5 Pelajaran Cinta yang Tersirat dari KDrama Bubblegum, Menyentuh Hati!

Salah satu drama Lee Dong Wook yang paling berkesan nih

KDrama Bubblegum tayang pada tahun 2015 silam selama bulan Oktober hingga Desember. Drama ini dibintangi oleh sederet permain ternama seperti Lee Dong Wook, Jung Ryeo Won, Lee Jong Hyun, hingga Park Hee Bon.

Mengangkat tentang kisah cinta terlarang antara dua insan yang tumbuh di lingkungan yang sama sejak kecil, Bubblegum berhasil menyampaikan banyak pesan tersirat yang menyentuh hati. 

Berikut lima pelajaran cinta yang bisa dipetik dari KDrama Bubblegum.

1. Perpisahan bukan jalan keluar bila kedua pihak masih saling mencintai

5 Pelajaran Cinta yang Tersirat dari KDrama Bubblegum, Menyentuh Hati!dramabeans.com

Park Ri Hwan(Lee Dong Wook) dan Kim Haeng Ah(Jung Ryeo Won) hidup di bawah atap yang sama sejak kecil dan mulai mengungkapkan ada perasaan yang berbeda saat mereka dewasa. Namun karena terhalang restu orangtua Ri Hwan dan Haeng Ah tak bisa melanjutkan keinginan mereka untuk terus bersama. Hingga akhirnya Ri Hwan memutuskan hubungan secara sepihak. 

Meskipun berpikir ini merupakan jalan yang terbaik namun kenyataannya mereka berdua tersiksa. Sebab saat ada rintangan yang mencoba menghalangi jalannya sebuah hubungan berarti sudah seharusnya untuk berjuang bersama. Cinta memang tidak selalu hadir dengan cara yang mudah untuk dilalui, oleh sebab itu ketulusan dan komitmen yang kuat sangat dibutuhkan.

2. Trauma cinta di masa lalu gak bisa jadi pembenaran untuk bersikap egois

5 Pelajaran Cinta yang Tersirat dari KDrama Bubblegum, Menyentuh Hati!dramabeans.com

Ibu Park Ri Hwan adalah seorang janda yang memiliki kisah trauma cinta di masa lalu. Dirinya jatuh cinta kepada ayah Kim Haeng Ah yang merupakan seorang duda dan juga kakak kelasnya selagi masih berkuliah. Mereka saling menyukai dan berniat untuk menikah sebelum akhirnya ayah Haeng Ah meninggal karena terkena penyakit kronis. Rasa benci dan sakit hati atas kepergian sang kekasih membuat ibunda Ri Hwan mendendam pada Haeng Ah dan melarang hubungan cintanya dengan Ri Hwan. 

Walaupun rasa benci dan sakit hati itu wajar terjadi namun tidak sepatutnya kisah trauma cinta di masa lalu menjadi pembenaran untuk bersikap egois. Bagaimanpun juga akan ada pihak yang tersakiti dari sikap tersebut. Bila memang keberuntungan tidak berpihak di suatu kisah cinta, maka tidak seharusnya orang lain yang bersangkutan namun tidak bersalah merasakan hal yang sama. Setiap individu memiliki luka tersendiri yang belum tentu diketahui orang lain. 

Baca Juga: 5 Pelajaran Cinta yang Bisa Kamu Dapat dari KDrama The Long Goodbye

3. Saat berkomitmen sudah seharusnya untuk bisa saling menjaga perasaan masing-masing

5 Pelajaran Cinta yang Tersirat dari KDrama Bubblegum, Menyentuh Hati!dramabeans.com

Tae Hee (Kim Ri Na) dan Ji Hoon(Lee Seung Jun) pernah menjalin cinta namun Ji Hoon yang hobi mabuk kerap kali melakukan kesalahan besar, ia bersikap seenaknya menggoda perempuan lain. Tae Hee yang mengetahui hal itu mencoba menahan rasa kecewanya hingga akhirnya perasaan itu tak lagi terbendung dan mereka berpisah. 

Ji Hoon yang menyepelekan hubungan akhirnya menyesal dan berusaha kembali ke pelukan Tae Hee, namun dengan hati yang kuat Tae Hee mengungkapkan perasaannya. Saat berkomitmen sudah seharusnya untuk bisa saling menjaga perasaan masing-masing, termasuk memperhatikan tingkah laku yang kita lakukan. Tidak ada arti cinta bila salah satu pihak yang hanya berjuang sendirian sedangkan yang lainnya terus menggerogoti kualitas hubungan itu sendiri. 

4. Sesulit apapun itu cinta butuh diungkapkan agar bisa dimengerti

5 Pelajaran Cinta yang Tersirat dari KDrama Bubblegum, Menyentuh Hati!dramabeans.com

Mantan kekasih Haeng Ah, Kang Seok Joon(Lee Jong Hyuk) merupakan seorang introvert penggila kerja yang tidak pandai mengungkapkan perasaannya. Haeng Ah tidak berada dalam prioritasnya dan kerap dibuat menunggu tanpa kepastian. Seok Joon menganggap Haeng Ah baik-baik saja dan terus membiarkannya merasakan hal ini tanpa batas waktu, hingga akhirnya Haeng Ah memutuskan hubungan secara sepihak. 

Ternyata di balik diamnya Seok Joon tersimpan rasa cinta yang amat dalam pada Haeng Ah, sayangnya itu tidak terlihat karena Seok Joon tidak pernah mengungkapkannya. Kesalah pahaman besar bisa terjadi dan berakibat fatal bila tidak segera diluruskan. Ini menjadi masalah serius karena sesulit apapun itu cinta butuh diungkapkan agar bisa dimengerti. 

5. Tidak semua cinta bisa terbalaskan sesuai dengan harapan

5 Pelajaran Cinta yang Tersirat dari KDrama Bubblegum, Menyentuh Hati!dramabeans.com

Di sisi lain kehidupan percintaan terlarangnya dengan Kim Haeng Ah, Park Ri Hwan sempat melakukan kencan buta atas permintaan sang ibunda. Hong Yi Seul(Park Hee Bon) menjadi perempuan yang dipilih orang tuanya untuk berkencan buta. Perilaku Ri Hwan yang memikat hati membuat Yi Seul jatuh cinta. Namun Ri Hwan tidak bisa membalas itu semua karena ada Haeng Ah di hatinya. 

Yi Seul tidak menerima itu semua dan berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan hati Ri Hwan dan menyingkirkan Haeng Ah. Tetapi sekeras apa pun usahanya Yi Seul tidak berhasil mendapatkan hati Ri Hwan. Dia sadar bahwa tidak semua cinta bisa terbalaskan sesuai dengan harapannya, karena cinta butuh kesepakatan dari dua pihak bukan hanya satu. 

Dalam drama Bubblegum banyak pelajaran lain yang bisa dipetik dan dimaknai betapa dalamnya pesan-pesan tersirat tersebut. Bagi kamu yang belum menontonnya, drama ini cocok banget disaksikan saat waktu senggang. Selamat menonton!

Baca Juga: 8 Pelajaran Cinta Agung Hercules dan Mira Rahayu, Kompak Setiap Saat

alys Photo Community Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You