Comscore Tracker

5 Hal Sederhana yang Membuat Pelanggan Senang Belanja di Tokomu 

Supaya jualan laris manis 

Simak beberapa tips untuk membuat pelanggan ataupun calon pelanggan senang berbelanja di tokomu. Aktivitas jual beli adalah aktivitas yang sangat menyenangkan. Interaksi sosial yang terdapat saat bertransaksi jual beli merupakan hal yang menarik untuk dibahas. 

Berbagai macam strategi marketing diterapkan oleh semua penjual demi menggaet hati calon pelanggan. Berikut ini adalah lima tips untuk membuat pelanggan ataupun calon pelanggan senang berbelanja di tokomu. 

1. Senyum

5 Hal Sederhana yang Membuat Pelanggan Senang Belanja di Tokomu Ilustrasi senyum (pixabay.com/ansiyuwudia)

Ibadah yang paling mudah adalah senyum. Untuk itu, berikanlah senyuman di mana pun berada. Ketika sedang menjalankan usaha, senyuman kita dapat membuat pembeli merasa nyaman.

Senyum juga menjadi tanda bahwa kita adalah orang yang ramah. Hal itu akan membuat calon pelanggan merasa terpanggil untuk membeli dagangan kita.

2. Ajak ngobrol

5 Hal Sederhana yang Membuat Pelanggan Senang Belanja di Tokomu Ilustrasi mengobrol dengan pembeli (pixabay.com/Olgaozik)

Dalam nuansa interaksi jual beli, ada baiknya sebagai penjual suatu produk kita ngobrol bersama pembeli. Tidak perlu sampai ngomongin topik Perang Dunia Ketiga, yang wajar-wajar saja.

Obrolan akan terasa lebih menyenangkan jika kita bisa mengingat nama pelanggan tetap kita. Bahkan, kalau perlu coba ingat nama kucingnya, niscaya obrolan akan terasa lebih menarik.

Baca Juga: 10 Kesalahan Berbisnis Online yang Bikin Tokomu Sulit Berkembang

3. Cekatan

5 Hal Sederhana yang Membuat Pelanggan Senang Belanja di Tokomu Ilustrasi cekatan (pixabay.com/iamharsha_)

Di saat ada pembeli yang datang, tunjukkan gerakan yang cekatan padanya. Jangan loyo, jangan lemes, dan jangan kelihatan malas-malasan.

Kamu harus responsif berkomunikasi dengan pembeli sehingga membuatnya tidak terlalu lama menunggu. Setelah selesai proses jual beli, kamu bisa kembali berbicara hal-hal non formal lain dan lebih bagus lagi sambil bercanda.

4. Informatif

5 Hal Sederhana yang Membuat Pelanggan Senang Belanja di Tokomu Ilustrasi informatif (pixabay.com/Xandibee)

Cobalah untuk mengingat dengan detail keunggulan dan kekurangan produk yang kamu jual. Berikanlah informasi yang bermanfaat bagi calon pembeli.

Posisikan diri kamu sebagai seorang yang siap menolong calon pembeli menentukan pilihannya. Berikan opsi yang sesuai dengan calon pembeli, tapi jangan sampai terkesan memaksa.

5. Ucapkan terima kasih

5 Hal Sederhana yang Membuat Pelanggan Senang Belanja di Tokomu Ilustrasi (pixabay.com/Tumisu)

Hal yang tidak boleh dilupakan adalah mengucapkan terima kasih di setiap selesai transaksi. Ini menunjukkan bahwa kamu menghargai pembeli yang sudah berbelanja di tokomu.

Apalah artinya berdagang tanpa pembeli. Untuk itu, kita harus selalu berterima kasih kepada setiap pembeli di toko kita. Walaupun dia hanya membeli satu produk saja, tetap saja berterima kasihlah.

Dalam menjalani usaha kita, harus selalu memberikan yang terbaik kepada pelanggan kita. Maka, perlakukanlah pembeli dengan sebaik mungkin. Kelima hal di atas akan terasa mudah jika kita selalu menanamkan sifat sabar di dalam diri kita. Karena apa pun usaha yang kita jalani, kesabaran adalah kunci menuju keberhasilan.

Baca Juga: 10 Kesalahan Berbisnis Online yang Bikin Tokomu Sulit Berkembang

Zulfahri Sandy Photo Verified Writer Zulfahri Sandy

Seorang pengagum artikel yang indah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya