Comscore Tracker

Pilih Pasangan dengan 5 Kriteria Ini Kalau Mau Pernikahan yang Dewasa

Karena kedewasaan hubungan itu juga tergantung pasangan

Melangkah ke jenjang yang serius yaitu pernikahan tentu tidak bisa dijalani dengan sembarangan dalam memilih pasangan. Karena sejatinya perlu kedewasaan lebih untuk bisa menjalani kehidupan pernikahan, dan untuk itu kamu membutuhkan pasangan hidup yang tepat.

Tapi kalau menginginkan pernikahan yang dewasa apakah ada kriteria khusus perihal pasangan yang harus dicari? Tentu ada, dan berikut ini adalah beberapa kriteria dalam memilih pasangan jika ingin pernikahan yang dewasa. 

1. Open minded untuk menerima kritik dan saran

Pilih Pasangan dengan 5 Kriteria Ini Kalau Mau Pernikahan yang Dewasailustrasi pasangan (pexels.com/Mikhail Nilov)

Kalau kamu menginginkan hubungan pernikahan yang benar-benar serius dan dewasa maka pilihlah seseorang yang sanggup untuk itu. Salah satunya ialah sanggup bersikap dewasa dalam menerima kritik dan saran.

Yang mana dalam menjalani pernikahan pasti ada saat-saat di mana kalian saling berbeda pendapat dan mengkritik satu sama lain, dan membutuhkan kedewasaan untuk tidak bertengkar gara-gara ini. Dengan kata lain, penting banget untuk memilih pasangan yang open minded dalam menerima kritik dan saran. 

2. Tanggung jawabnya harus benar-benar kuat

Pilih Pasangan dengan 5 Kriteria Ini Kalau Mau Pernikahan yang Dewasailustrasi pasangan (pexels.com/Cottonbro)

Kedua, pilihlah pasangan yang memiliki tingkat tanggung jawab yang besar kalau mau hubungan pernikahan yang dewasa. Bisa dibilang kalau bisa atau tidaknya seseorang memegang tanggung jawab adalah suatu hal yang menentukan tingkat kedewasaannya.

Dengan keteguhannya dalam memegang tanggung jawab membuat pernikahanmu dengan dia jadi berjalan dengan baik. Sebab baik kamu dan juga dia paham dengan peran dan tanggung jawab dalam rumah tangga, tanpa ada tuntutan ataupun tekanan pada satu sama lain. 

Baca Juga: 5 Alasan Cowok Lebih Mempersiapkan Kehidupan Pernikahan Daripada Pesta

3. Emosinya stabil

Pilih Pasangan dengan 5 Kriteria Ini Kalau Mau Pernikahan yang Dewasailustrasi pasangan bicara (pexels.com/August de Richelieu)

Jika dirimu menginginkan pernikahan yang harmonis dan juga dewasa, maka penting untuk memilih pasangan yang emosionalnya stabil. Dengan kata lain, ia bisa mengendalikan emosinya dengan baik dan tidak bertindak impulsif.

Karena yang namanya pernikahan pasti ada saja masalah dan cobaannya, dan bakalan susah banget dijalani kalau bersama pasangan yang emosinya meledak-ledak. Bukannya masalah terselesaikan, malah bisa semakin runyam kalau emosi pasangannya tidak stabil seperti dirimu. 

4. Bijak dalam pengaturan keuangan

Pilih Pasangan dengan 5 Kriteria Ini Kalau Mau Pernikahan yang Dewasailustrasi pasangan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Yang namanya menjalani kehidupan bersama dalam pernikahan tentu tidak lepas dari kebutuhan sehari-hari, dan untuk hal ini sangat penting untuk memilih pasangan yang pandai mengatur keuangan. Mulai dari pemasukan, pengeluaran, penyimpanan, hingga dana darurat dan investasi jangka panjang.

Karena disadari atau tidak, bijak atau tidaknya seseorang dalam mengatur uang juga menunjukkan kedewasaannya, lho. Sebab di dalam rumah tangga pasti akan dihadapi dengan permasalahan keuangan juga. 

5. Baik problem solving-nya

Pilih Pasangan dengan 5 Kriteria Ini Kalau Mau Pernikahan yang Dewasailustrasi pasangan (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Terakhir, kriteria dalam memilih pasangan kalau menginginkan pernikahan yang dewasa ialah yang memiliki kemampuan problem solving yang baik. Yang mana setiap ada masalah ataupun kendala dalam rumah tangga mau menyelesaikannya bersama dan secara baik-baik.

Misalnya dengan membicarakan masalah bersama dengan diskusi dan saling tukar pikiran secara mendalam. Supaya dapat menemukan jalan keluar terbaik atas masalah yang terjadi, dan inilah yang namanya penikahan yang dijalani dengan dewasa.

Intinya, kalau mau menjalani pernikahan yang dewasa pastikan kamu memilih pasangan yang memang pribadinya sanggup dan matang untuk menikah, ya. Supaya dia mempunyai kualitas diri yang dewasa juga dalam menghadapi berbagai lika-liku persoalan dalam rumah tangga. 

Baca Juga: 5 Kesalahan Komunikasi yang Buat Pernikahan Jadi Terasa Membosankan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya