5 Kesalahan yang Bikin Kamu Sulit Kaya, Jangan Lakukan Ya!

Salah satunya adalah mindset yang salah

Setiap orang pasti memimpikan hidup berkecukupan, cukup untuk membeli mobil, membeli rumah, dan membeli barang-barang apapun yang diinginkan.

Namun meskipun sudah memiliki pekerjaan bagus, gaji tinggi, dan sudah merasa hemat, tapi kok belum kaya-kaya juga? Hidup masih stagnan dan gak menunjukkan peningkatan yang signifikan. Pasti kamu yang berada di dalam kondisi ini bertanya-tanya, kenapa?

Nah, di bawah ini ada 5 kesalahan yang bikin kamu gak kunjung kaya. Apa saja? Disimak yuk!

1. Terlalu pesimis pada kemampuan diri sendiri

5 Kesalahan yang Bikin Kamu Sulit Kaya, Jangan Lakukan Ya!Pexels.com/murilo fulgosi

Alasan kamu gak cepet kaya salah satunya adalah memiliki mental pesimistis. Kamu merasa bahwa kamu tidak mampu dan tidak bisa menjadi orang kaya, padahal sesungguhnya kamu mampu jika saja kamu memiliki sifat optimisme dan bersikap jujur dan terbuka pada diri sendiri.

Cara berpikir seseorang akan berpengaruh pada hasil yang didapat, misalnya saja kamu berpikir tidak bisa kaya, maka itulah yang kamu dapatkan. Sebaliknya jika kamu berpikir bisa kaya, maka itu pula yang kamu dapat.

Jadi, tidak ada salahnya kamu berpikir optimis dan positif karena hal itu akan menghantarkanmu pada apa yang kamu mau.

2. Lambat melihat kesempatan atau peluang

5 Kesalahan yang Bikin Kamu Sulit Kaya, Jangan Lakukan Ya!Pexels.com/startup stock photos

Kamu terlalu takut melakukan sesuatu di luar zonamu. Padahal peluang dan kesempatan yang datang banyak menghampirimu, namun tidak kamu ambil. Hal itu tentunya akan mempengaruhi masa depanmu.

Jika hal itu terjadi tentunya penyesalanlah yang datang. Contohnya saja ada peluang bisnis yang bisa memberikanmu income lebih, namun karena rasa takut gagal yang kamu miliki, peluang itu hilang begitu saja.

Rugi jika kamu memiliki peluang yang langka tidak kamu ambil apalagi kamu memiliki kemampuan. Hal itu sama saja dengan kamu menolak untuk maju.

Baca Juga: 6 Tips Atur Keuangan Jelang Lebaran, Biar Isi Dompet Gak Terkuras

3. Suka belanja barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan

5 Kesalahan yang Bikin Kamu Sulit Kaya, Jangan Lakukan Ya!Pexels.com/freestock.org

Terkadang jika sudah masanya gajian, pasti tak jauh-jauh dari kata belanja. Tidak ada larangan untuk belanja, asalkan jangan berbelanja barang-barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan sama sekali.

Karena belanja barang-barang yang tak perlu merupakan suatu pemborosan, jika hal itu kamu lakukan secara terus menerus maka akan membentukmu menjadi seseorang yang boros.

Untuk mengantisipasi hal itu, kamu harus membuat list barang-barang apa saja yang akan kamu beli. Utamakan kebutuhan primer terlebih dahulu, agar kebutuhan lainnya bisa dikontrol.

4. Malas menabung

5 Kesalahan yang Bikin Kamu Sulit Kaya, Jangan Lakukan Ya!Pexels.com/pixabay

Tentunya kamu pernah mendengar peribahasa "rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya." Salah satu upaya seseorang bisa kaya adalah menabung. Jika kamu malas menabung, tentunya uang yang kamu dapatkan dengan susah payah tidak akan terkumpul dan hal itu sangat merugikan diri sendiri.

Ada baiknya kamu membiasakan diri dengan gemar menabung. Simpanlah sebagian besar pendapatanmu di bank, sebagian kecilnya lagi belanjakan sesuai kebutuhan.

Dengan menabung, kamu bisa mempersiapkan segala sesuatunya karena kamu tidak akan tahu apa yang akan terjadi nanti.

5. Memelihara budaya berhutang

5 Kesalahan yang Bikin Kamu Sulit Kaya, Jangan Lakukan Ya!Pexels.com/public domain pictures

Jika kamu ingin hidupmu tenang, maka jangan sekali-kali berutang. Karena hal itu malah akan membuatmu sengsara. Meskipun kamu berada dalam kondisi kepepet, carilah cara lain yang lebih baik asal jangan berutang.

Jika kamu terbiasa dengan budaya berutang, maka hal itu akan menghambat kesuksesanmu di masa depan. Bersikaplah sederhana sesuai kemampuan diri dan bersikaplah antipati terhadap utang. Karena masa depan bergantung dari apa yang kamu lakukan di masa sekarang.

Itulah kelima kesalahan yang membuatmu gak kunjung kaya. Jadi intinya ukurlah kemampuan diri sendiri, jangan latah dengan gaya hidup hedonis yang justru akan menyengsarakanmu di masa depan. So, sudah siap untuk memperbaiki kesalahan?

Baca Juga: Bisnis Kuliner Bisa Bikin Kita Kaya Raya? Asal Lakukan 5 Hal Ini

Asih Purwanti Photo Verified Writer Asih Purwanti

Bukan Siapa-Siapa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You