Comscore Tracker

5 Hal Ini Wajib Kamu Pertimbangkan saat Mantan Minta Balikan

Pikir-pikir dulu dan jangan langsung mau!

Pernah menjalin hubungan spesial dengan seseorang tentu meninggalkan banyak kenangan ketika bersamanya di ingatanmu, entah itu indah atau buruk. Dan tak jarang ketika mengingat hubungan bersama mantan dulu menimbulkan rasa ingin kembali pacaran lagi. Lalu bagaimana jika tiba-tiba mantan datang dan mengatakan ingin balikan denganmu?

Jangan terlalu senang dulu, tak peduli seberapa banyaknya kenangan indahmu bersamanya, ada beberapa hal yang wajib kamu jadikan pertimbangan untuk menerima ajakannya untuk balikan atau tidak. Pokoknya jangan asal mau, dan simak dulu lima poinnya di bawah ini.

1. Tingkat kepercayaanmu padanya

5 Hal Ini Wajib Kamu Pertimbangkan saat Mantan Minta BalikanIlustrasi pasangan (pexels.com/Katerina Holmes)

Hal utama yang harus kamu pertimbangkan ialah tentang tingkat kepercayaanmu padanya. Kepercayaan merupakan dasar atau fondasi sebuah hubungan, jadi kalau kamu sama sekali tak bisa mempercayainya lagi, maka tak usah memaksakan diri untuk balikan. Dan dia pun tak bisa menuntutmu untuk mempercayainya.

2. Prospek hidup dan hubungan untuk masa depan jika bersamanya

5 Hal Ini Wajib Kamu Pertimbangkan saat Mantan Minta BalikanIlustrasi keluarga (pexels.com/Vlada Karpovich)

Hubungan itu bukan cuma berisi cinta-cintaan saja, tapi juga harus mempertimbangkan soal prospek masa depan dan hubungan bersama. Sebab waktu terus berputar, dan sudah tak sepantasnya untuk main-main, termasuk soal cinta dan hubungan. Maka dari itulah kamu gak boleh sembarangan menerima mantan yang datang minta balikan, karena kalau gak ada prospek masa depan yang jelas ya lebih baik tidak usah.

Baca Juga: 5 Tips biar Gak Terobsesi Balikan dengan Mantan yang Masih Kamu Cintai

3. Kecocokan pribadinya denganmu

5 Hal Ini Wajib Kamu Pertimbangkan saat Mantan Minta BalikanIlustrasi pasangan (pexels.com/Samson Katt)

Lalu tingkat kecocokannya dengan pribadimu juga merupakan salah satu hal yang wajib kamu pertimbangkan kalau mantan minta balikan. Alasannya, hubungan baru berjalan baik jika bersama orang yang mampu memahamimu. Entah itu dari segi chemistry, kecocokan dalam sifat dan kepribadian, atau bahkan passion yang sama. Jika menurutmu dia adalah orang yang paling bisa memahamimu dan membuatmu betah, maka tak ada salahnya memberi mantan kesempatan untuk kembali.

4. Seberapa supportive dirinya padamu

5 Hal Ini Wajib Kamu Pertimbangkan saat Mantan Minta BalikanIlustrasi pasangan (pexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas)

Mulai dari mendukung mimpimu, perubahan diri, hingga hal-hal lainnya yang sudah semestinya menjadi hal yang didukung oleh pasangan. Kalau dia sangat supportive, dan mau berusaha menunjukkan bentuk dukungannya terhadap hal baik di hidupmu maka tak masalah jika balikan.

Tapi kalau dia cuma mementingkan diri sendiri dan cenderung acuh dalam memberi support pada hal-hal di hidupmu, lebih baik tidak usah balikan saja. Sebab hubungan itu mestinya membuat satu sama lain merasakan positifnya sosok pendamping.

5. Jenis masalah yang membuat kalian putus sebelumnya

5 Hal Ini Wajib Kamu Pertimbangkan saat Mantan Minta BalikanIlustrasi pasangan (pexels.com/Cottonbro)

Terakhir, jika mantanmu minta balikan maka kamu pun patut memikirkan kembali penyebab mengapa kalian putus dulu. Sebab ada masalah yang masih bisa ditoleransi dan dimaafkan, namun ada pula yang tak termaafkan dan sama sekali tak bisa ditoleransi kesalahannya. Karena saat balikan, ada kemungkinan bahwa masalah tersebut bakal terulang kembali, jadi jangan main-main soal ini. 

Tidak ada larangan perihal balikan dengan mantan, akan tetapi ada baiknya untuk mempertimbangkan beberapa hal tadi jika mantan memohon minta balikan denganmu. Intinya, jangan sembarangan dan asal mau saja, ya. 

Baca Juga: 7 Tanda Artinya Kamu Belum Siap Berteman dengan Mantan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya