Comscore Tracker

Gagal Jadi CPNS di Tahun 2019? Ini 5 Hal Positif yang Dapat Dipetik

Cara sukses bukan dengan menjadi CPNS saja, kan?

Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang di buka pada tanggal 19 September 2018 lalu sekarang sudah memasuki tahap akhir yaitu pemberkasan. Ada 2 tahap yang diikuti peserta sebelum tahap pemberkasan, yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Pada masing-masing seleksi menggunakan sistem gugur. Tidak semua peserta berhasil melewati seleksi yang telah dipersiapkan oleh panitia. Ada pula peserta yang gagal dalam rangkaian seleksi ini. Untuk peserta yang gagal, tidak boleh berkecil hati, ini dia 5 hal positif dari kegagalanmu yang bisa jadi pelajaran untukmu. 

1. Introspeksi diri

Gagal Jadi CPNS di Tahun 2019? Ini 5 Hal Positif yang Dapat Dipetikpixabay/mcredifine

Ketika mengalami kegagalan ada baiknya kita mengintrospeksi diri. Mencari tahu apa yang menjadi kekurangan kita sehingga kita belum bisa lulus seleksi CPNS, dan apa yang menjadi kelebihan teman kita sehingga mereka bisa lulus seleksi CPNS sampai tahap akhir. Kurangnya persiapan diri dan usaha juga bisa menjadi salah satu faktor terjadinya kegagalan loh!

2. Menerima dengan lapang dada

Gagal Jadi CPNS di Tahun 2019? Ini 5 Hal Positif yang Dapat Dipetikunsplash/christan_newman

Tidak ada jalan yang terbaik selain mengikhlaskan apa yang sudah terjadi. Menerima kegagalanmu dengan ikhlas merupakan salah satu bukti sikap dewasamu dalam menghadapi kenyataan hidup. Buktikan kalau kamu kuat menghadapinya!

Baca Juga: Hindari 5 Kesalahan yang Bisa Membuat Kamu Gagal Jadi Penulis

3. Ubah perasaan dan pikiran negatifmu menjadi motivasi yang membangun

Gagal Jadi CPNS di Tahun 2019? Ini 5 Hal Positif yang Dapat Dipetikpixabay/wokandapix

Ketika tidak lulus dalam seleksi CPNS tentu saja ada perasaan kecewa yang begitu dalam terhadap diri sendiri. Merasa kesal dan tentunya juga menyesal, kan? Ubah semua perasaan negatif tersebut agar memotivasi dirimu sendiri, agar kedepannya kamu lebih mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi CPNS.

4. Bangkitlah!

Gagal Jadi CPNS di Tahun 2019? Ini 5 Hal Positif yang Dapat Dipetikpexels/spencer selover

Mulai saat ini berhentilah menyesali segala kegagalan yang telah terjadi. Bangkitlah! Kamu bukan seorang pecundang yang pasrah saja dan mudah menyerah karena keadaan, kan? Berdirilah tegap dan katakan: "Jika tahun ini aku gagal, tahun depan tidak boleh gagal!"

5. Persiapkan dirimu kembali

Gagal Jadi CPNS di Tahun 2019? Ini 5 Hal Positif yang Dapat Dipetikpexels/olly

Pasti tidak mau merasakan kekecewaan yang sama, kan? Mulai usaha lagi, persiapkan diri lagi dengan baik untuk seleksi berikutnya, karena usaha dan persiapanmu tidak akan ada yang sia-sia. Anggap saja ini salah satu cara untuk menambah ilmu.

Mungkin bukan sekarang waktunya, mungkin bukan menjadi CPNS jalannya dan masih banyak kemungkinan lain yang belum kamu coba. Kalau kamu sudah menyerah, bagaimana kamu bisa mendapatkan jalan suksesmu? Yuk, semangat lagi!

Baca Juga: Ikuti Tes CPNS, Begini Reaksi Anthony Ginting dan Kawan-kawan

Yuniar B. A. Panjaitan Photo Community Writer Yuniar B. A. Panjaitan

Know me further on my instagram : @nandapjtn

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You