Comscore Tracker

5 Sebab Kenapa Teman yang Dulunya Akrab Malah Jadi Asing Saat Dewasa

#IDNTimesLife Bersamanya tak lagi terasa nyaman

Suatu hal yang biasa dalam hidup ini kalau ada orang yang datang dan pergi, begitu juga di dalam pertemanan. Setiap pertemanan ada dinamikanya sendiri yang mana tergantung pada setiap orang yang menjalani, apakah semakin erat dengan bertambahnya waktu atau justru renggang dan jadi terasa asing.

Bahkan teman yang dulunya sangat dekat dan akrab pun bisa berubah menjadi asing ketika beranjak dewasa, lho. Kenapa ya? Ada banyak hal yang bisa menyebabkan renggang dan asingnya suatu pertemanan, dan di bawah ini adalah lima di antaranya. Yuk simak!

1. Ada jangka waktu cukup lama tidak bertemu dan hilang komunikasi

5 Sebab Kenapa Teman yang Dulunya Akrab Malah Jadi Asing Saat DewasaIlustrasi lihat HP(pexels.com/mikoto.raw)

Hal pertama yang bisa jadi penyebab kenapa teman yang dulunya akrab malah berubah menjadi asing ketika dewasa, yaitu adanya jangka waktu lama tidak saling bertemu dan hilang komunikasi antara satu sama lain.

Entah ada salah satu yang pindah tempat tinggal, atau sekolah yang berbeda sehingga tidak ada waktu untuk bertemu. Karena kalau kalau kondisinya seperti itu tentu ada kecanggungan dan perasaan asing saat bertemu lagi, kan.

2. Berbeda sekolah dan berbeda kegiatan

5 Sebab Kenapa Teman yang Dulunya Akrab Malah Jadi Asing Saat DewasaIlustrasi teman(pexels.com/Ivan Samkov)

Berbeda sekolah dan berbeda kegiatan adalah penyebab kedua yang membuat teman yang dulunya dekat malah menjadi asing saat dewasa. Kenapa? Karena di sekolah pasti bertemu dengan banyak orang baru, teman-teman baru pula dan menghabiskan banyak waktu bersama mereka.

Apalagi jika kegiatan yang dilakukan sangatlah berbeda, otomatis kedekatan pun akan terkikis seiring banyaknya hal yang tidak searah.

Baca Juga: 5 Perubahan Teman setelah Menikah Ini Wajib Kamu Hargai, ya!

3. Jalan hidup yang berbeda arah

5 Sebab Kenapa Teman yang Dulunya Akrab Malah Jadi Asing Saat DewasaIlustrasi konflik pasangan(pexels.com/Cottonbro)

Jalan hidup yang berbeda arah juga bisa menjadi penyebab kenapa teman terasa asing saat dewasa. Memang berteman gak melulu harus yang sama dengan kita, akan tetapi jika jalan hidupnya bertolak belakang, prinsip serta pemikirannya tentu juga akan sangat berbeda, kan. Dan kalau seperti itu mau menyamakan pemikiran dan memahami satu sama lain saja mungkin bakalan susah.

4. Tidak merasa sefrekuensi lagi ketika ngobrol

5 Sebab Kenapa Teman yang Dulunya Akrab Malah Jadi Asing Saat DewasaIlustrasi ngobrol(pexels.com/nappy)

Teman yang dulunya akrab juga bisa berubah menjadi asing jika saat mengobrol bersama sudah tak sefrekuensi lagi. Karena seperti yang kita tahu bahwa kepribadian seseorang bisa berubah seiring bertambahnya usia, baik itu karena berubahnya pola pikir, prinsip dan pendirian, serta pengaruh dari lingkungan sekitar. Dan kalau ngobrol saja tidak nyambung, tentu berinteraksi pun jadi kurang nyaman.

5. Sama-sama rindu tapi gengsi untuk mendekatkan diri lagi

5 Sebab Kenapa Teman yang Dulunya Akrab Malah Jadi Asing Saat DewasaIlustrasi dua wanita(pexels.com/Liza Summer)

Terakhir, perasaan asing pada teman yang dulunya dekat mungkin dikarenakan gengsi untuk saling mendekatkan diri lagi. Mungkin baik kamu ataupun dia sama-sama rindu untuk bisa dekat seperti dulu lagi, akan tetapi meskipun begitu kalian juga sama-sama gengsi dan tidak tahu bagaimana caranya untuk mulai mendekatkan diri lagi. Banyak memang yang seperti ini dan akhirnya memilih menjalani hidup masing-masing saja. 

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan timbulnya perasaan canggung dan asing pada teman ketika dewasa meski dulunya sangat dekat. Apakah kamu pernah mengalaminya?

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Hidupmu Terasa Kosong meskipun Punya Banyak Teman

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya