boleh membiarkan hidupmu berjalan tanpa diurus. Kegagalan adalah hal yang wajar dan bukan hal yang perlu kamu khawatirkan berlebihan.

Lagipula, kegagalan bukanlah tanda bahwa hidupmu gak akan pernah bertemu keberuntungan. Oleh karena itu, berhentilah berpikir bahwa kesialan akan datang padamu terus-terusan.

Baca Juga: 5 Cara Biar Gak Terus Terbebani dengan Ekspektasi Orang

3. Segala yang indah memang perlu waktu

5 Hal yang Harus Kamu Ingat saat Hidup Tak Berjalan Sesuai EkspektasiPexels.com/Alan Retratos

Saat ekspektasimu dipatahkan oleh kenyataan, bisa saja memang hal tersebut dirasa Tuhan memang belum pas untuk kamu nikmati sekarang. Kamu hanya perlu percaya bahwa manusia pasti memiliki momen indahnya masing-masing.

Gak harus sama dan berbarengan, nyatanya bunga saja tidak mekar pada waktu yang bersamaan 'kan?

4. Masih ada syukur yang bisa membuatmu merasa cukup

5 Hal yang Harus Kamu Ingat saat Hidup Tak Berjalan Sesuai EkspektasiPexels.com/Karolina Grabowska

Rasa syukur akan menguatkanmu dalam berbagai keadaan. Saat kesulitan datang, saat badai hidup menghatam, bukan berarti rasa syukur turut kamu tanggalkan. Mengucap syukur membuat hatimu jauh lebih tenang dan lapang.

Nah, alih-alih menyalahkan diri sendiri dan keadaan saat ekspektasimu gagal menjadi kenyataan, ada baiknya kamu belajar untuk mensyukuri segala hal yang diberikan Tuhan.

5. Percayalah bahwa takdir Tuhan adalah yang terbaik

5 Hal yang Harus Kamu Ingat saat Hidup Tak Berjalan Sesuai EkspektasiPexels.com/Andrea Piacquadio

Yang dianggap manusia baik belum tentu menurut Tuhan sama baiknya. Saat gagal diizinkan datang, kecewa diizinkan kamu rasakan, berarti memang hal itulah yang terbaik untuk dirimu.

Kamu harus selalu percaya bahwa segala hal yang ditetapkan Tuhan selalu punya tujuan yang baik untuk hidupmu ke depan. Dengan merasa kecewa, bukankah kamu belajar untuk menakar ekspektasi dengan kadar yang benar?

 

Nah, itulah lima hal yang harus kamu ingat saat hidup tak berjalan sesuai ekspektasimu. Gak usah kamu sesalkan berlebihan, cukup ambil baiknya dan jadikan pelajaran. Ingat-ingat lima hal di atas biar kamu tetap tangguh meskipun sempat runtuh!

Baca Juga: Gak Sesuai Ekspektasi, 10 Potret Lucu Realita yang Jauh dari Harapan 

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya