Comscore Tracker

6 Indikasi Persahabatan Kalian Perlu Dipertanyakan Lagi

Apakah persahabatan kalian ini perlu dipertahankan?

Memiliki seorang sahabat yang siap berbagi setiap pengalaman bersama memang sangat menyenangkan. Tentu saja, karena hubungan persahabatan itu selalu digambarkan sebagai suatu hal yang seru dan menyenangkan.

Namun, sama seperti jenis hubungan lainnya, persahabatan juga merupakan sebuah hubungan yang rumit. Banyak hal yang akan terjadi ketika kamu terlibat di dalam sebuah hubungan persahabatan, termasuk hal-hal yang tidak menyenangkan.

Terkadang akan muncul sebuah fase di dalam persahabatan, dimana kamu mulai mempertanyakan dan kehilangan keyakinan terhadap persahabatan kalian. Hal ini bisa muncul dan menjadi pertanda bahwa persahabatan kalian kemungkinan besar sedang tidak baik-baik saja.

1. Kamu seringkali bertanya dan mulai meragukan persahabatan kalian

6 Indikasi Persahabatan Kalian Perlu Dipertanyakan Lagipixabay/nastya_gepp

Mempertanyakan sebuah persahabatan adalah sebuah hal yang normal. Namun jika itu terjadi terus-menerus maka itu bisa menjadi tanda bahwa hubungan persahabatan kalian sedang dalam masalah.

Mungkin sahabat kamu pernah berbuat sebuah kesalahan yang menyakiti hati kamu sehingga mulai menimbulkan keraguan itu. Atau juga hal lainnya seperti, kalian sudah banyak berubah dan kalian tidak lagi menyukai hal-hal yang sama seperti dulu.

Sudah banyak sekali perbedaan diantara kalian. Karena itu, kalian tidak tahu hal apa yang harus kalian bicarakan saat kalian bertemu. Hal-hal menyenangkan yang kalian sama-sama lakukan dulu perlahan mulai terasa membosankan.

2. Kalian tidak lagi berkomukasi seperti biasanya

6 Indikasi Persahabatan Kalian Perlu Dipertanyakan Lagiunsplash/Alexis Brown

Komunikasi adalah salah satu hal yang sangat penting dalam setiap jenis hubungan, termasuk persahabatan. Kalian mungkin masih berkomunikasi lewat chatting atau media lainnya, namun kalian sudah jarang sekali bertemu secara langsung. Meskipun kamu masih menganggap mereka sebagai sahabat tetapi kamu merasa kalian mulai tidak saling berbagi pengalaman.

Curhatan-curhatan kecil darinya sudah jarang sekali kamu dengar dan kalian sepertinya sudah lebih tertutup satu sama lain. Mungkin dengan alasan privasi, kalian tidak lagi menanyakan atau menceritakan masalah masing-masing. Dan kalian lebih memilih untuk memendam hal yang kalian rasakan sendirian.

Percakapan-percakapan yang kalian lakukan sekarang hanya sebatas menyapa dan menanyakan kabar atau kesibukan masing-masing.

3. Kalian mengingikan hal yang sangat berbeda dan tidak saling mendukung satu sama lain

6 Indikasi Persahabatan Kalian Perlu Dipertanyakan Lagipexels/Elijah O'Donnell

Perbedaan bisa menjadi sebuah tantangan dalam sebuah hubungan, namun bukan berarti sebuah hambatan. Karena banyak persahabatan yang erat meskipun punya perbedaan. Nah, poinnya adalah dalam perbedaan itu kalian harus saling mendukung satu sama lain. Menyukai atau menginginkan hal yang berbeda dari sahabat kalian itu adalah hal yang wajar.

Namun, jika kamu menjadi egois dan tidak ingin mendukung hal yang sahabat kamu inginkan karena itu berbeda dari keinginan kamu, atau sebaliknya dia memaksakan kamu untuk melepaskan impianmu dengan alasan tertentu. Di situlah tanda hubungan persahabatan kalian sudah tidak sehat.

Baca Juga: Wajib Cek, 5 Tanda Ini Buktikan Kamu Sudah Siap Berteman dengan Mantan

4. Kamu mengenal orang yang baru

6 Indikasi Persahabatan Kalian Perlu Dipertanyakan Lagiunsplash/Anna Vander Stel

Kamu biasanya akan menyangkal bahwa hubungan persahatan kalian sebenarnya sedang bermasalah sampai kamu menemukan orang yang baru. Tanda paling jelas adalah kamu lebih nyaman bersama dengan orang baru tersebut dibandingkan dengan sahabatmu.

Namun, mengenal orang yang baru tidak selamanya membuat sebuah hubungan persahabatan menjadi renggang. Bukan berarti orang baru tersebut memperlakukanmu lebih baik dari sahabatmu atau kamu lebih menyukai orang tersebut. Namun, kamu harus jujur bahwa orang tersebut 'lebih nyambung' ketika diajak untuk berbicara atau bertukar pikiran.

5. Kepercayaanmu dihancurkan atau sebaliknya

6 Indikasi Persahabatan Kalian Perlu Dipertanyakan Laginaijanews.com

Kepercayaan adalah fondasi dalam semua jenis hubungan. Ketika kepercayaan itu hancur, maka hal lainnya juga akan ikut hancur. Hal-hal yang menyebabkan hancurnya kepercayaan seperti penghianatan atau kekecewaan. Jika salah satu dari kalian melakukan itu maka yang lainnya akan merasakan sakit dan mulai timbul keraguan.

Memang akan sangat tragis, jika hilangnya kepercayaan menghancurkan persahabatan kalian. Dan itu juga bisa memberikan kamu pelajaran untuk lebih selektif dalam memberikan kepercayaan kepada orang lain.

6. Hanya kamu yang berjuang dalam persahabatan kalian

6 Indikasi Persahabatan Kalian Perlu Dipertanyakan Lagipixabay/minanfotos

Semua hubungan butuh keseimbangan. Ketika hanya seorang dari kalian yang berjuang untuk mencoba mempertahankan persahabatan kalian, maka itu adalah pertanda keretakan hubungan itu. Perjuangkan harus dilakukan oleh kedua pihak.

Jika sahabatmu menunjukkan tanda-tanda tidak peduli akan persahabatan kalian atau sepertinya dia tidak lagi tertarik dengan persahabatan ini, maka kamu punya pilihan untuk meninggalkan dia. Jangan terjebak dalam hubungan persahabatan beracun yang hanya akan merugikan kamu.

Itulah beberapa tanda bahwa hubungan persahabatan kalian sedang dalam masalah. Jika kamu menemukan ini di dalam persahabatan kamu, maka kamu punya pilihan untuk menemukan solusinya bersama-sama.

Jika kamu merasa tidak ada solusi yang tepat maka jangan takut mengambil risiko untuk melepaskan sahabat kalian. Dan setelah itu, cobalah untuk move on. Perpisahan hubungan persahabatan itu memang sangat menyakitkan, namun dengan perpisahan itu kamu mungkin akan diberikan kesempatan untuk mengenal orang-orang yang lebih baik lagi di luar sana.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Melatih Anak Bersahabat Sejak Dini

Afendi Nahak Photo Verified Writer Afendi Nahak

-_-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya