Comscore Tracker

5 Pesan Moral dari Film Korea Rosebud Buktiin Kasih Ibu Sepanjang Masa

Film tentang betapa besar kasih sayang seorang ibu 

Di bulan Januari 2019 lalu, ada film Korea yang berjudul Rosebud yang diperankan oleh beberapa aktor dan aktris terkenal seperti Ha Yeon Soo, Yoo Ho Joong, Chae Soo Bin, Lee Won Geun dan lain-lain. Film yang berlatar di tahun 70an hingga tahun 2019 ini bercerita tentang seorang perempuan muda bernama Jang Mi yang bekerja sebagai karyawan pabrik dan pelayan di sebuah klub.

Jang Mi memiliki mimpi untuk menjadi seorang penyanyi, namun karena dirinya hamil di luar nikah, membuat Jang Mi tidak bisa menggapai mimpinya yang tinggal selangkah lagi. Meskipun alur ceritanya mudah ditebak, namun ada beberapa pesan moral yang bisa kita ambil dari film tersebut. Apa saja? Langsung kita simak artikel di bawah ini yuk!

1. Dari sosok Jang Mi, kita belajar menerima keadaan

5 Pesan Moral dari Film Korea Rosebud Buktiin Kasih Ibu Sepanjang MasaHancinema.net

Sifat pantang menyerah Jang Mi sejak muda membuatnya menjadi sosok yang kuat. Dari mulai bekerja di pagi hari di pabrik, menjadi pelayan di klub sampai latihan menjadi penyanyi di studio musik tak membuatnya mengeluh. 

Apalagi ketika Jang Mi mengetahui dirinya hamil, ditambah dengan kabar putusnya dengan sang kekasih yang lebih memilih pergi kuliah ke Amerika, membuatnya berada di titik terendah.

Meskipun sejak usia muda, dirinya dihadapkan dengan masalah yang sangat serius sendirian. Namun dia menerima keadaannya tersebut dengan lapang dada meskipun hal itu pasti akan sangat berat.

2. Berani melepas mimpi demi sesuatu yang berharga

5 Pesan Moral dari Film Korea Rosebud Buktiin Kasih Ibu Sepanjang MasaYoutube.com

Saat produser musik yang menaungi Jang Mi mengetahui kalau Jang Mi hamil, si produser menyuruhnya untuk menggugurkan kandungannya, namun Jang Mi menolaknya, dibantu Soon Chul, rekan bandnya.

Jang Mi pergi dari studio rekaman dan memutuskan untuk mempertahankan janin yang dikandungnya apapun risikonya, meskipun impian terbesarnya untuk menjadi seorang penyanyi terkenal harus dia korbankan.

Baca Juga: Ngakak Sampai Nangis, 5 Kelebihan Film Korea Extreme Job

3. Melakukan apapun yang terbaik untuk orang yang dicintai

5 Pesan Moral dari Film Korea Rosebud Buktiin Kasih Ibu Sepanjang MasaEontalk.com

Setelah bayi Jang Mi lahir dan diberi nama Hyun-A, disitulah awal perjuangan Jang Mi menjadi seorang ibu tunggal. Jang Mi harus memutar otak untuk memenuhi kebutuhan putrinya yang masih kecil.

Dari mulai menjadi penyanyi di klub, menjadi sales penjual alat-alat rumah tangga sampai menjadi karyawan perusahaan investasi, dilakoninya dengan sabar. Meskipun jauh dari kemewahan, Jang Mi sangat bersyukur bisa terus berada di samping putri tercintanya.

4. Persahabatan sejati yang selalu ada di saat susah ataupun senang

5 Pesan Moral dari Film Korea Rosebud Buktiin Kasih Ibu Sepanjang MasaHancinema.net

Di setiap film ataupun drama Korea, pasti selalu ada sahabat yang setia mendampingi, di film Rosebud pun demikian. Jang Mi dikelilingi oleh teman-temannya yang baik dan selalu ada untuknya, Gangja, Choi Miran dan Soon Chul.

Soon Chul merupakan seorang pria yang sebenarnya sangat menyukai Jang Mi, namun karena hati Jang Mi sudah tertutup, dirinya tak patah semangat untuk selalu ada di samping Jang Mi dalam keadaan susah ataupun senang. 

Sedangkan Gangja dan Miran pun sama-sama menyayangi Jang Mi dan putrinya, meskipun mereka pernah terlibat masalah hingga menimbulkan salah satu sahabatnya yang bernama Gangja meninggal bunuh diri karena menjadi korban penipuan investasi bodong yang dilakukan oleh Jang Mi dan Miran. 

5. Rela mengorbankan diri sendiri, demi kebahagiaan buah hati

5 Pesan Moral dari Film Korea Rosebud Buktiin Kasih Ibu Sepanjang MasaAsianwiki.com

Ketika Jang Mi terlibat dalam kasus penipuan investasi bodong, dirinya bersama rekan kerja lainnya harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di penjara. Jang Mi yang khawatir dengan masa depan Hyun-A, terpaksa menitipkan Hyun-A pada ayah kandungnya yang bernama Myung Hwan yang tak lain adalah mantan kekasih Jang Mi di Amerika.

Jang Mi tidak ingin Hyun-A mengetahui bahwa dirinya tengah berada di penjara. Sampai pada akhirnya, Hyun-A yang sudah menjadi seorang musisi terkenal, mengetahuinya dan berusaha mencari ibu kandungnya.

Itulah kelima pesan moral yang disampaikan dari film Korea Rosebud, dijamin seru dan bikin nangis lho. Berikut trailer film Korea Rosebud yang sayang untuk dilewatkan.

https://www.youtube.com/embed/TpefmBGay5k

Baca Juga: Bertema Sageuk, 5 Film Korea Terbaru ini Jangan Sampai Kamu Lewatkan!

Asih Purwanti Photo Verified Writer Asih Purwanti

Bukan Siapa-Siapa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You