Comscore Tracker

5 Cara Efektif Meredakan Emosional Pasangan, Hatinya Pasti Luluh

#IDNTimesLife Tenangkan dia dengan afeksi sayang yang tulus

Namanya juga terlahir sebagai manusia yang mempunyai perasaan dan emosional sendiri, begitu pula dengan pasanganmu. Jadi wajar kalau suatu saat sisi emosionalnya meningkat karena suatu hal. Dan menghadapi pasangan yang sedang emosional gak boleh sembarangan, yang kalau asal-asalan bukannya menenangkan tapi malah bisa memancing pertengkaran dan membuat hubungan jadi tidak nyaman dijalani.

Maka dari itu daripada salah-salah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa cara paling efektif dalam menghadapi sekaligus meredakan emosional pasangan. Berikut ini adalah lima cara di antaranya.

1. Tanyakan pelan-pelan penyebab emosionalnya

5 Cara Efektif Meredakan Emosional Pasangan, Hatinya Pasti LuluhIlustrasi berpegangan tangan(pexels.com/Emma Bauso)

Kalau pasanganmu sedang merasa kacau secara emosional, maka cara efektifnya yang pertama dalam menghadapinya ialah dengan menanyakan pada dia pelan-pelan tentang masalahnya. Karena mungkin saja diam-diam ternyata ia sedang mengalami masalah di tempat kerja, pertengkaran dalam keluarga, atau mengalami stres dan baru mau terbuka ketika kamu tanyakan. Sebab ada orang-orang yang memang seperti itu, memendamnya sendiri sampai ditanyakan oleh pasangannya.

2. Mengerti keadaannya tanpa menyudutkan atau bahkan menghakimi

5 Cara Efektif Meredakan Emosional Pasangan, Hatinya Pasti LuluhIlustrasi pasangan(pexels.com/Katerina Holmes)

Kamu gak bakal bisa melawan orang yang emosinya sedang panas dengan marah-marah, melainkan mengertilah keadaannya yang sedang kacau untuk meredakan emosinya. Gak perlu banyak bicara atau berusaha terlalu keras untuk menghiburnya, tapi dengan selalu ada di sisinya saja sudah cukup, kok.

Baca Juga: Kecocokan Pasangan Taurus dan Pisces, Punya Koneksi Emosional!

3. Beri dia afeksi sayang, baik berupa pelukan atau elusan kepala yang menenangkan

5 Cara Efektif Meredakan Emosional Pasangan, Hatinya Pasti LuluhIlustrasi pasangan berpelukan(pexels.com/Cottonbro)

Karena percaya atau tidak, orang yang sedang emosional sebenarnya sangat membutuhkan perhatian dan kasih sayang dari orang terdekatnya dibanding saat ia dalam keadaan normal. Maka memberinya bentuk afeksi sayang pun bisa dibilang sangat efektif.

4. Ajak ngobrol baik-baik dan cari solusinya bersama dengan diskusi

5 Cara Efektif Meredakan Emosional Pasangan, Hatinya Pasti LuluhIlustrasi pasangan(pexels.com/Keira Burton)

Lalu kamu juga gak perlu bingung untuk menenangkan pasangan jika ia sedang emosional karena bisa dengan cara ajak dia ngobrol baik-baik dan mencari solusinya bersama. Karena pada dasarnya itulah gunanya pasangan, yaitu untuk menjadi teman diskusi dan pendamping kita jika mengalami masalah. Yang mana hal itu juga akan berdampak baik untuk hubungan dan memperkuat perasaan pada satu sama lain.

5. Memberinya waktu sendiri untuk menenangkan diri

5 Cara Efektif Meredakan Emosional Pasangan, Hatinya Pasti LuluhIlustrasi wanita(pexels.com/Liza Summer)

Ada orang yang suka jika dirinya ditenangkan dengan cara diberi perhatian penuh dan diajak ngobrol, tapi ada juga sebagian orang yang justru lebih suka jika dirinya diberi waktu sendiri untuk menenangkan diri saat emosional. Bukannya dia tidak suka kepedulian dari pasangan, namun memang ada orang-orang yang lebih bisa mengontrol perasaan dan emosionalnya jika sendirian. 

Itulah tadi beberapa cara yang konon efektif digunakan untuk menenangkan emosional pasangan. Jadi gak perlu khawatir ataupun bingung, karena lima cara sederhana seperti tadi pun juga bisa.

Baca Juga: 5 Kebiasaanmu yang Tanpa Sadar Bikin Pasangan Kesal, Segera Ubah Ya!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya