Comscore Tracker

Segera Tinggalkan, 5 Hal Buruk ini Bikin Orang Lain Benci

Membangun kepercayaan itu mahal!

Dalam kehidupan sehari-hari terkadang ada banyak atau sedikit orang yang menyukai kita bahkan secara terang-terangan tidak menyukai kita. Tidak semua orang bisa kita atur untuk dapat menyukai setiap apa yang kita lakukan, karena masing-masing memiliki pendapat dan penilaiannya tentang diri kita.

Tapi itu semua tidak akan terjadi jika kita tidak memiliki hal atau sikap buruk yang membuat orang lain tidak suka atau malah benci dengan kita, nah hal buruk seperti apa yang bikin orang lain benci? Simak artikel di bawah ini yuk!

1. Suka bergosip

Segera Tinggalkan, 5 Hal Buruk ini Bikin Orang Lain Bencipexels.com/Elevate

Terkadang kita juga sedikit gerah dengan orang-orang yang suka berkumpul sambil membicarakan orang lain, meskipun sebenarnya apa yang digosipkan merupakan suatu kebenaran, tapi hal itu sangat tidak etis karena hal itu sama saja dengan menyebarluaskan aib orang lain.

Apalagi jika yang digosipkan adalah berita bohong, masuk ke ranah fitnah tuh. Sudah tahu 'kan kalau fitnah lebih kejam daripada pembunuhan. Jadi, lebih baik kita stop bergosip, jika teman-teman kita mengajak ikut bergosip, lebih baik hindari.

2. Tukang pamer

Segera Tinggalkan, 5 Hal Buruk ini Bikin Orang Lain Bencipexels.com/freestock.org

Hal buruk yang bikin orang lain benci yaitu sering pamer, padahal apa-apa yang dipamerkan juga sebenarnya merupakan hal yang orang lain punya dan sering lakukan. Misal, sedikit-sedikit pamer makanan, sedikit-sedikit pamer lagi liburan. Apalagi sambil membanggakan diri sendiri atau keluarganya secara berlebihan.

Hal itu mengisyaratkan bahwa orang tersebut terkesan norak karena kelewat narsis. Bersikaplah sewajarnya saja karena biasanya apa yang ditampilkan ke muka umum belum tentu sesuai dengan kenyataan yang ada.

3. Selalu ingin tahu kehidupan orang lain

Segera Tinggalkan, 5 Hal Buruk ini Bikin Orang Lain Bencipexels.com/Jasper Niko Garcia

Sifat manusia pada dasarnya adalah selalu ingin tahu, namun jika selalu ingin tahu kehidupan pribadi orang lain alias kepo juga termasuk hal atau sikap yang buruk. Apalagi jika sampai mengorek-ngorek kehidupan pribadi orang lain, itu termasuk ke ranah kriminal lho.

Jadi, sebagai manusia, kita tidak usah tahu atau tidak perlu tahu kehidupan pribadi orang lain, karena kita juga memiliki kehidupan juga yang harus kita perhatikan.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Sepele yang Bisa Merusak Laptop, Jangan Diteruskan!

4. Tidak menepati janji

Segera Tinggalkan, 5 Hal Buruk ini Bikin Orang Lain Bencipexels.com/Quoc Bao

Terkadang suka sebal jika ada orang yang tidak menepati janji dan membuat orang lain menunggu, yang lebih benci lagi ketika orang tersebut malah sering tidak menepati janjinya dengan alasan macam-macam.

Karena biasanya orang yang sering bikin janji-janji tapi tidak juga ditepati malah akan membuat orang lain jadi tidak memiliki kepercayaan lagi padanya bahkan yang lebih parahnya lagi disebut pendusta. Maka jika takut tidak bisa menepati janji, mending tidak usah berjanji. Karena membangun kepercayaan itu sangat mahal.

5. Doyan Berhutang

Segera Tinggalkan, 5 Hal Buruk ini Bikin Orang Lain Bencipexels.com/Alexander Mils

Satu lagi nih yang bikin orang lain benci, yaitu doyan berhutang, apalagi jika dibayarnya nanti-nanti malah jika ditagih sering jutek dan marah-marah. Bagaimana orang lain mau suka kalau sikapnya begitu, yang ada orang tersebut akan banyak mendapat haters karena doyan berhutang.

Agar kita tidak termasuk orang yang suka berhutang, lebih baik kita azamkan pada diri sendiri untuk bersikap sehemat mungkin dan belilah barang-barang sesuai kebutuhan saja. Niscaya kita tidak akan jadi orang yang suka berhutang.

Nah, itulah kelima hal buruk yang bikin orang lain benci, semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Dahsyat Self Reward bagi Diri Sendiri, Yuk Jadikan Kebiasaan

Asih Purwanti Photo Verified Writer Asih Purwanti

Menulis adalah cara untuk melarikan diri

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya