Comscore Tracker

5 Batasan Ini Perlu Ditegaskan saat Berteman, Biar Sama-sama Nyaman

#IDNTimesLife Adanya batasan juga bikin hubunganmu awet

Semua hubungan yang kita jalani dengan orang lain sebenarnya ada batasannya, baik itu hubungan keluarga, asmara, hingga hubungan pertemanan sekalipun. Kalau tidak pakai batasan bisa-bisa malah saling menyakiti dan membuat hubungan yang ada jadi cepat berakhir, terlebih lagi di dalam pertemanan.

Jadi daripada dipendam dan ada salah satu yang melakukan suatu hal yang melewati batas dan menyakitimu, lebih baik ditegaskan saja dan diberitahu secara terbuka supaya sama-sama nyaman saat berteman. Yuk simak lima batasannya di bawah ini.

1. Tidak ikut campur terlalu dalam pada urusan pribadi masing-masing

5 Batasan Ini Perlu Ditegaskan saat Berteman, Biar Sama-sama Nyamanilustrasi wanita bicara (pexels.com/Fauxels)

Terbuka pada teman tentu tidak apa-apa, akan tetapi jika ada suatu urusan yang bersifat terlalu pribadi atau bahkan aib sebaiknya jangan kepo. Karena sedekat apapun mereka denganmu sebagai teman, yang namanya privasi tetap ada batasannya. Dan teman yang baik pasti bakal mengerti tentang hal ini jika diberitahu, kok.

2. Tidak mengungkit-ungkit trauma  

5 Batasan Ini Perlu Ditegaskan saat Berteman, Biar Sama-sama Nyamanilustrasi depresi (pexels.com/Polina Zimmerman)

Saat berteman juga sebaiknya tegas pada batasan yang menyangkut trauma. Entah itu kamu yang mengalami trauma akan sesuatu atau justru temanmu yang memilikinya, ada batasan yang perlu ditegaskan untuk tidak mengungkit-ungkit trauma yang dimiliki.

Sebenarnya hal ini merupakan batasan yang mestinya dipahami sendiri tanpa perlu diberitahu, sih. Akan tetapi daripada suatu saat dia lupa dan salah bersikap hingga membangkitkan trauma yang kamu miliki, maka lebih baik ditegaskan saja agar jelas.

Baca Juga: 5 Ciri Orang yang Tujuannya Hanya Berteman, Jangan Baper Berlebih!

3. Batasan dan aturan dalam meminjam uang 

5 Batasan Ini Perlu Ditegaskan saat Berteman, Biar Sama-sama Nyamanilustrasi beri uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Membantu teman dengan memberikan pinjaman uang memang sesuatu yang wajar saat berteman, akan tetapi kalau tidak ditegaskan batasan dan aturannya bisa-bisa temanmu bisa kelewat batas dan membuatmu jadi risih nantinya. Kalau diberitahu kan kalian jadi saling tahu bagaimana harus bersikap saat meminjam uang, dan juga batasan pinjaman yang masih wajar.

4. Sikap dan perkataan yang mesti dipikirkan dahulu 

5 Batasan Ini Perlu Ditegaskan saat Berteman, Biar Sama-sama Nyamanilustrasi bicara (pexels.com/Edmond Dantes)

Tidak hanya berlaku pada temanmu saja akan tetapi juga pada dirimu sendiri, yang mana tidak boleh sembarangan bicara dan bersikap agar terhindar dari ketersinggungan serta pertengkaran. Kan sayang kalau pribadimu dan teman sudah cocok akan tetapi berakhir cek-cok karena tidak berpikir dulu sebelum bertindak dan berucap.

5. Tahu diri untuk tidak merebut gebetan teman 

5 Batasan Ini Perlu Ditegaskan saat Berteman, Biar Sama-sama Nyamanilustrasi pasangan (pexels.com/Mikhail Nilov)

Bisa dibilang bahwa batasan yang ini termasuk juga sebagai aturan tak terucap di dalam pertemanan, jadi kalau ada teman yang mengenalkan gebetan atau sedang naksir seseorang maka lebih baik cukup tahu saja. Jangan ikut mendekatinya karena kalau sampai rebutan orang yang ditaksir malah bisa mengakibatkan konflik dan perkelahian yang merusak pertemanan. Lagi pula merebut gebetan juga gak etis untuk dilakukan.

Itulah tadi lima batasan yang baiknya ditegaskan saat berteman, jadi kalau misalnya kamu punya batasan tertentu selain dari lima poin tadi jangan ragu untuk membicarakannya dengan temanmu, ya. Karena segala hal memang baiknya dibicarakan supaya sama-sama nyaman.

Baca Juga: 5 Akibatnya Kalau Kamu Berteman Dekat dengan Orang yang Malas Kerja

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya