Comscore Tracker

Lakukan 10 Hal Ini agar Pernikahanmu Bertahan sampai Akhir Hayat

Dimulai dari hal kecil lho!

Menua bersama dengan pasangan adalah impian semua orang. Menikah sekali seumur hidup dan hanya berpisah saat maut memisahkan merupakan keinginan setiap insan manusia.  Kamu pun pasti ingin menua bersama dengan pendamping hidupmu sampai maut memisahkan. 

Tapi, menjaga pernikahan untuk tetap utuh ternyata tidak semudah itu. Banyak pasangan suami istri yang harus berpisah bahkan saat pernikahan itu masih seumur jagung. Untuk menjaga pernikahanmu agar bertahan selamanya, kamu harus tahu terlebih dahulu apa yang harus kamu lakukan.

Berikut 10 hal yang dapat kamu lakukan agar pernikahanmu bertahan sampai akhir hayat.

1. Selalu melakukan hal kecil yang dapat membuat pasanganmu merasa dicintai

Lakukan 10 Hal Ini agar Pernikahanmu Bertahan sampai Akhir Hayatunsplash.com/Vince Fleming

Walaupun pernikahanmu sudah berjalan cukup lama, melakukan hal-hal kecil kepada pasangan tetap menjadi komponen penting dalam mempertahankan pernikahan agar terus terjaga kehangatannya.

Kamu dapat melakukan hal-hal kecil sebagai bentuk perhatianmu kepada pasangan seperti memijat pasanganmu saat dia lelah, membelikan hadiah tanpa alasan khusus, ataupun membelikan makanan kesukaannya. Bahkan hanya dengan mengecupnya saat bangun pagi pun dapat menjadi bentuk cintamu kepadanya. Dengan melakukan hal tersebut, pasanganmu pun akan merasa lebih dicintai olehmu. 

2. Harus menjunjung tinggi kejujuran

Lakukan 10 Hal Ini agar Pernikahanmu Bertahan sampai Akhir Hayatpexels.com/Daria shevtsova

Kejujuran merupakan pilar utama dalam rumah tangga. Kejujuran akan membentuk suatu kepercayaan. Sepahit apa pun kenyataannya, kamu harus selalu jujur kepada pasangan.

Saat kamu melanggar prinsip kejujuran, maka pasanganmu tidak akan pernah percaya lagi kepadamu. Jika kami mengkhianati prinsip kejujuran, rumah tanggamu pun akan hancur berantakan. Kepercayaan itu mahal harganya.

3. Jangan pernah membicarakan keburukan pasanganmu di depan orang lain

Lakukan 10 Hal Ini agar Pernikahanmu Bertahan sampai Akhir Hayatpexels.com/Leah kelley

Saat kamu sudah menikah, kamu akan tinggal bersama dengan pasanganmu dalam satu rumah. Tentunya kamu pasti akan menemukan sifat-sifat yang sebelumnya belum pernah kamu temukan dari pasanganmu, baik itu sifat baiknya maupun sifat buruknya. 

Tidak ada manusia yang sempurna, begitu pun pasanganmu. Pasti pasanganmu memiliki kekurangan itu. Nah, kamu sebagai pendamping hidupnya wajib menutupi kekurangan pasanganmu tersebut. Jangan pernah bergosip dengan teman-temanmu tentang pasanganmu. Simpanlah aib pasanganmu untuk dirimu sendiri. 

Baca Juga: 5 Rutinitas Kecil yang Bikin Kehidupan Pernikahanmu Jadi Menyenangkan

4. Jangan memutuskan sesuatu dengan emosi

Lakukan 10 Hal Ini agar Pernikahanmu Bertahan sampai Akhir Hayatpexels.com/Vera Arsic

Membuat keputusan saat kamu sedang emosi bisa berdampak fatal terhadap rumah tanggamu. Saat kamu emosi, pikiranmu hanya terfokus pada amarahmu saat itu saja sehingga logikamu pun tidak berjalan. 

Keputusan yang kamu ambil saat emosi akan berbuah penyesalan seumur hidup karena tidak dilandasi dengan logika. Oleh karena itu, jika emosi sedang menguasai diri kamu, segeralah mengambil waktu untuk menyendiri  dulu. Dinginkan kepalamu dan berpikirlah dengan jernih. Saat pikiranmu sudah jernih, barulah kamu bisa mengambil keputusan dengan berdiskusi terlebih dahulu bersama pasangan.

5. Lakukan inovasi baru saat kejenuhan mulai muncul

Lakukan 10 Hal Ini agar Pernikahanmu Bertahan sampai Akhir Hayatpexels.com/Taryn Elliot

Kejenuhan pasti akan datang di setiap pernikahan, terlebih jika pernikahanmu sudah bertahun-tahun lamanya. Rutinitas yang sama lah yang menjadi penyebab kejenuhan. Kejenuhan yang timbul dapat membuat hubungan menjadi dingin dan tidak hangat lagi. Harus diingat bahwa jenuh bukan berarti sudah tidak cinta lagi, ya!

Untuk mengatasi kejenuhan kamu dapat melakukan berbagai hal baru bersama pasanganmu, misalnya pergi liburan berdua ke luar kota atapun luar negeri. Carilah suasana baru agar kejenuhan tersebut dapat menghilang. Dengan begitu, rumah tangga kalian pun akan terus diselimuti kehangatan.

6. Selalu rayakan momen spesial kalian berdua

Lakukan 10 Hal Ini agar Pernikahanmu Bertahan sampai Akhir Hayatpexels.com/cottonbro

Merayakan momen spesial berdua dapat memunculkan suasana hangat dalam rumah tangga. Kamu dapat merayakan anniversary berdua bersama pasanganmu. Kamu juga dapat merayakan ulang tahun bersama pasangan dan anak-anakmu. 

Ciptakanlah momen-momen manis di hari yang spesial untuk kamu dan pasangan. Dijamin hubunganmu tidak akan terasa hambar!

7. Terbuka dalam segala hal

Lakukan 10 Hal Ini agar Pernikahanmu Bertahan sampai Akhir Hayatpexels.com/Jack Sparrow

Pasanganmu adalah teman hidupmu. Saat sudah mengucapkan janji suci, itu artinya kamu dan dia akan tinggal di bawah satu atap yang sama seumur hidup. Tentu akan terasa tidak nyaman menyimpan rahasia dari orang yang tinggal satu atap denganmu. 

Dengan munculnya keterbukaan, itu artinya kamu dan dia sudah saling percaya dan tidak ada yang disembunyikan. Saling terbuka dapat membuat kalian menghindari pertengkaran yang akan berdampak besar nantinya.

8. Jangan terlalu kepo dengan isi smartphone pasanganmu

Lakukan 10 Hal Ini agar Pernikahanmu Bertahan sampai Akhir Hayatpexels.com/ketut subiyanto

Walaupun harus terbuka, namun sebaiknya kamu mengurangi keingintahuanmu akan isi smartphone pasangannu. Hal ini ternyata malah membuat rumah tanggamu lebih awet, lho!

Tidak kepo terhadap isi smartphone pasangan dapat menghindari kesalahpahaman yang tidak penting. Dengan begitu, hatimu juga akan lebih tenang. Kalian pun akan terhindar dari pertengkaran yang tidak perlu.

9. Jangan ceritakan masalah rumah tanggamu kepada orang lain

Lakukan 10 Hal Ini agar Pernikahanmu Bertahan sampai Akhir Hayatpexels.com/ketut subiyanto

Masalah rumah tanggamu tidak boleh kamu ceritakan kepada siapapun, bahkan kepada orang tuamu sendiri. Curhat di sosial media juga tidak boleh kamu lakukan. 

Menceritakannya kepada orang lain tidak akan membuat masalahmu selesai. Masalahmu malah akan semakin besar dan dapat membahayakan keutuhan rumah tanggamu. Bukannya hati tenang dan mendapatkan solusi untuk menyelesaikan masalah, kamu justru akan semakin emosi dan membesar-besarkan masalah yang ada.

10. Jangan mengkhianati komitmen

Lakukan 10 Hal Ini agar Pernikahanmu Bertahan sampai Akhir Hayatpexels.com/irina iriser

Berumah tangga artinya berani untuk berkomitmen. Itu artinya baik kamu ataupun pasangan wajib menjaga komitmen yang telah kalian buat.  Dengan menjaga komitmen, kamu akan setia kepada pasanganmu, pun sebaliknya. Jika komitmen ini terus dijaga, maka pernikahan kalian pun akan jauh dari permasalahan orang ketiga.

Pertengkaran dan kejenuhan merupakam hal wajar yang hadir dalam sebuah pernikahan. Namun, rasa cinta dan kehangatan dalam rumah tangga harus tetap selalu dijaga. Komitmen pun tidak boleh dikhianati. Dengan begitu, pernikahanmu pun dijamin akan bertahan sampai akhir hayat.

Baca Juga: 5 Tips Atasi Konflik dengan Mertua, Biar Rumah Tanggamu Bahagia 

Adena Riskivia Trinanda Photo Writer Adena Riskivia Trinanda

Anak koas yang suka menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya