Comscore Tracker

6 Hal Ini Menunjukkan Kamu Belum Bisa Menentukan Masa Depanmu Sendiri

Ayo, jangan bermalas-malasan!

Pernahkah kamu merasa terombang-ambing dalam suatu masa di hidupmu? Ya semua orang pernah merasakannya. Namun demikian, jangan sampai berlarut-larut.

Karena beberapa hal berikut ini dapat menjadi pertanda kamu belum dapat menentukan masa depanmu. Semoga belum terlambat untuk membenahinya.

1. Kamu mendesah panjang ketika pertama kali membuka mata di hari yang baru.

6 Hal Ini Menunjukkan Kamu Belum Bisa Menentukan Masa Depanmu Sendiripexels.com/jimmy teoh

Desahan panjang tidak hanya menunjukkan keletihan, kekecewaan dan segala rasa tidak puas lainnya. Namun juga menunjukkan bahwa kamu tidak mensyukuri kehidupanmu sejak kamu bangun.

Coba ingat-ingat dan tuliskan apa yang menyebabkan desahan panjangmu mengawali pagi harimu. Apa kau merasa terbebani atau tertekan karena sesuatu? Mungkin bisa kau terka dan atasi penyebabnya.

Rasa syukur ketika bangun tidur telah diajarkan dalam doa yang dipanjatkan saat bangun tidur. Bagaimana kau dapat menentukan cerahnya masa depanmu manakala kau tidak merasakan rasa syukur sejak pertama bangun tidur.

2. Kamu seringkali melamun tanpa arah setelah bangun tidur

6 Hal Ini Menunjukkan Kamu Belum Bisa Menentukan Masa Depanmu Sendiripixabay.com/goodinteractive

Ketika kau terbangun di pagi hari dengan mendesah panjang dan lamunan, menunjukkan bahwa kau tidak semangat dalam menjalani hari-hari hidupmu. Selain tidak semangat, kamu akan terbawa oleh apa saja yang dapat terlintas di pikiranmu. Kamu tidak memiliki rencana apa pun di kepalamu baik untuk hari itu maupun masa depanmu.

Baca Juga: 6 Langkah Hidup yang Bikin Masa Depanmu Jauh dari Penyesalan

3. Kamu seringkali terpengaruh oleh opini sekitar lingkunganmu

6 Hal Ini Menunjukkan Kamu Belum Bisa Menentukan Masa Depanmu Sendiripexels.com/elevate

Ketika kamu memiliki mimpi dan cita, tidak jarang orang-orang di sekitarmu akan memberi penilaian positif maupun negatif. Jika kamu masih tergantung pada opini mereka, baik dukungan ataupun larangan mungkin kamu belum dapat yakin dengan masa depanmu.

Kamu mungkin akan berhenti di tengah jalan dalam mengejar mimpi dan citamu karena tidak ada yang mendukungmu atau karena banyak yang melarangmu. Terkadang kamu hanya memerlukan dirimu sendiri, karena dirimu adalah asetmu.

4. Kamu seringkali berusaha agar semua orang bahagia

6 Hal Ini Menunjukkan Kamu Belum Bisa Menentukan Masa Depanmu Sendiripexels.com/rawpixel.com

Ketika kamu masih memikirkan orang-orang di sekitarmu, kamu mungkin belum mandiri sejak dalam pikirmu dan masih bergantung beberapa hal dengan mereka. Sehingga kamu akan berusaha untuk membahagiakan semua orang, baik bersamaan dengan hal-hal yang ingin kau raih bahkan jika kamu sampai mesti mengesampingkan mimpi dan citamu sendiri.

Kalau kamu bisa melakukannya dengan usahamu sendiri, kamu semestinya tidak perlu memikirkan opini hingga berusaha membahagiakan orang-orang di sekitarmu. Ketika kamu dapat sukses dan bahagia dalam meraih apa yang dicita-citakan, mereka yang tulus pun akan turut berbahagia untukmu. Karena setidaknya kamu bukanlah orang yang menjadi beban pikiran orang-orang di sekitarmu.

5. Kamu belum bisa menempatkan bahwa hal yang berlalu telah berlalu

6 Hal Ini Menunjukkan Kamu Belum Bisa Menentukan Masa Depanmu SendiriUnsplash/Nik Shuliahin

Kata-kata seperti "kalau saja waktu itu..." yang seringkali kamu ucapkan memenuhi pikiranmu saat ini. Kelanjutannya, jika tidak menyalahkan dirimu sendiri maka kamu akan menyalahkan orang lain di sekitarmu. Penyesalan memang akan selalu menyediakan ruang untuk hal-hal yang tidak kita lakukan di masa lalu.

Sudahi dengan menempatkan hal-hal yang telah berlalu pada tempatnya, yaitu kenangan masa lalu. Mulailah kamu memikirkan pada saat ini langkah apa yang dapat kau lakukan untuk masa depanmu. Cari inspirasi, bekali ilmu, himpunkan semangat dan tekad dan mulailah melangkah. Selain itu, tetap konsisten berapapun kecepatan yang kau sanggup untuk melangkah.

6. Kamu belum bisa mengatur uang untuk masa depanmu

6 Hal Ini Menunjukkan Kamu Belum Bisa Menentukan Masa Depanmu Sendiripexels.com/freestocks.org

Pendapatanmu biasa habis dalam sekejap untuk keinginan yang saat itu sedang kamu inginkan. Berbeda dengan orang yang telah menentukan masa depannya, mereka memiliki rencana keuangan yang akan diperlukan untuk jangka panjang. Walaupun masih banyak cara yang dapat ditempuh selain dengan menabung, setidaknya kamu memiliki rencana keuangan masa depanmu.

Keenam hal yang telah disebutkan di atas bukan berarti patokan yang menjadi penilaian absolut atas masa depanmu. Kamu masih punya harapan yang dapat kau gantungkan pada Tuhan melalui doa-doamu selama masih hidup dan berusaha.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dipikirkan Sebelum Mencemaskan Masa Depanmu

Yulia Erni Photo Verified Writer Yulia Erni

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya