Comscore Tracker

5 Pertanda Buruk Hubunganmu Dipenuhi Emotionally Abusive, Toxic! 

Kamu harus sadar dengan tanda-tanda buruk ini 

Pada awal menjalin hubungan tentu berharap bahwa hubungan itu bisa berjalan dengan sehat dan baik, namun kita tidak pernah bisa mengendalikan apa yang terjadi dalam proses hubungan itu. Tapi kamu tetap bisa melihat dari tanda-tandanya kok, tanda apakah hubunganmu masih berjalan dengan sehat atau justru malah jadi toxic. Berhubungan dengan itu, kali ini kita akan membahas beberapa tanda buruk yang menunjukkan bahwa hubunganmu dipenuhi emotionally abusive dan juga toxic. Simak baik-baik ya!

1. Dia membuatmu merasa bodoh dan tak berguna 

5 Pertanda Buruk Hubunganmu Dipenuhi Emotionally Abusive, Toxic! Pexels.com/Engin Akyurt

Mempertanyakan kegunaan serta kepintaranmu saat menjalin hubungan menjadi tanda buruk pertama bahwa pasangan membuatmu merasa bodoh dan tak berguna. Memang bukan melukai secara fisik, namun menyerang mental serta emosionalmu lho.

2. Kamu merasa menjadi penyebab segala masalah dalam hubungan 

5 Pertanda Buruk Hubunganmu Dipenuhi Emotionally Abusive, Toxic! Pexels.com/Cottonbro

Pertanda buruk lainnya yang menunjukkan bahwa hubunganmu dipenuhi emotionally abusive ialah ketika kamu merasa menjadi penyebab segala masalah di dalam hubungan. Dia selalu berlagak sebagai korban hingga membuatmu terus merasa bersalah. Kalau tak segera disadari bisa-bisa kamu menjadi budak dalam hubungan itu.

3. Hubungan memenjarakanmu dari dunia luar 

5 Pertanda Buruk Hubunganmu Dipenuhi Emotionally Abusive, Toxic! Pexels.com/Ba Tik

Hubungan bagaikan penjara yang memerangkap dirimu hingga tidak mengakses dunia luar. Jika merasakannya kamu pasti bisa langsung menyadari tanda buruk ini, bahwa hubunganmu penuh dengan sikap-sikap toxic dan posesif berlebihan sampai-sampai kamu kehilangan hak untuk merasa bebas. Sebab hubungan yang baik gak bakal memenjarakan seseorang.

Baca Juga: Segera Kabur, 6 Tanda Kamu Terjebak dalam Abusive Relationship 

4. Terus bertengkar sampai kamu harus sangat hati-hati dan tertekan 

5 Pertanda Buruk Hubunganmu Dipenuhi Emotionally Abusive, Toxic! Pexels.com/Cottonbro

Pertengkaran dan mood swing dalam relationship merupakan hal yang wajar, gak ada orang yang bisa menghindari serta mengendalikan hal itu. Namun hal ini menjadi pertanda buruk bahwa hubungan dipenuhi kekerasan emosional dimana kamu dan pasangan terus saja bertengkar, bahkan pada hal kecil sampai-sampai kamu harus ekstra hati-hati supaya keadaan tak semakin buruk.

5. Dituntut untuk memprioritaskan hubungan serta pasangan di atas segalanya 

5 Pertanda Buruk Hubunganmu Dipenuhi Emotionally Abusive, Toxic! Pexels.com/Cottonbro

Adanya tuntutan untuk memprioritaskan hubungan serta pasangan di atas segalanya dalam hidupmu, maka itulah tanda buruknya kalau hubunganmu tidak baik dijalani. Karena dia selalu mau diutamakan, bahkan tak peduli jika kamu kehilangan banyak hal berharga asal dia yang menjadi perhatian utamamu. Selain toxic, hubungan seperti ini juga sangat egois.

Emotionally abusive sangatlah berbahaya jika terus dibiarkan begitu saja, jadi kenalilah beberapa tanda tadi agar kamu tidak terjebak di dalam hubungan rusak dan toxic ya.

Baca Juga: 6 Langkah Penting untuk Kamu yang Sadar Terjebak Abusive Relationship

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya