Comscore Tracker

Mengenal Forest Bathing, Metode Penghilang Stres ala Orang Jepang 

#IDNTimesHealth Obat alami kesehatan mental dan kecemasan 

Di tengah padatnya pekerjaan, stres jelas melanda. Ada banyak metode untuk meredakan stres dan menghibur diri.

Alam menjadi salah satu media yang memberikan manfaat. Oleh sebab itu, berlibur dan menghabiskan waktu di alam terbuka baik bagi kesehatan tubuh dan pikiran.

Salah satu metode penghilang stres yang menarik adalah Forest Bathing. Wah, metode yang seperti itu? Mari simak! 

1. Asal-usul metode forest bathing 

Mengenal Forest Bathing, Metode Penghilang Stres ala Orang Jepang ilustrasi mandi hutan (Pexels.com/Rafaela Lima)

Forest bathing pertama kali dikenalkan melalui kebiasaan orang Jepang pada tahun 1980-an. Mereka menyebutnya sebagai Shinrin-yoku yakni aktivitas minum obat atau terapi hutan dengan menghirup suasana hutan. Sesuai dengan namanya, forest bathing adalah sebuah kegiatan menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan di kawasan alam terbuka seperti hutan. 

Fenomena ini lahir dari reaksi orang Jepang yang kala itu mengalami tingginya stres kerja sekaligus adanya lonjakan penyakit autoimun. Aktivitas ini juga menjadi kesempatan untuk meningkatkan ekonomi kawasan pedesaan yang kala itu kehilangan penduduknya lantaran bermigrasi ke kota. 

Terlepas dari sejarah kelam, aktivitas forest bathing kini hits di masyarakat masa kini yang jenuh dengan teknologi. 

2. Manfaat forest bathing bagi tubuh dan pikiran

Mengenal Forest Bathing, Metode Penghilang Stres ala Orang Jepang ilustrasi forest bathing (Pexels.com/Artem Beliaikin)

Berjalan-jalan menghabiskan waktu di kawasan hutan ternyata memberikan banyak manfaat. Suasana sejuk, pemandangan hijau serta udara alami yang kita dapatkan ternyata punya pengaruh hebat bagi tubuh dan pikiran.

Sebuah studi tahun 2007 yang ditulis oleh Bum-Jin Park menunjukkan bahwa terapi hutan mengurangi kortisol, hormon yang memuat energi dan mengendalikan stres.

Studi lainnya yang dilakukan oleh Toshiaki Otsuka pada tahun 2011 menemukan bahwa terapi hutan memiliki dampak positif pada tekanan darah dan adiponektin, protein yang membantu mengatur kadar gula darah.

3. Manfaat tree oil bagi kekebalan tubuh manusia

Mengenal Forest Bathing, Metode Penghilang Stres ala Orang Jepang ilustrasi forest bathing (Pexels.com/Masha Raymers)

Di dalam hutan tentu terdapat berbagai tumbuhan dan pepohonan. Makhluk hidup tersebut rupanya memancarkan zat yang disebut phytoncide. Minyak esensial ini melindungi tanaman dan pohon dari serangan dari luar seperti gangguan serangga dan kuman. Sifat antimikroba mereka dapat mempengaruhi kekebalan tanaman. 

Menghirup udara hutan meningkatkan tingkat sel natural killer dalam darah kita. Tubuh kita menggunakan sel ini untuk memerangi infeksi dan kanker.

Sebuah penelitian tahun 2006 di Jepang menunjukkan, mereka yang melakukan forest bathing mengalami peningkatan jumlah dan aktivitas sel natural killer.

Selain mempengaruhi fungsi sistem kekebalan tubuh, phytoncides juga turut meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan mood dan perhatian, mengurangi depresi, meningkatkan energi dan kreativitas. Studi tersebut juga membuktikan bahwa phytoncides secara signifikan meningkatkan aktivitas sel natural killer pada manusia. 

Baca Juga: 6 Tips Meredakan Stres secara Cepat, Berhenti Overthinking!

4. Bagaimana fores bathing dapat meningkatkan mindfulness dan mengurangi stres?

Mengenal Forest Bathing, Metode Penghilang Stres ala Orang Jepang ilustrasi terapi hutan (Pexels.com/Michael Burrows)

Salah satu manfaat yang bisa kita rasakan saat terapi hutan adalah pemandangan hijau yang menyegarkan. Kita terlepas dari fokus layar yang melelahkan. Pada saat ini kita akan melepaskan segala perenungan, bebas dari kekhawatiran apapun termasuk pada pemikiran-pemikiran obsesif.

Pada saat itu juga kita akan lebih rileks dan bersantai, memberikan waktu dan keleluasaan untuk diri kita sendiri. 

Dalam satu studi baru-baru ini, peserta yang biasa berjalan melalui hutan menunjukkan bukti penurunan tekanan darah. Selain itu, paparan minyak pohon yang dihirup saat berjalan-jalan di hutan dapat berkontribusi untuk mengurangi kecemasan.

Ini membuktikan bahwa ada korelasi positif yang signifikan antara alam, mindfulness, dan ukuran kesejahteraan psikologis. 

5. Melatih terapi hutan dengan rutin 

Mengenal Forest Bathing, Metode Penghilang Stres ala Orang Jepang ilustrasi terapi hutan (Pexels.com/Rachel Claire)

Meski forest bathing adalah suatu hal yang sederhana dan bisa dilakukan dengan mudah, bukan berarti forest bathing dapat memberikan efek yang instan. Kamu mungkin akan lebih merasakan manfaatnya ketika rutin melakukan forest bathing.

Penelitian di Inggris menunjukan bahwa dengan melakukan forest bathing selama 120 menit dalam seminggu secara rutin dapat menghasilkan manfaat (kesejahteraan psikologis) yang signifikan. 

Wah, sepertinya menarik, ya. Apakah kalian tertarik untuk mencoba terapi ini?

Baca Juga: 5 Tips Meredakan Stres secara Natural, Gak Perlu Uang Berjuta-juta!

Nurul Zahara Photo Verified Writer Nurul Zahara

Hanya mencoba menguraikan isi kepala.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya