Comscore Tracker

5 Cara Hadapi Hate Comment di Media Sosial yang Bikin Sakit Hati

Bukan hanya mulut yang dijaga, jempol juga harus dijaga ya!

Hate comment atau komentar jahat yang sering terjadi di media sosial terkadang membuat seseorang yang terkena hate comment merasa sakit hati dan yang lebih parah lagi jika hal itu berulang-ulang bisa mengakibatkan stres juga depresi. Komentar-komentar jahat yang sering terjadi misalnya, mengenai body shaming, mengkritik tentang kehidupan kita dan lain-lain.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang merugikan diri kita sendiri, di bawah ini ada beberapa cara menghadapi hate comment di media sosial yang bikin sakit hati. Apa saja? Disimak yuk!

1. Jangan ditanggapi orang-orang yang berkomentar jahat itu

5 Cara Hadapi Hate Comment di Media Sosial yang Bikin Sakit Hatipexels.com/Ree

Seringkali orang-orang yang sering berkomentar jahat itu tidak pernah pandang bulu dalam memberikan komentar di media sosial, entah itu akibat postingan tulisan maupun foto-foto di media sosial.

Agar kamu tidak terpengaruh dengan berbagai komentar jahat di media sosial yaitu jangan ditanggapi orang-orang yang berkomentar jahat itu karena dengan begitu kamu tidak akan terlalu memikirkan komentar-komentar jahat yang bisa saja membuatmu down.

2. Nonaktifkan tombol komentar

5 Cara Hadapi Hate Comment di Media Sosial yang Bikin Sakit Hatipexels.com?Ree

Jika berbagai komentar jahat di media sosialmu terlampau parah, maka cara terbaik adalah nonaktifkan tombol komentar. Jangan ada celah untuk orang-orang yang sering berkomentar jahat padamu di media sosial yang bisa membuatmu sedih dan terpengaruh.

Kebanyakan orang-orang berkomentar jahat di media sosial memiliki tingkat kepercayaan diri yang sangat rendah, jadi jangan buang-buang waktumu yang berharga untuk memikirkan komentar-komentar jahat orang lain.

Baca Juga: Apa Jadinya Jika Media Sosial Menghilang? Ini 12 Kemungkinannya!

3. Laporkan jika komentar-komentar jahat itu membuatmu terganggu

5 Cara Hadapi Hate Comment di Media Sosial yang Bikin Sakit Hatipexels.com/John Rae Cayabyab

Berbeda lagi urusannya jika komentar-komentar jahat yang mereka lontarkan di media sosialmu sudah menyerempet ke pencemaran nama baik. Kamu bisa melaporkan akun media sosial orang-orang yang sering berkomentar jahat padamu, karena di Indonesia kini sudah ada undang-undang ITE yang bisa kamu jadikan acuan untuk melaporkan orang-orang yang sering kali berkomentar jahat padamu.

4. Minta ditemani oleh orang terdekat jika kamu mulai terpengaruh dengan komentar-komentar jahat tersebut

5 Cara Hadapi Hate Comment di Media Sosial yang Bikin Sakit Hatipexels.com/Elijah O'donnell

Jika kamu sudah terpengaruh dengan hate comment dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan mulai merasakan stres, segera minta bantuan keluarga atau teman-teman terdekat untuk menemanimu.

Jika kamu masih saja merasa terganggu meskipun sudah ditemani oleh orang-orang terdekat, konsultasikan segera ke psikolog alias usahakan jangan sendirian.

5. Nonaktifkan untuk sementara atau hapus akun media sosialmu

5 Cara Hadapi Hate Comment di Media Sosial yang Bikin Sakit Hatipexels.com/Energepic

Terkadang kamu harus memiliki waktu untuk dirimu sendiri, jangan biarkan hate comment mempengaruhi kehidupanmu yang nyaman dan bahagia. Hapus akun media sosialmu atau nonaktifkan untuk sementara akun media sosial yang menurutmu banyak mengandung hate comment, supaya kamu tidak terganggu dengan banyak hate comment yang beredar di media sosialmu.

Nah, itulah kelima cara agar terhindar dari hate comment di media sosial yang bikin sakit hati. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: 8 Cara Terbebas dari Racun Media Sosial, Jangan Hapus Akunmu!

Asih Purwanti Photo Verified Writer Asih Purwanti

Bukan Siapa-Siapa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You