Comscore Tracker

5 Kunci Berhubungan dengan Pasangan yang Lebih Tua dan Dewasa

Pasti banyak yang butuh saran ini #IDNTimesLife

Bicara soal cinta, semua orang di dunia ini berhak jatuh cinta dan menjalin hubungan dengan siapa saja. Rentang perbedaan usia bukan menjadi penghalang dua insan yang telah dimabuk asmara.

Tak jarang memang suatu hubungan dijalani oleh pasangan yang memiliki perbedaan usia cukup jauh. Semua itu semata-mata adalah karena cinta.

Namun, hal ini bukannya hadir tanpa konsekuensi. Ada banyak perbedaan yang perlu disatukan antara satu sama lain dalam hubungan yang memiliki rentang perbedaan usia cukup jauh.

Tapi semua itu bukan sesuatu yang mustahil untuk dilakukan, kok! Pokoknya ingat saja lima kunci berikut ini agar hubunganmu bisa langgeng dan sukses.

1. Tahu bagaimana membawa diri ketika bertemu orang terdekatnya

5 Kunci Berhubungan dengan Pasangan yang Lebih Tua dan Dewasailustrasi keluarga (pexels.com/Askar Abayev)

Kunci yang pertama jika ingin sukses berhubungan dengan pasangan yang lebih tua dan dewasa adalah, kamu harus tahu bagaimana membawa diri ketika bertemu orang-orang terdekatnya. Hal ini perlu dilakukan karena biasanya orang dewasa sudah gak suka main-main lagi dalam menjalin hubungan.

Ia ingin pasangannya mampu menyesuaikan diri dan masuk ke ruang lingkup kehidupannya, termasuk juga lingkaran pertemanan dan keluarga. Bersikaplah sama dewasanya dengan dia agar dirimu dianggap pantas bersanding dengannya. Jangan malah manja dan kekanak-kanakan ketika berada di depan orang-orang terdekatnya.

2. Tidak mendramatisir masalah di dalam hubungan

5 Kunci Berhubungan dengan Pasangan yang Lebih Tua dan DewasaIlustrasi pasangan (pexels.com/RODNAE Productions)

Kunci yang kedua adalah tidak mendramatisir masalah yang terjadi di dalam hubungan. Jika pasanganmu lebih tua dan dewasa, maka kamu pun sebaiknya juga bisa mengimbanginya dengan bersikap lebih dewasa.

Salah satunya caraanya ialah dengan tidak membesar-besarkan konflik kecil yang terjadi di dalam hubungan, apalagi kalau sampai mendramatisir. Karena orang dewasa paling malas kalau dirinya dibuat capek dengan sikap kekanak-kanakan pasangannya. Jadi, kalau ada masalah kecil lebih baik segera diselesaikan saja dan jangan dibikin ribet.

Baca Juga: 5 Cara Membahagiakan Pasangan yang Bahasa Cintanya Berupa Tindakan

3. Mengimbangi dari sisi kematangan emosional

5 Kunci Berhubungan dengan Pasangan yang Lebih Tua dan Dewasailustrasi pasangan (pexels.com/Dziana Hasanbekava)

Semakin bertambahnya usia seseorang, maka kematangan di dalam dirinya pun juga akan ikut meningkat. Kunci yang ketiga kalau berhubungan dengan pasangan yang lebih tua dan dewasa adalah mengimbangi dari segi kematangan emosional.

Hal ini bisa dimulai dari bagaimana kamu mampu mengendalikan emosi. Kamu harus sudah bisa tidak gampang terpancing oleh orang lain dan mampu menghadapi konflik-konflik yang terjadi dengna tenang dan pikiran yang terbuka. Hal ini juga sangat bermanfaat untuk kalian dapat memahami satu sama lain.

4. Tidak berusaha mendominasi hubungan

5 Kunci Berhubungan dengan Pasangan yang Lebih Tua dan DewasaIlustrasi pasangan (pexels.com/Alex Green)

Sangat penting buat kamu yang sedang menjalin hubungan dengan yang lebih tua dan dewasa untuk tidak berusaha mendominasi hubungan. Dalam hal ini, bukan berarti kamu mesti menjadi pihak yang didominasi, lho ya!

Setidaknya jalinlah hubungan yang memuat unsur kesetaraan di dalamnya. Selain itu, terjadinya pendominasian dalam sebuah hubungan menandakan jika hubungan tersebut sudah tidak sehat lagi.

5. Selaras dalam berkomunikasi

5 Kunci Berhubungan dengan Pasangan yang Lebih Tua dan Dewasailustrasi pasangan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Milikilah keselarasan komunikasi dengannya. Hal ini sangat penting terutama bagi pasangan yang berbeda usia dan tingkat kedewasaannya.

Perbedaan adalah hal yang wajar dalam suatu hubungan dengan perbedaan usia yang cukup jauh. Komunikasi menjadi faktor penting dalam menyelaraskan perbedaan yang tidak bisa dihindari itu.

Karena komunikasi yang tepat juga akan membantu kamu menyelesaikan banyak masalah di dalam hubungan serta membangun hubungan yang sehat untuk satu sama lain.

Berhubungan dengan seseorang yang lebih tua dan dewasa memang terlihat agak sulit. Namun, jika kamu berhasil melakoninya seperti lima tips di atas, niscaya hubunganmu bisa bertahan lama dan akan langgeng selamanya.

Baca Juga: 5 Tanda Orang yang Belum Siap untuk Menjalin Hubungan, Jangan Dipaksa

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya