Comscore Tracker

5 Hal yang Menjauhkanmu dari Perasaan Bahagia, Cepat Singkirkan!

Kamu wajib tahu, nih!

Setiap manusia tentu ingin hidup berdampingan dengan kebahagiaan. Kerap dianggap sebagai sebuah pencapaian, nyatanya bahagia itu adalah sebuah proses  yang bisa kita rasakan dengan sederhana setiap harinya jika kita menginginkannya. 

Sayangnya, sebagai manusia kita sering tidak sadar tengah melakukan hal-hal yang menghambat kebahagiaan tersebut untuk datang. Nah, agar kamu tidak merawat dan menjadikannya sebagai sebuah kebiasaan, berikut ada beberapa hal yang bisa menjauhkanmu dari perasaan bahagia. Kira-kira, apa saja, ya? Yuk, simak jawabannya pada ulasan berikut.

1. Kerap menjadikan hidup sebagai ajang perlombaan

5 Hal yang Menjauhkanmu dari Perasaan Bahagia, Cepat Singkirkan!Pexels.com/Karolina Grabowska

Jika selama ini hidup bagimu seperti sedang bersaing dalam sebuah perlombaan, tidak heran jika kamu kerap merasa tidak bahagia. Sumber perasaan bahagia adalah ketenangan.

Bagaimana kamu bisa hidup tenang jika setiap hari kamu berambisi untuk menyaingi orang lain? Agar kamu bisa merasa bahagia, pertama-tama kamu harus mengubah pola pikir bahwa kehidupan ini adalah sebuah persaingan.

2. Memilih tuli dan mengabaikan kata hati

5 Hal yang Menjauhkanmu dari Perasaan Bahagia, Cepat Singkirkan!Pexels.com/RODNAE Productions

Setiap manusia pada dasarnya lahir dengan kebaikan hati. Seiring bertambahnya usia serta pengaruh lingkungan, banyak yang berubah dan mengikuti arus pergaulan yang salah.

Gak jarang karena takut kehilangan teman, kita bahkan mengikuti hal-hal negatif meski berlawanan dengan kata hati sendiri. Bisa jadi sebab kamu gak bahagia, nyatanya kerap mengabaikan kata hati bisa membuatmu kehilangan diri sendiri.

Baca Juga: 5 Sisi Buruk saat Kamu Terlalu Perfeksionis, Hati-Hati Rugi Sendiri!

3. Terlalu memikirkan pendapat orang lain

5 Hal yang Menjauhkanmu dari Perasaan Bahagia, Cepat Singkirkan!Pexels.com/cottonbro

Kita memang tidak hidup sendiri di muka bumi. Banyak orang yang tinggal di sekeliling kita dan ikut peduli dengan kehidupan yang kita jalani. Namun, kamu harus ingat bahwa terlalu memikirkan perasaan atau pendapat orang di sekitar kita juga bisa membuat kurang bahagia.

Sebagai manusia kamu berhak untuk memilih jalan hidup sendiri. Jangan sampai ketakutanmu akan pendapat orang lain justru membatasi kemampuanmu untuk mengembangkan diri. Kamu harus ingat bahwa kamu berhak untuk merasa bahagia tanpa terintimidasi.

4. Memikirkan secara berlebihan hal-hal yang belum terjadi

5 Hal yang Menjauhkanmu dari Perasaan Bahagia, Cepat Singkirkan!Pexels.com/Karolina Grabowska

Terlalu khawatir akan masa depan juga bisa jadi hal yang membuatmu sulit merasa bahagia. Sifat overthinking yang kamu rawat dan kembangkan bisa membuat benteng tinggi hingga bahagia yang sederhana tidak pernah bisa kamu rasakan.

Padahal, sejatinya hidup adalah tentang menjalani dengan baik dan menikmatinya. Jangan sampai pikiranmu yang terlalu jauh justru membuatmu melewatkan dan mengabaikan banyak momen yang tengah kamu jalani saat ini.

5. Kerap membandingkan hidupmu dengan hidup orang lain

5 Hal yang Menjauhkanmu dari Perasaan Bahagia, Cepat Singkirkan!Pexels.com/Polina Zimmerman

Sama halnya pepatah yang mengatakan bahwa tidak semua bunga mekar di waktu yang sama, begitulah juga hidup manusia. Sebagai manusia kita memulai jalan dengan garis start yang tidak sama dan menapaki jalan yang kelokannya berbeda-beda. Mana bisa kita membandingkan hidup manusia satu dengan yang lain padahal indikatornya saja sudah tidak serupa?

Membuatmu tidak tenang dan kurang bahagia, nyatanya kebiasaan membandingkan hidup hanya akan menyuburkan rasa iri di dalam jiwa. Selain itu, kamu pun lebih sering merasa minder dan kurang percaya dengan diri sendiri.

 

Nah, itulah lima hal yang menjauhkanmu dari perasaan bahagia. Hindari, ya, agar energi di sekitarmu gak negatif melulu. Tunggu apalagi? Praktikkan sekarang juga!

Baca Juga: 5 Alasan Gak Perlu Membandingkan Pencapaian Kariermu dengan Orang Lain

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya