Comscore Tracker

5 Kesalahan yang Merusak Persahabatan, Kelihatan Sepele tapi Fatal!

Banyak orang gak sadar

Bisa menemukan orang yang benar-benar sehati layaknya sahabat adalah suatu keberuntungan besar, tapi meskipun beruntung bukan berarti dirimu bisa lengah hingga melakukan kesalahan yang merusak persahabatan. Jika ada hal yang bisa memperkuat suatu hubungan, maka ada pula hal yang membuat hubungan tersebut retak dan hancur.

Contohnya seperti beberapa kesalahan yang akan kita bahas kali ini, kelihatannya mungkin sepele hingga sering tak disadari orang lain, namun di balik itu justru bisa sampai merusak persahabatan. Sepele tapi fatal, kesalahan yang seperti apa sajakah itu? Yuk simak pembahasannya lebih lanjut!

1. Menuntut sahabat untuk selalu mengerti kondisimu

5 Kesalahan yang Merusak Persahabatan, Kelihatan Sepele tapi Fatal!Pexels.com/Keira Burton

Kesalahan pertama yang bisa merusak persahabatanmu ialah jika adanya tuntutan bagi sahabat untuk selalu mengerti kondisimu. Terlepas dari apa tujuanmu dalam bersahabat, namun menuntut orang untuk selalu mengerti itu egois banget, lho.

Karena persahabatan mestinya saling mengerti satu sama lain, bukan hanya satu pihak saja yang mesti dimengerti dan dipedulikan. Sahabatmu juga bisa saja malah jadi malas bersahabat denganmu jika dirinya dituntut seperti itu yang membuatnya tertekan.

2. Adanya tuntutan kuat untuk total membantu di kala kesulitan

5 Kesalahan yang Merusak Persahabatan, Kelihatan Sepele tapi Fatal!Pexels.com/RODNAE Productions

Saat mengalami kesulitan banyak orang cenderung lengah dan membuat kesalahan, termasuk kesalahan tentang menuntut sahabat untuk total bantu menyelesaikan masalahmu. Sebab tidak semua orang bisa langsung membantumu secara spontan, dan tidak seharusnya pula jika dirinya dituntut atau dipaksa, apalagi jika harus total membantumu yang sedang kesulitan.

Persahabatanmu bisa rusak dengan kesalahan ini, bikin sahabat jadi gak nyaman dan mengubah makna saling membantu di dalam persahabatan yang mestinya dilakukan dengan ikhlas tapi malah dipaksa.

3. Lupa batasan ketika dekat dengan pasangannya

5 Kesalahan yang Merusak Persahabatan, Kelihatan Sepele tapi Fatal!Pexels.com/Keira Burton

Kesalahan ketiga yang juga bisa merusak persahabatan ialah jika lupa batasan ketika dekat dengan pasangan sahabat. Mengenalkan pacar ke sahabat merupakan hal yang lumrah, bahkan menyenangkan sekali rasanya jika sahabat dan pacar bisa akrab.

Tapi kalau keakrabannya terlalu jauh dan kelewat batas, tentu malah jadi masalah. Persahabatan gak cuma rusak karena kecemburuan, tapi juga dugaan pengkhianatan.

Baca Juga: 7 Tanda Kamu Berada dalam Persahabatan yang Sehat, Bersyukurlah!

4. Gak mendengarkannya dengan serius ketika bicara

5 Kesalahan yang Merusak Persahabatan, Kelihatan Sepele tapi Fatal!Pexels.com/Alexander Suhorucov

Mereka mendengarkanmu dengan serius ketika bicara, tapi kamu malah sama sekali tak menyimak ketika sahabatmu bicara, ini adalah kesalahan keempat yang bisa merusak persahabatan. Pertama, sikap tersebut menandakan bahwa kamu kurang menghargainya, dan dampaknya bisa membuatnya jadi menjauh dan memilih untuk mencari sahabat baru yang bisa lebih mengerti dan menghargainya. 

5. Bercanda dengan mengejek keluarganya di hadapan orang lain

5 Kesalahan yang Merusak Persahabatan, Kelihatan Sepele tapi Fatal!Pexels.com/Ketut Subiyanto

Kita semua tahu kalau gak semua hal gak bisa dijadikan bahan candaan, terutama perihal keluarga. Dan kesalahan terakhir yang merusak persahabatan ialah jika kamu bercanda atau mengejek keluarga sahabatmu di hadapan orang lain, niatnya mungkin cuma bercanda dan gak serius menjelekkan, tapi siapa pun pasti tersinggung kalau keluarganya diejek, kan. Selain itu sikapmu juga sama sekali gak sopan meski pada sahabat sendiri.

Sedekat apa pun hubunganmu dengan sahabat jangan sampai lengah dan melakukan lima kesalahan tadi, ya. Bisa-bisa persahabatanmu hancur dan berantakan.

Baca Juga: 5 Tips Menjalin Persahabatan dengan Virgo, Dijamin Bakal Langgeng!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya