Comscore Tracker

5 Hal yang Mestinya Tak Disembunyikan dari Pasanganmu setelah Menikah

Kalau disembunyikan justru malah bikin pasangan salah paham!

Ketika masih pacaran mungkin tidak apa-apa jika menyembunyikan satu atau dua hal dari pasangan dan menjadikannya privasi, namun berbeda ceritanya kalau sudah menikah. Suami dan istri baiknya saling terbuka, dan jangan sampai menyembunyikan hal yang bisa menimbulkan kesalah pahaman.

Pokoknya harus terbuka pada pasangan hidupmu, terutama beberapa hal di dalam pembahasan kali ini yang mestinya tak disembunyikan pada pasanganmu setelah menikah. Apa saja itu? Simak pembahasannya berikut ini.

1. Masalah di dalam keluarga

5 Hal yang Mestinya Tak Disembunyikan dari Pasanganmu setelah MenikahPexels.com/Alex Green

Masalah di dalam keluarga adalah hal pertama yang mestinya gak disembunyikan dari pasangan hidup. Entah itu masalah dengan saudara, orangtua, atau yang sedang dialami oleh keluarga besar. Ketika menikah maka pasanganmu pun secara otomatis menjadi bagian dari keluarga, jadi dia berhak tahu tentang hal-hal atau masalah yang terjadi di dalam keluargamu. Jika disembunyikan justru malah bisa melukai harga dirinya dan menimbulkan kesalah pahaman.

2. Utang yang ditanggung dan belum lunas

5 Hal yang Mestinya Tak Disembunyikan dari Pasanganmu setelah MenikahPexels.com/Karolina Grabowska

Hal kedua yang juga wajib diberitahukan pada pasangan setelah menikah dan gak boleh disembunyikan ialah perihal utang. Baik itu utang yang ditanggung maupun yang belum lunas, bahkan sebelum berutang pun harus didiskusikan dahulu bersama pasangan. Meski kamu mungkin mau menanggung utang itu sendiri namun hal ini juga melibatkan pasanganmu, sehingga gak boleh ditutup-tutupi atau akan menjadi konflik di kemudian hari.

3. Pendapatan dan pengeluaran

5 Hal yang Mestinya Tak Disembunyikan dari Pasanganmu setelah MenikahPexels.com/Karolina Grabowska

Pendapatan dan pengeluaran juga merupakan hal harus diberitahukan pada pasangan setelah menikah. Hal ini mencakup jenis pekerjaan yang dilakukan dalam mencari nafkah, berapa gaji yang diperoleh, dan pengeluaran apa saja yang dilakukan ketika di luar rumah. Dirimu baiknya tidak menutupi hal ini dari pasangan karena kalau suatu saat ada masalah terkait pekerjaan maka pasanganlah yang paling bisa menolong sebab ia yang harusnya paling tahu perihal dirimu. 

Baca Juga: 5 Film tentang Liku-liku Kehidupan Pernikahan, Syahdu hingga Memilukan

4. Masalah atau konflik di tempat kerja

5 Hal yang Mestinya Tak Disembunyikan dari Pasanganmu setelah MenikahPexels.com/Fauxels

Pasanganmu memang tidak ikut ke kantor dan membantumu bekerja, namun kamu harus memberitahu pasangan jika terjadi masalah di kantor apalagi jika hal itu melibatkanmu. Hal ini bisa menjadi salah satu topik pembicaraan saat ada kesempatan quality time bersama untuk didiskusikan. Karena bagaimanapun juga suami dan istri memang baiknya saling berbagi cerita dan menjadi teman hidup yang supportive pada satu sama lain, kan.

5. Rencana dan keputusan penting yang dibuat

5 Hal yang Mestinya Tak Disembunyikan dari Pasanganmu setelah MenikahPexels.com/Edmond Dantes

Lalu hal terakhir yang mestinya gak disembunyikan pada pasangan setelah menikah adalah tentang rencana dan keputusan penting yang dibuat. Baik itu perihal rumah tangga, pada keluarganya, atau terkait pekerjaan. Segala rencana dan keputusan yang dibuat baiknya dibicarakan dengan pasangan, sebab apapun dampak dan konsekuensinya ia juga akan terlibat di dalamnya.

Ketika menikah dan hidup bersama pasangan maka memang sudah semestinya untuk saling terbuka, dan beberapa hal tadi adalah lima hal yang mestinya saling diberitahukan dan terbuka pada pasangan dan gak boleh disembunyikan.

Baca Juga: 5 Tanda yang Tunjukkan jika Kamu Siap Membina Rumah Tangga Bersamanya

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya