Comscore Tracker

Jangan Galau, 5 Sikap Positif Ini Bantu Halau Perasaan Sedihmu

Bersyukurlah dengan hidup yang kamu miliki

Setiap orang di dunia ini pasti menginginkan kebahagiaan di dalam hidupnya. Namun setiap manusia juga menyimpan kadar kesedihannya masing-masing baik di masa sekarang maupun di masa depan. Perasaan was-was, cemas bahkan sedih terkadang menggelayut dalam hati meskipun kondisi sedang tak ditimpa masalah.

Hal itu lumrah sih, karena sebagai manusia biasa kita diciptakan dengan berbagai emosi. Yang tidak baik adalah jika perasaan sedih itu terus menerus dipelihara karena membuat kita menjadi seseorang yang mudah patah semangat. Jika hal itu terjadi, keputusasaan akan merajai diri.

Nah, untuk menghindari hal-hal mengerikan itu, sikap positif di bawah ini mungkin bisa membantu menghalau kesedihanmu. Disimak yuk!

1. Jangan mudah tersinggung dengan perkataan orang lain

Jangan Galau, 5 Sikap Positif Ini Bantu Halau Perasaan SedihmuPexels.com/andrienn

Ada yang terbiasa berbicara ceplas ceplos dan ada yang tidak. Mungkin saja ada perkataan mereka yang tanpa disadari menyakiti hati kita dan membuat kita merasa tersinggung dengan perkataan tersebut. Jika hal itu kamu alami janganlah terburu-buru berprasangka buruk dan juga jangan diambil hati.

Bicarakan saja baik-baik secara empat mata mengenai maksud perkataannya yang membuat kamu merasa gak enak. Serta biasakan diri untuk tidak mudah tersinggung, latihlah diri untuk terus berprasangka baik, mungkin mereka tidak bermaksud menyinggung perasaan siapapun.

2. Bersyukurlah dengan hidup yang kamu miliki

Jangan Galau, 5 Sikap Positif Ini Bantu Halau Perasaan SedihmuPexels.com/Bruce Mars

Jika kamu ingin memiliki hidup bahagia, maka kuncinya adalah bersyukur, karena dengan bersyukur, hatimu menjadi tenang dan tidak gelisah. Gak perlu membanding-bandingkan hidupmu dengan hidup orang lain, bisa jadi hidup yang kamu miliki mungkin menjadi hidup yang diinginkan oleh orang lain. So, bersyukurlah.

Baca Juga: 6 Cara Bijak untuk Berdamai dengan Kesedihan, Kamu Berhak Bahagia!

3. Fokuslah pada tujuan hidupmu

Jangan Galau, 5 Sikap Positif Ini Bantu Halau Perasaan SedihmuPexels.com/Bruce Mars

Jika kamu memiliki impian yang ingin kamu capai di hidupmu, maka fokuslah. Jangan terlalu memikirkan penilaian orang lain karena penilaian orang lain tidak ada habis-habisnya. Fokus saja pada tujuan atau mimpimu, karena dengan begitu kamu bisa menunjukkan setidaknya pada dirimu sendiri bahwa kamu bisa dan berani.

4. Jangan terpaku pada kekuranganmu, galilah potensi yang menjadi kelebihanmu

Jangan Galau, 5 Sikap Positif Ini Bantu Halau Perasaan SedihmuPexels.com/pixabay

Setiap orang pasti memiliki kekurangan. Tapi janganlah fokus pada kekuranganmu saja, karena Tuhan menciptakan manusia dengan kekurangan dan kelebihannya.

Galilah kelebihan yang ada pada dirimu. misalnya saja kamu memiliki minat di bidang menulis, maka berkaryalah, karena tidak setiap orang memiliki kelebihan yang sama denganmu. 

5. Pupuklah harapan namun jangan terlalu berlebihan

Jangan Galau, 5 Sikap Positif Ini Bantu Halau Perasaan SedihmuPexels/Colin Schmit

Memiliki impian setinggi langit, boleh-boleh saja. Yang tak boleh adalah kamu memiliki impian yang tinggi, namun tidak ada usaha yang kamu lakukan untuk mencapai impian itu. Hal itu justru akan menjadi bumerang untukmu sendiri dengan memupuk harapan-harapan palsu yang kamu buat sendiri. Bermimpilah, asal mimpi itu sesuai dengan kemampuanmu dan kamu juga berusaha sekuat tenaga untuk mencapai mimpi-mimpimu. 

Itulah kelima sikap positif agar terlepas dari perasaan sedih, jadi gak perlu berlarut-larut dalam kesedihan lagi, kan?

Baca Juga: Makin Bahagia, 6 Bukti Jadi Diri Sendiri Bikin Hidup Lebih Bermakna

Asih Purwanti Photo Verified Writer Asih Purwanti

Bukan Siapa-Siapa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You