Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Procrastinator, Sering Melewatkan Kesempatan Berharga

Jangan dibiasakan, ya!

Procrastinator adalah istilah untuk orang yang sering menunda-nunda melakukan sesuatu. Meski istilahnya terdengar asing, nyatanya banyak dari kita yang sering mengalami hal ini. 

Sering menunda melakukan sesuatu biasanya karena malas atau sudah merasa nyaman dengan tidak melakukan apa-apa. Nah, apa saja tanda seorang procrasinator? Bagaimana dampak dan cara menghilangkan kebiasaan buruk tersebut? Mari simak penjelasan berikut!

1. Menunggu terlalu lama untuk mendapatkan ide

5 Tanda Kamu Procrastinator, Sering Melewatkan Kesempatan Berhargailustrasi tidur (pexels.com/Miriam Alonso)

Seorang penunda biasanya akan berpikir bahwa kebiasaan ini merupakan hal yang wajar dan tidak bermasalah. Mereka menganggap ini adalah waktu untuk mendapatkan ide bagus. Mereka juga berpikir "ide-ide bagus tidak lahir dari waktu yang sebentar".

Ide-ide bagus perlu dicari dan dipikirkan, bukan dengan menunda pekerjaan yang seharusnya masih bisa dilakukan saat itu. Ide bisa didapatkan dengan cara menemukan inspirasi, bisa dari hal apa pun. Jadi, lakukan sesuatu dengan apa adanya. Tidak perlu menunggu situasinya sempurna dengan ide-ide yang bagus. Kerjakan saja apa yang ada di hadapan kita saat ini.

2. Memiliki motivasi yang rendah

5 Tanda Kamu Procrastinator, Sering Melewatkan Kesempatan Berhargailustrasi kekurangan motivasi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Orang yang tidak cukup kuat motivasinya, tidak akan merasa perlu untuk melakukan sesuatu. Mereka akan hobi menunda sampai motivasi itu muncul kembali. Motivasi memang menjadi peran yang cukup penting dalam membentuk kebiasaan seseorang.

Untuk itu, temukan hal yang bisa menjadi motivasi kuat untuk melakukan sesuatu. Jangan menunda sampai motivasi itu muncul sendirinya, tetapi kita harus mencari dan menemukannya sendiri.

3. Menunggu situasi yang nyaman untuk melakukan pekerjaan dengan mudah

5 Tanda Kamu Procrastinator, Sering Melewatkan Kesempatan Berhargailustrasi bersantai (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tidak ada situasi yang benar-benar sempurna untuk melakukan apa pun. Oleh karena itu, lakukanlah sekarang, jangan menundanya untuk waktu yang lama. Jangan tunggu ada camilan baru bekerja, jangan tunggu sore hari baru bekerja, jangan tunggu bantuan orang lain baru bekerja, jangan tunggu waktu deadline baru bekerja, dan jangan tunggu waktu sepi untuk mulai bekerja karena tidak ingin terganggu.

Mencari situasi yang nyaman tentu boleh-boleh saja, tetapi jika memang situasi tersebut tidak kunjung datang dan hanya menghabiskan waktu, maka lakukanlah apa pun sambil menunggu kenyamanan itu datang dengan sendirinya. Percaya deh, kenyamanan akan terbentuk sendirinya seiring yang kamu lakukan saat itu.

Baca Juga: Hobi Menunda, 5 Sebab Seseorang Menjadi Procrastinator

4. Terlalu perfeksionis

5 Tanda Kamu Procrastinator, Sering Melewatkan Kesempatan Berhargailustrasi perfeksionis (pexels.com/cottonbro)

Orang yang terlalu perfeksionis mungkin akan menghabiskan banyak waktu untuk berpikir apakah yang dilakukan sudah cukup oke atau belum? Apakah sudah sempurna atau belum?

Orang-orang seperti ini juga kerap menunda-nunda melakukan sesuatu hanya karena kekurangan satu hal saja. Meski itu tidak begitu penting dan krusial untuk dilakukan. Menunggu semuanya serba ada dan sempurna baru memulai pekerjaan.

5. Memilih pekerjaan yang menyenangkan saja

5 Tanda Kamu Procrastinator, Sering Melewatkan Kesempatan Berhargailustrasi bekerja (pexels.com/Sam Lion)

Beberapa pekerjaan bisa terasa menyenangkan dan membosankan bergantung pada kapasitas apa yang diperlukan. Seorang procrastinator mungkin akan lebih memilih pekerjaan yang menyenangkan saja dan melewatkan pekerjaan-pekerjaan yang membosankan.

Akibatnya, pekerjaan tersebut tidak terselesaikan. Pada akhirnya, pekerjaan membosankan itu tetap harus dilakukan agar tidak meninggalkan masalah di kemudian hari.

Jika sudah jelas tanda procrastinator di atas ada pada dirimu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Pertama, kamu bisa membuat to do list untuk mencatat pekerjaan-pekerjaan yang harus diselesaikan. Kedua, jangan terlalu banyak berpikir, kerjakan saja sebisanya.

Dampak dari kebiasaan menunda pekerjaan sangatlah merugikan. Kita mungkin melewatkan kesempatan berharga suatu hari nanti, atau bahkan kita bisa mengalami stres karena tekanan pekerjaan yang ditunda. Makanya, jangan jadi orang yang procrastinator, ya!

Baca Juga: 9 Dampak Buruk Menunda Pekerjaan, Apa Saja?

Nurul Zahara Photo Verified Writer Nurul Zahara

Hanya mencoba menguraikan isi kepala.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya