Comscore Tracker

5 Pesan Moral Tentang Persahabatan dari Film Korea Sunny

Friendship goals banget 

Bagi para pecinta film Korea, pasti pernah dong nonton film yang rilis tahun 2011 ini? Film Korea bertema persahabatan dengan alur maju mundur ini banyak dibintangi oleh aktris-aktris papan atas Korea salah satunya adalah Kang Sora dan Shim Eun Kyung.

Film ini sendiri bercerita tentang Na Mi seorang ibu rumah tangga yang bahagia. Suatu hari saat menjenguk ibunya yang dirawat di rumah sakit, tak sengaja Na Mi bertemu dengan sahabatnya ketika SMA bernama Ha Chun Hwa yang juga tengah mendapatkan perawatan di rumah sakit yang sama.

Chun Hwa divonis menderita kanker ganas dan hidupnya tinggal beberapa bulan lagi, sebelum meninggal, Chun Hwa ingin bertemu dengan para sahabatnya yang lain. Na Mi pun mencoba menghubungi keempat sahabatnya yang sudah tak bertemu.

Dalam pencariannya, Na Mi dan Chun Hwa menelusuri kenangan indah saat di SMA bersama genknya yang diberi nama Sunny. Selain ceritanya yang seru, film Sunny juga banyak mengandung nilai-nilai positif yang bisa diambil, nah apa sajakah itu? Langsung simak aja artikel dibawah ini yuk!

1. Rasa solidaritas para member Sunny merupakan bukti kalau persahabatan mereka tak lekang oleh waktu

5 Pesan Moral Tentang Persahabatan dari Film Korea Sunnyasianwiki.com

Persahabatan antara Na Mi, Chun Hwa, Jang Mi, Geum Ok, Bok He, Jin Hee dan Su Ji ini terjalin ketika mereka sama-sama duduk di bangku sekolah menengah atas. Sebelum Na Mi bergabung, mereka sudah membentuk geng sekolah yang diberi nama Sunny yang diketuai oleh Chun Hwa. Setelah Na Mi bergabung, mereka justru semakin kompak dan banyak melakukan hal bersama-sama.

Meskipun citra mereka sebagai geng sekolah sering dianggap sebelah mata oleh orang lain, namun mereka tak peduli. Rasa solidaritas mereka terhadap sesama member Sunny selalu kompak sampai akhirnya mereka dipertemukan lagi setelah 15 tahun terpisah. Dan kekompakan mereka semakin bertambah.

2. Meskipun karakter Ha Chun Hwa keras, namun dia tetap peduli jika melihat orang lain mengalami bullying

5 Pesan Moral Tentang Persahabatan dari Film Korea Sunnyasianwiki.com

Pada awalnya, Na Mi merupakan murid pindahan di sekolah khusus wanita tersebut. Karena memiliki logat yang khas, dirinya mengalami bullying di hari pertama masuk sekolah oleh teman sekelasnya yang bernama Sang Mi.

Namun Jang Mi dan Chun Hwa dengan berani membela Na Mi yang sudah hampir putus asa dengan perlakuan Sang Mi. Sifat Chun Hwa yang keras, berani dan tak kenal kompromi membuat Sang Mi ciut dan berhenti mengganggu Na Mi.

Chun Hwa justru mengajak Na Mi untuk makan siang bersama dan memulai pertemanan dengannya.

Baca Juga: 5 Pesan Moral dari Film Korea Rosebud Buktiin Kasih Ibu Sepanjang Masa

3. Sifat Na Mi yang pemalu dan rendah diri hilang ketika bersahabat dengan para member Sunny

5 Pesan Moral Tentang Persahabatan dari Film Korea SunnyKorea.iyaa.com

Jika seseorang memilih teman dengan tepat, maka dia akan menjadi seseorang yang baik. Begitu pun dengan apa yang dialami oleh Na Mi. Sebelum bergabung dengan Sunny, Na Mi adalah seorang yang pemalu dan rendah diri.

Namun seiring berjalannya waktu, Chun Hwa dan yang lainnya membuat Na Mi lebih percaya diri dan tidak menutup diri.

4. Perbedaan karakter membuat persahabatan mereka semakin berwarna

5 Pesan Moral Tentang Persahabatan dari Film Korea Sunnyasianwiki.com

Karakter para member Sunny tentunya berbeda-beda, Chun Hwa yang berani, Na Mi yang polos, Jang Mi yang terobsesi dengan mascara, Bok Hee yang bercita-cita menjasi Miss Korea, Su Ji yang cuek, Jin He yang suka mengumpat, dan Geum Ok si tukang makan.

Meskipun mereka mereka bertujuh memiliki perbedaan karakter namun mereka tetap kompak dan saling mendukung satu sama lain.

5. Ada saatnya menerima, ada juga saatnya melepaskan namun hal itu malah membuat persahabatan semakin erat

5 Pesan Moral Tentang Persahabatan dari Film Korea Sunnyasianwiki.com

Hal tersedih di film Sunny adalah ketika Chun Hwa meninggal, semua para member Sunny datang kecuali Su Ji yang masih belum diketahui keberadaannya. Chun Hwa menulis surat wasiat untuk para member Sunny agar persahabatan mereka tetap terjalin sampai kapan pun dan juga di surat wasiat tersebut Chun Hwa yang hidup sendiri memberikan semua hartanya untuk para member Sunny yang dicintainya.

Adegan terakhir ditutup dengan kedatangan Su Ji ke pemakaman Chun Hwa, mereka berenam menari lagu Sunny untuk mendiang sahabat tercinta mereka Chun Hwa.

Itulah kelima pesan moral yang bisa diambil dari film Korea Sunny yang bikin kita pengen punya sahabat sejati seperti mereka. Tonton deh filmnya, dijamin bakalan ketawa-ketawa sendiri dan menangis sendiri. Berikut trailer film Sunny.

https://www.youtube.com/embed/lqqaK_0rHnQ

Baca Juga: 5 Pesan Moral dari Buku Terbaru Andrea Hirata 'Orang-orang Biasa'

Asih Purwanti Photo Verified Writer Asih Purwanti

Bukan Siapa-Siapa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You