Comscore Tracker

Kesiapan Pasanganmu untuk Menikah Bisa Dilihat dari 5 Hal Ini, Lho!

Supaya kamu tahu sudah sesiap apa dia untuk berumah tangga

Pernikahan adalah satu peristiwa istimewa dalam hidup seseorang yang hanya terjadi satu kali dalam hidup, maka dari itu kita pun juga harus memilih pasangan yang tepat dan benar-benar siap untuk diajak menjadi teman hidup setelah menikah. Jika sudah memiliki pasangan, maka kamu harus melihat tingkat kesiapannya untuk menikah.

Akan tetapi bagaimana cara melihatnya? Gampang kok, kamu bisa melihat kesiapan pasanganmu dari lima hal di bawah ini, simak baik-baik ya!

1. Pembawaan dirinya saat berhadapan dengan orang yang lebih tua dan anak-anak

Kesiapan Pasanganmu untuk Menikah Bisa Dilihat dari 5 Hal Ini, Lho!Pexels.com/Askar Abayev

Hal pertama yang akan menunjukkan kesiapannya untuk menikah ialah, bisa kamu lihat dari bagaimana pembawaan dirinya ketika berhadapan dengan orang yang lebih tua dan anak-anak. Apakah ia sabar menghadapi orang tua dan bijaksana dalam menanggapi anak-anak? Karena hal ini penting jika kamu berniat membangun sebuah keluarga bersamanya.

2. Kematangan dalam pengendalian diri dan emosi

Kesiapan Pasanganmu untuk Menikah Bisa Dilihat dari 5 Hal Ini, Lho!Pexels.com/Kelvin Valerio

Kesiapan pasanganmu untuk menikah juga bisa dilihat dari hal kedua ini, yaitu kematangan pribadinya dalam mengendalikan diri dan emosi. Kematangan ini juga akan menunjukkan kedewasaannya, karena kalau dia belum bisa mengendalikan dirinya sendiri dan belajar dewasa maka tentu saja dia belum siap untuk menikah.

Baca Juga: Gawat! Ketergantungan Emosional pada Pasangan Bisa Merusak Hubungan

3. Kedewasaannya dalam berpikir

Kesiapan Pasanganmu untuk Menikah Bisa Dilihat dari 5 Hal Ini, Lho!Pexels.com/Mentatdgt

Kedewasaannya dalam berpikir menjadi tolok ukur ketiga perihal kesiapan pasanganmu untuk menikah. Karena seperti yang kita tahu bahwa pernikahan tidak berisi hal-hal menyenangkan saja, dan butuh kedewasaan untuk membina rumah tangga di dalam pernikahan. Jadi kalau pola pikirnya sudah dewasa maka itu artinya dia pun sudah siap untuk diajak menikah.

4. Kesiapan finansial dan pekerjaannya

Kesiapan Pasanganmu untuk Menikah Bisa Dilihat dari 5 Hal Ini, Lho!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Menikah berarti akan hidup bersama, nah menjalani kehidupan setelah menikah tentunya perlu biaya dan kemampuan finansial yang cukup. Maka dari itulah salah satu kesiapan pasanganmu untuk menikah juga dilihat dari kemampuan finansial serta pekerjaannya. Intinya, kalau belum siap maka tidak perlu dipaksakan untuk cepat-cepat menikah.

5. Kesanggupannya dalam memegang tanggung jawab

Kesiapan Pasanganmu untuk Menikah Bisa Dilihat dari 5 Hal Ini, Lho!Pexels.com/Cottonbro

Terakhir, kesiapan pasanganmu untuk menikah bisa dilihat dari bagaimana ia memegang tanggung jawab. Kalau dia sanggup menjaga tanggung jawabnya maka dia pun juga akan sanggup berkomitmen. Karena pernikahan tanpa adanya kemampuan dalam memegang tanggung jawab bisa jadi berantakan, maka dari itulah hal ini sangat penting untuk kamu lihat sebelum menikah.

Itulah tadi beberapa hal yang bisa kamu jadikan acuan untuk melihat kesiapan pasangan untuk menikah. Pokoknya, menikahlah kalau kalian berdua sudah benar-benar siap ya!

Baca Juga: 5 Cara Menghindari Perdebatan Sepele dengan Pasangan, Diskusikan!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya