Comscore Tracker

5 Hal Penting yang Harus Kamu Renungkan sebelum Menerima Lamaran

Sebab kamu tidak bisa menikah dengan alasan 'ingin' saja

Momen dimana kamu dilamar oleh pasangan untuk menikah tentu merupakan salah satu momen terindah dalam hidup, sebab dia membuktikan keseriusannya padamu dengan melamar.

Namun alangkah baiknya jika kamu merenungkan beberapa hal ini sebelum menerima pinangan tersebut dan menikah. Hal apa sajakah itu? 

1. Apakah kamu siap untuk melepas pekerjaan suatu waktu?

5 Hal Penting yang Harus Kamu Renungkan sebelum Menerima LamaranPexels.com/Rawpixel.com

Menikah bukan berarti menjalani hari-hari penuh bahagia dan romantis saja bersama pasangan. Kamu akan dihadapkan dengan berbagai macam situasi tak terduga yang menguji keseriusan kamu dalam membangun rumah tangga. Apalagi kalau sudah memiliki anak, ada tanggung jawab yang bertambah dan pada saat situasi benar-benar genting.

Akankah kamu siap untuk melepaskan pekerjaan? Tentu saja kamu tidak bisa egois atau mementingkan diri sendiri seperti saat masih lajang.

2. Sudahkah kamu bahagia dan mencintai diri sendiri?

5 Hal Penting yang Harus Kamu Renungkan sebelum Menerima LamaranPexels.com/Alan Retratos

Hal kedua yang mesti kamu renungkan adalah apakah kamu sudah bahagia dengan hidupmu dan mencintai diri sendiri? Karena jangan sampai ketika sudah menikah nanti, kamu malah menyesal karena belum sepenuhnya siap dan puas menikmati masa muda. Maka dari itu sangat penting untuk kamu bahagia sebelum memutuskan menikah.

Baca Juga: 5 Ketakutan Ini Membuat Cewekmu Tak Kunjung Menerima Lamaran

3. Keyakinan pada pasangan

5 Hal Penting yang Harus Kamu Renungkan sebelum Menerima Lamaranpixabay.com/StockSnap

Salah satu poin penting dan berjalan baiknya suatu hubungan pernikahan ialah adanya keyakinan dan rasa percaya di antara pasangan. Karena menikah tidak cuma dijalani satu atau dua hari saja, jadi kamu harus benar-benar merenungkan hal ini. Jangan sampai kamu menerima lamarannya ketika kamu sendiri tidak yakin padanya.

4. Manajemen dalam rumah tangga

5 Hal Penting yang Harus Kamu Renungkan sebelum Menerima Lamaranpexels.com/emma bauso

Tidak hanya suatu perusahaan saja yang memerlukan sistem manajemen, tapi rumah tangga juga butuh hal itu. Hal ini perlu kamu pikirkan agar ke depannya kehidupan pernikahan kalian bisa lebih terstruktur dan tidak berantakan. Kamu dan dia harus tahu tugas dan kewajiban masing-masing.

5. Tujuan menikah

5 Hal Penting yang Harus Kamu Renungkan sebelum Menerima LamaranPexels.com/Freestocks.org

Lalu hal yang tak kalah penting untuk kamu renungkan sebelum menerima lamaran adalah tujuan kamu menikah. Jangan menikah karena kamu ingin dibahagiakan, karena jujur saja setiap pernikahan akan menghadapi kesulitan atau juga mungkin masa-masa krisis. Pastikan tujuanmu benar-benar kuat dan didasari dengan komitmen juga keyakinan. 

Dari beberapa hal penting yang sebaiknya kamu renungkan sebelum menikah ini, pastikan juga pasanganmu untuk mengetahuinya ya. Karena pernikahan itu perjalanan yang panjang dan harus dilalui bersama.

Baca Juga: Jangan Tolak Lamaran, Kalau Cowokmu Punya 8 Kualitas Ini

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya