Comscore Tracker

6 Kunci Bahagia agar Hidupmu Terasa Lebih Menyenangkan

Semua mudah untuk dipraktikkan, lho!

Jika berbicara tentang bahagia, semua orang pasti ingin bahagia. Tidak sedikit orang yang merasa hidupnya kompleks, rumit dan kurang bahagia. Adakah sesuatu yang harus dilakukan agar bisa selalu merasa bahagia? Berikut ini 6enam kunci bahagia yang sangat mudah untuk dilakukan.

1. Bersyukur atas segala hal dan berusaha menerima diri sendiri apa adanya

6 Kunci Bahagia agar Hidupmu Terasa Lebih MenyenangkanMenerima diri sendiri apa adanya (unsplash.com/Caroline Veronez)

Ya, pada dasarnya yang membuatmu bahagia sebenarnya adalah diri kamu sendiri. Bahagia merupakan keadaan manusia dimana ia merasakan kecukupan, kepuasan, kenikmatan dan kegembiraan yang intens.

Hal ini sejalan dengan makna bersyukur yaitu wujud kepuasan terhadap suatu nikmat yang telah diberikan. Itulah kenapa bahagia erat kaitannya dengan rasa syukur. Kamu harus belajar mensyukuri segala hal agar merasa puas dan bahagia atas apa yang telah ada pada kehidupanmu.

2. Sebisa mungkin berusaha positive thinking terhadap segala sesuatu

6 Kunci Bahagia agar Hidupmu Terasa Lebih MenyenangkanIlustrasi laki-laki sedang tersenyum (Pexels.com/Dima Valkov)

Dengan begitu kamu bisa lebih lapang dada ketika sedang berada dalam kondisi apa pun, bisa jadi lebih lega dan perasaan lebih stabil sehingga tidak mempengaruhi tingkat kebahagiaan. Jangan biarkan pikiran negatif mempengaruhi kebahagiaanmu. 

Kamu harus menghindari perasaan kurang pada diri sendiri karena jika hanya melihat kekurangan pada diri sendiri maka akan timbul perasaan insecure dan tidak puas dengan diri sendiri.

3. Membuka pikiran dengan banyak mencari ilmu dan memperkaya referensi atau wawasan

6 Kunci Bahagia agar Hidupmu Terasa Lebih MenyenangkanPerempuan sedang membaca dengan bahagia (unsplash.com/Ben White)

Siapa sangka belajar dan menambah wawasan bisa membuatmu lebih bahagia. Asalkan tidak dilakukan dengan terpaksa, ketika kamu sedang merasa bosan atau di waktu senggang bisa digunakan untuk belajar dan memperkaya wawasan.

Dengan begitu kamu akan merasa lebih 'berbobot' ketika bertindak dan berbicara, dengan berilmu juga dapat menghadirkan kepuasan tersendiri bagi diri kamu sendiri, lho!

4. Take care of yourself!

6 Kunci Bahagia agar Hidupmu Terasa Lebih MenyenangkanIlustrasi berolahraga (unsplash.com/Fitsum Admasu)

Take care of yourself disini maksudnya adalah menjaga kondisi tubuhmu. Seperti dengan menjaga pola makan dan berolah raga, sehingga kamu dapat menjalani kehidupan dalam keadaan sehat dan fit.

Dalam keadaan tubuh yang sehat dan fit kamu dapat menjalani aktivitasmu dengan lebih segar dan bahagia, serta lebih bisa menikmati hidup.

5. Mencoba melakukan hal baru

6 Kunci Bahagia agar Hidupmu Terasa Lebih MenyenangkanBerkebun (unsplash.com/Zoe Schaeffer)

Mencoba hal baru dapat memberimu gambaran sisi kehidupan yang sebelumnya belum pernah kamu coba lakukan dan explore, lho! Kamu akan merasa lebih fresh dan tidak bosan dengan hadirnya sesuatu yang baru dalam kehidupan.

Kamu bisa mencoba kegiatan baru seperti berkebun, memasak, atau berwisata ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi.

6. Tentukan standar kebahagianmu sendiri

6 Kunci Bahagia agar Hidupmu Terasa Lebih MenyenangkanSeorang wanita tersenyum di tengah gelembung dan kerumunan (unsplash.com/Alex Alvarez)

1. Don't let society set standards for your happiness. Society standards akan terus berkembang dengan seiring berkembangnya zaman.

b   Belum tentu standar kebahagiaan yang ada dalam masyarakat beserta perkembangannya sesuai dengan standarmu sendiri. Justru kamu akan merasakan pressure jika kamu memaksakan untuk memenuhi society standards yang ada.

Bagaimanapun standar dan tolak ukur kebahagiaan setiap individu pasti berbeda-beda satu sama lain. Kunci utamanya tetap ada pada diri sendiri. Kamu sendirilah yang dapat menentukan dan tahu standar kebahagiaanmu, bukan orang lain. Jangan lupa untuk selalu bersyukur dan stay positive!

Baca Juga: 6 Aturan Sederhana agar Bisa Hidup Bahagia, Jangan Lupa Bersyukur!

Zulfa F Zahidah Photo Writer Zulfa F Zahidah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya