Comscore Tracker

5 Bahayanya Kalau Terlalu Lama Terjebak Hubungan Tanpa Status

Hubunganmu mengambang dan tidak ada yang bisa kamu lakukan

Ada banyak orang sekarang ini terjebak dalam hubungan tanpa status dengan alasan bahwa yang penting sama-sama komitmen dan perasaan saja, tanpa harus ada ikatan dan menyandang status saat berhubungan. Di satu sisi memang menyenangkan, yang mana jadinya gak ada pihak yang bisa mengekang dan bebas untuk dekat siapa saja. 

Tapi tahu tidak bahwa di sisi lain kalau terlalu lama menjalin hubungan tanpa status justru gak baik untuk dirimu sendiri. Bisa menimbulkan anxiety, kekecewaan di akhir ketika do'i tidak bisa memberimu kejelasan status dan hal-hal lainnya. Contoh lima bahayanya ada dalam pembahasan di bawah ini. Simak ya! 

1. Pasanganmu jadi keenakan dan gak kepikiran untuk memberimu status yang jelas

5 Bahayanya Kalau Terlalu Lama Terjebak Hubungan Tanpa Statusilustrasi pasangan (pexels.com/RODNAE Productions)

Terlalu lama membiarkan dirimu terjebak dalam hubungan tanpa status sebenarnya bahaya karena bisa membuat pasanganmu keenakan atau terlalu nyaman hingga dia pun jadi tidak berpikir untuk memberimu status yang jelas. 

Karena kamunya pasrah saja ketika bersamanya tanpa menuntut status, jadi dia pun berpikir bahwa bagimu hal itu tidak penting dan dia tidak perlu terburu-buru. Dan pada akhirnya kamu yang rugi sendiri karena menyia-nyiakan waktu bersamanya. 

2. Tersiksa batin karena gak bisa melarang ketika dia dekat sama yang lain

5 Bahayanya Kalau Terlalu Lama Terjebak Hubungan Tanpa Statusilustrasi bicara (pexels.com/Cottonbro)

Bahayanya yang kedua bisa dibilang lebih kepada membahayakan perasaanmu sendiri, yang mana kamu tersiksa batin karena gak bisa melarang ketika dia dekat sama yang lain. Kebebasan semacam ini memang tidak hanya berlaku untuknya saja akan tetapi kamu pun juga bebas dekat dengan siapa saja.

Tapi kalau sudah melibatkan perasaan pasti sedikit banyaknya ada rasa cemburu kalau orang yang kamu sayang dekat dengan yang lain, kan. Tapi karena hubungan yang dijalin memang tanpa status, kamu pun hanya bisa tersiksa batin sendiri. 

Baca Juga: 5 'Hama' yang Gak Disangka-sangka Merusak Hubungan Cinta

3. Sangat mudah untuk mencampakkan satu sama lain

5 Bahayanya Kalau Terlalu Lama Terjebak Hubungan Tanpa Statusilustrasi pasangan pergi (pexels.com/RODNAE Productions)

Ketiga, bahayanya kalau terlalu lama terjebak dalam hubungan tanpa status ialah kalian jadi mudah mencampakkan satu sama lain. Misalnya sudah merasa tidak cocok maka langsung meninggalkan begitu saja tanpa penjelasan apapun mentang-mentang tak ada status di dalam hubungan kalian.

Akibatnya tentu saja jadi gak menghargai perasaan pasangan dan ini gak menyakitkan. Dan kamu tidak bisa berbuat apapun, karena pada dasarnya hubungan yang kalian jalani adalah hubungan tanpa status.

4. Kamu akan terluka jika akhirnya dia tidak bisa memberi kepastian meski sudah bertahun-tahun bersamamu

5 Bahayanya Kalau Terlalu Lama Terjebak Hubungan Tanpa Statusilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Alex Green)

Enaknya hubungan tanpa status memang terletak pada kebebasan. Akan tetapi di sisi lain justru merugikan diri sendiri apalagi kalau sudah berjalan bertahun-tahun lamanya.

Kamu akan terluka jika hubungan sudah berjalan lama namun pada akhirnya dia tidak bisa memberi kepastian status kepadamu. Bahkan status sebagai pacar atau tunangan pun tidak. Kalau seperti ini bukankah kehadiran dirimu di hidupnya jadi seperti tidak dianggap? 

5. Susah untuk memulai hubungan yang baru ketika lepas darinya karena kamu pasti punya masalah trust issue

5 Bahayanya Kalau Terlalu Lama Terjebak Hubungan Tanpa Statusilustrasi pasangan (pexels.com/Polina Zimmerman)

Ketika sudah terjebak dalam waktu lama menjalani hubungan tanpa status dan berakhir lepas darinya, rata-rata orang yang seperti ini akan mempunyai masalah pada kepercayaan pada lawan jenis. Yang mana hal itu bisa menganggu dan membuatmu sulit untuk menjalin hubungan yang baru.

Kamu takut untuk menjalin kedekatakan lagi karena tidak mau diberi harapan palsu dan berakhir hubungan tanpa status lagi. Semacam trauma yang bakal selalu diingat. 

Intinya, akibat dari terjebak dalam hubungan tanpa status bisa membahayakan untuk hati dan buruk untuk mentalmu. Jadi kalau mau menjalin hubungan seperti itu pastikan kamu siap dengan segala risikonya, ya. 

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Meminta Kejelasan Status pada Gebetanmu

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya