Comscore Tracker

Bikin Lebih Bersyukur, 5 Hal Sederhana yang Juga Termasuk Privilege

Gak cuma beauty privilege aja, nih!

Sering kali ketika melirik kehidupan orang lain, kita berpikir bahwa mereka memiliki kehidupan yang sempurna dengan privilege berlimpah. Entah itu berupa kecantikan, kekayaan, kecerdasan, dan lain sebagainya. Kita membandingkan diri sendiri dengan mereka sampai merasa bahwa kita tidak memiliki kelebihan apa pun.

Padahal, banyak lho, hal sederhana di dunia ini yang juga merupakan suatu privilege. Apa sajakah itu? Ikuti di bawah ini dan cek privilege apa yang ternyata kamu punya, ya!

1. Privilege untuk bertahan hidup

Bikin Lebih Bersyukur, 5 Hal Sederhana yang Juga Termasuk Privilegeilustrasi bertahan hidup (unsplash.com/Becca Tapert)

Menjalani hidup memang bukanlah sesuatu yang mudah dan sering kali kita menemukan kata "ingin menyerah" di dalamnya. Namun, nyatanya kamu telah berhasil berjuang sampai saat ini. Bersama begitu banyak penderitaan, air mata, dan luka, kamu belajar banyak hal yang menjadikanmu lebih tangguh daripada sebelumnya.

Kemampuan untuk bertahan hidup ini juga merupakan suatu privilege, lho. Maka dari itu, berterima kasihlah pada dirimu sendiri dan meminta maaf atas kesalahan yang pernah kamu lakukan padanya.

2. Privilege untuk menyantap makanan dan minuman favorit

Bikin Lebih Bersyukur, 5 Hal Sederhana yang Juga Termasuk Privilegeilustrasi makan dan minum (unsplash.com/Pablo Mercan Montes)

Masih ada begitu banyak orang di luar sana yang kesulitan untuk makan. Bahkan, mereka harus bekerja sepanjang hari hanya untuk mendapatkan sesuap nasi.

Sementara itu, kita yang hidup di zaman modern ini diberi banyak kemudahan. Kita mampu memakan makanan yang kita suka, meminum minuman yang kita mau, dan privilege lainnya yang belum tentu dimiliki semua orang.

Baca Juga: 5 Alasan untuk Jangan Minder Meski gak Punya Privilege

3. Privilege untuk memiliki sahabat

Bikin Lebih Bersyukur, 5 Hal Sederhana yang Juga Termasuk Privilegeilustrasi persahabatan (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Ada sebuah quotes yang mengatakan, "Satu sahabat lebih baik daripada seribu teman." Tak heran, sebab kehadiran sahabat di hidup seseorang sangat berarti eksistensinya.

Oleh karena itu, selalu jaga hubungan baik dengan sahabatmu, ya. Kamu perlu tahu bahwa di luar sana, banyak orang-orang yang kesepian, sendirian, tanpa teman, dan satu-satunya rumah untuk pulang adalah dirinya sendiri.

4. Privilege untuk menempuh pendidikan yang layak

Bikin Lebih Bersyukur, 5 Hal Sederhana yang Juga Termasuk Privilegeilustrasi belajar (unsplash.com/javier trueba)

Kunci menuju kesuksesan adalah belajar. Dengan belajar, kita mengetahui ilmu baru dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tak seperti pada masa RA Kartini, sekarang laki-laki maupun perempuan dituntut untuk mendapat pendidikan yang layak. Ketika kita berhasil mendapatkan pendidikan yang layak, hal ini pula merupakan salah satu privilege yang kita punya.

5. Privilege untuk memiliki mental yang sehat

Bikin Lebih Bersyukur, 5 Hal Sederhana yang Juga Termasuk Privilegeilustrasi bahagia (unsplash.com/Gabrielle Henderson)

Bukti bahwa kekayaan tidak hanya berupa harta adalah kesehatan mental. Sehat mental ini sangat mahal harganya. Jadi, jika kamu memiliki kehidupan yang cukup baik dan perasaan bahagia, jangan lupa tetap bersyukur, ya!

Sakit secara mental sebuah perasaan yang sangat mengerikan, lho. Maka dari itu, pastikan kesehatan mentalmu selalu terjaga dengan berbuat baik pada diri sendiri maupun orang lain.

Privilege yang dimiliki orang lain sering membuatmu merasa buruk. Namun, kamu harus selalu ingat bahwa tidak ada manusia yang seutuhnya sempurna. Karena kamu itu berharga, jadi jangan lupa untuk terus bahagia, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Hidup Harus Punya Prinsip, Bukan Sekedar Ikut Arus

Zaira Diva Adissa Photo Verified Writer Zaira Diva Adissa

Being beautiful is about how much we love ourselves

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya