Comscore Tracker

5 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Film Korea Kim Ji Young, Born 1982 

Suka duka jadi ibu rumah tangga

Artikel ini mengandung spoiler.

Film Korea yang dibintangi oleh Gong Yoo dan Jung Yu Mi ini bercerita tentang seorang ibu rumah tangga bernama Kim Ji Young yang mengalami depresi dan krisis identitas karena terlalu lelah berperan sebagai ibu rumah tangga. Sang suami yang bernama Jung Dae Hyun yang mengetahui keadaan istrinya merasa khawatir dan mencoba berkonsultasi dengan seorang psikiater untuk mengobati penyakit Ji Young.

Namun di samping itu, ada beberapa pelajaran hidup yang bisa diambil dari film Korea ini, apa saja? Langsung disimak yuk!

1. Menjadi ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang sangat menguras tenaga dan pikiran

5 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Film Korea Kim Ji Young, Born 1982 cultura.id

Tidak ada pekerjaan yang tidak melelahkan, termasuk pekerjaan sebagai ibu rumah tangga, terkadang orang lain selalu meremehkan pekerjaan satu ini. Padahal menjadi ibu rumah tangga bukan hanya mengurus pekerjaan rumah semata, tapi harus mengurus dan mendidik anak-anak sepanjang hari. Waktu kerjanya pun sepanjang hari dan tidak ada waktu libur sama sekali.

Sama seperti yang dialami oleh Kim Ji Young, dirinya yang sebelum menikah meniti karir yang cemerlang di sebuah perusahaan namun dirinya terpaksa harus berhenti ketika telah menikah dan melahirkan. Perasaan depresinya semakin menjadi-jadi ketika ibu mertuanya seringkali menyuruhnya bekerja di dapur setiap kali berkunjung ke rumah mertua dan di samping itu ibu mertuanya juga sering menyalahkan Ji Young seolah-olah Ji Young sudah memberatkan hidup putranya.

2. Motivasi dan penghargaan terbaik layak diberikan atas kerja kerasnya

5 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Film Korea Kim Ji Young, Born 1982 mingweekly.com

Terkadang seorang ibu rumah tangga bisa terkena baby blues yang bisa saja mencelaki dirinya sendiri maupun anak-anaknya, karena kemungkinan pekerjaan rumah tangga yang terlampau berat dan kejenuhan yang melanda dirinya. Dalam kasus ini Kim Ji Young yang mengalami depresi berat dan krisis identitas terus dimotivasi oleh suaminya yang sangat peduli padanya.

Bahkan sang suami, Dae Hyun malah menyuruh Ji Young untuk kembali bekerja agar istrinya bisa kembali bersemangat menjalani hari-harinya meskipun Dae Hyun harus mengambil cuti orangtua selama satu tahun.

Baca Juga: Pelajaran Hidup 29 Tokoh Film Harry Potter yang Gak Kamu Dapat dari Film Lain

3. Seorang ibu adalah anak perempuan orangtuanya

5 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Film Korea Kim Ji Young, Born 1982 Magdalene.co

Meskipun seorang perempuan sudah menikah dan memiliki anak, namun dirinya masih tetap menjadi anak perempuan orangtuanya. Seperti yang dialami Ji Young, dirinya kerap kali disalahkan oleh ibu mertuanya meskipun sudah bekerja keras menjadi seorang istri dan ibu bagi anak perempuannya. Ibu mertuanya terlampau sayang pada Dae Hyun, anak laki-laki satu-satunya yang sesekali membantu Ji Young mengurus rumah dan putrinya ketika luang.

Padahal Ji Young sama sekali tidak pernah menyuruh suaminya untuk membantunya mengurus rumah tangga. Namun ibu mertuanya melihat itu sebagai sesuatu yang tidak wajar, dan kerap menyalahkan Ji Young atas apa yang terjadi.

4. Berikan kesempatan pada istri untuk melakukan me time

5 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Film Korea Kim Ji Young, Born 1982 sinarharapan.co

Ada kalanya seorang suami memberikan me time atau sekadar melakukan hal-hal yang disukai untuk istrinya yang telah bekerja keras mengerjakan pekerjaan rumah tangga serta anak-anak, agar si istri tidak mudah stress bahkan depresi. Sama seperti halnya Kim Ji Young yang mengalami krisis identitas kerap bertanya-tanya apakah pilihan hidupnya untuk menjadi seorang ibu rumah tangga sudah benar atau tidak.

Dirinya yang merasa jenuh dengan rutinitasnya mencoba untuk bekerja kembali, namun ibu mertuanya malah memarahinya dan menganggapnya menjadi biang masalah untuk putranya. Hal itu membuat Ji Young sedih. Namun untungnya Dae Hyun memberikan kesempatan pada Ji Young untuk kembali bekerja dan melakukan hal-hal yang diinginkan Ji Young.

Meskipun pada akhirnya Ji Young lebih memilih melepaskan pekerjaan barunya tersebut dan tetap menjadi seorang ibu rumah tangga. Dan Ji Young memutuskan menjadi seorang penulis dengan menceritakan kisah hidupnya tersebut.

5. Bersikap terbuka pada suami jika pekerjaan sebagai ibu rumah tangga dirasa sangat berat

5 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Film Korea Kim Ji Young, Born 1982 hufftingpost.com

Jika seseorang dirasa berat dengan pekerjaannya sebagai ibu rumah tangga, maka bersikap terbukalah pada suami, jangan pernah menanggung beban sendirian karena akan fatal akibatnya. Begitu pun Kim Ji Young yang tidak pernah menceritakan bebannya pada suaminya karena merasa dirinya tidak apa-apa. Namun pada akhirnya beban yang dipikul Ji Young sungguh berat sampai membuatnya menjadi depresi bahkan mengalami krisis identitas karena merasa sudah lelah dengan hidupnya. Dan pada akhirnya Ji Young pun menceritakan beban yang dihadapinya pada suaminya.

Nah, itulah kelima pelajaran hidup yang bisa diambil dari film Korea Kim Ji Young-Born 1982, semoga penjelasannya bermanfaat ya!

Jika belum ada yang nonton, berikut trailer filmnya

https://www.youtube.com/embed/uUqsGBspxU4

Baca Juga: Inspirasi dari Film Rudy Habibie Ini Akan Membuatmu Menjadi Manusia yang Lebih Baik

Asih Purwanti Photo Verified Writer Asih Purwanti

Bukan Siapa-Siapa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Septi Riyani

Just For You