Comscore Tracker

5 Risiko jika Kamu Ghosting & Meninggalkan Pasangan Tanpa Penjelasan

Kamu dicap sebagai sosok yang tak punya etika 

Setiap pasangan memiliki alasan yang berbeda-beda saat memutuskan mengakhiri hubungan, begitu pula dengan cara putusnya yang juga berbeda-beda. Akan tetapi dari banyaknya jenis cara orang mengakhiri hubungan, bisa dibilang yang paling menyakiti hati ialah jika ditinggalkan begitu saja tanpa adanya penjelasan, apalagi jika tiba-tiba menghilang alias ghosting.

Selain gak dewasa, perlu diketahui bahwa menyakiti hati seseorang apalagi jika tega pergi meninggalkannya begitu saja tentu ada risikonya. Kamu harus terima jika dibenci, dan kamu juga harus terima jika dicap sebagai orang yang tak tahu etika. Pokoknya, beberapa risikonya ada dalam pembahasan di bawah ini.

1. Adanya rasa bersalah yang menghantui hidupmu

5 Risiko jika Kamu Ghosting & Meninggalkan Pasangan Tanpa PenjelasanPexels.com/Alex Green

Orang yang terbiasa playboy mungkin tak merasakan hal ini, namun hal ini pasti terjadi pada orang yang pernah mencintai dengan tulus. Kamu tahu dia akan sedih jika ditinggal begitu saja, namun dirimu tetap pergi meninggalkannya, bahkan tanpa memberi alasan serta penjelasan yang masuk akal. Perbuatan burukmu ini akan terus teringat dan membuat hati sesak disebabkan rasa bersalah.

2. Hidupmu gak bakal tenang karena dia menuntut penjelasan

5 Risiko jika Kamu Ghosting & Meninggalkan Pasangan Tanpa PenjelasanPexels.com/Keira Burton

Risiko yang lainnya ialah, dia mungkin bakal terus mencarimu demi menuntut penjelasan. Entah itu mencari lewat sosial media, melalui teman-temanmu, atau mendatangi langsung ke rumah. Karena bisa dibilang tidak ada seorang pun yang pantas ditinggalkan begitu saja apalagi jika dia tulus mencintaimu selama menjalin hubungan. Harga dirinya terluka oleh perbuatanmu, dan hidupmu tak akan tenang dengan dia yang terus mengejarmu demi penjelasan dan maaf.

Baca Juga: 5 Perbedaan Mendasar Orang Serius dan Cuma Ghosting, Awas Beda Tipis!

3. Harus terima jika dia sakit hati dan demdam padamu

5 Risiko jika Kamu Ghosting & Meninggalkan Pasangan Tanpa PenjelasanPexels.com/RODNAE Productions

Perlu dipahami bahwa kamu harus menghargai dan hati-hati dalam memperlakukan orang lain, termasuk pasangan. Karena jika kamu bersikap sembarangan apalagi dengan sengaja ghosting dan meninggalkan tanpa penjelasan, maka tak ada yang tahu bisa sampai semengerikan apa kemarahan dan dendamnya kepadamu. Jadi ketika kamu meninggalkannya kamu pun juga harus siap dengan dia yang sakit hati, sebab dia memang pantas marah.

4. Citra dirimu menjadi buruk di mata orang-orang

5 Risiko jika Kamu Ghosting & Meninggalkan Pasangan Tanpa PenjelasanPexels.com/Keira Burton

Karena pada dasarnya perbuatan yang kamu lakukan memang tak beretika dan tak menghargai perasaannya, orang-orang memandangmu buruk, bahkan dia yang kamu tinggalkan bisa saja menyebarkan perilaku burukmu itu di media sosial sehingga citramu semakin rusak. Risikonya tak main-main, kan.

5. Karma buruk menantimu di masa depan

5 Risiko jika Kamu Ghosting & Meninggalkan Pasangan Tanpa PenjelasanPexels.com/Alex Green

Meski tidak ada kepastian bakal terjadi kapan, akan tetapi kita semua tahu bahwa apa yang kamu tanam maka itu pula yang akan kamu tuai. Jadi jika kamu menyakiti pasangan dengan tega meninggalkannya begitu saja maka siap-siaplah dengan karma buruk yang menantimu di masa depan. Bisa jadi kamu yang gantian diperlakukan seperti itu oleh pacar baru, atau hal-hal lain yang mempersulit hidupmu.

Jika menjalin hubungan kamu mulai dengan baik-baik maka saat mengakhirinya pun mestinya dengan baik-baik pula. Jangan malah pergi begitu saja dengan tega dan tanpa penjelasan apa-apa, karena seperti dalam pembahasan tadi, risikonya bahkan tak main-main!

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Boleh Ghosting Orang Lain, Gak Melulu Soal Cinta

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya