Comscore Tracker

5 Tanda Kalau Pasanganmu Benar-benar Introspeksi & Berubah Lebih Baik

Dia sungguh menyesal dan serius dalam memperbaiki diri

Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, begitupun pasanganmu sendiri. Makanya wajar bila pasanganmu melakukan suatu kesalahan saat kalian menjalin hubungan. Akan tetapi dibanding menyudutkan dan terlalu menghakimi, yang terpenting adalah dia tahu letak kesalahannya dan mau introspeksi serta berubah menjadi lebih baik.

Lalu bagaimanakah melihat apakah pasanganmu benar-benar introspeksi diri dan bersungguh-sungguh berubah? Untuk itu kita membahas lima tanda yang menunjukkan kesungguhannya. Yuk simak!

1. Dia merenungi kesalahannya dan tahu dampak dari perbuatannya

5 Tanda Kalau Pasanganmu Benar-benar Introspeksi & Berubah Lebih BaikPexels.com/Andrea Piacquadio

Tandanya yang pertama kalau pasanganmu benar-benar berubah jadi lebih baik dan intropeksi diri ialah, ia merenungi kesalahannya dan menyadari dampak dari perbuatannya. Dia mungkin melakukannya tanpa berpikir panjang, tapi yang terpenting adalah dia belajar dari apa yang ia lakukan dan tahu akibat serta risiko dari hal yang ia lakukan. Dengan begitu ia tidak akan sembarangan lagi di lain waktu.

2. Total menjauhi hal-hal yang berpotensi membuatnya jadi buruk

5 Tanda Kalau Pasanganmu Benar-benar Introspeksi & Berubah Lebih BaikPexels.com/Andrea Piacquadio

Tanda selanjutnya kalau pasanganmu telah introspeksi dan serius mengubah diri menjadi lebih baik yaitu, dia total menjauhi hal-hal yang bisa memengaruhinya untuk melakukan perbuatan itu lagi. Baik itu pergaulan yang buruk, lingkungan toxic, atau bahkan kebiasaan buruknya yang sering membuatnya tanpa sadar melakukan hal yang salah padamu. 

Baca Juga: 5 Cara Berkompromi dengan Pasangan yang Beda Usia Jauh dari Kamu

3. Ada sikap tegas pada dirinya sendiri untuk benar-benar berubah

5 Tanda Kalau Pasanganmu Benar-benar Introspeksi & Berubah Lebih BaikPexels.com/Andrea Piacquadio

Kemudian, kamu pasti bisa melihat adanya sikap tegas dari pasanganmu pada dirinya untuk benar-benar berubah. Di sikap tegasnya itulah menunjukkan kalau dia bersungguh-sungguh dalam introspeksi diri.

Berusaha memperbaiki yang salah, menghilangkan hal-hal buruk di dalam dirinya, dan konsisten untuk tidak mengulang perbuatan yang sama. Dan kamu patut salut pada usaha keras pasanganmu ini, lho.

4. Dia menjaga dan menghargai perasaanmu dengan kesungguhan

5 Tanda Kalau Pasanganmu Benar-benar Introspeksi & Berubah Lebih BaikPexels.com/iPrice Group

Lalu tandanya yang keempat ialah adanya kesungguhannya dalam menjaga dan menghargai perasaanmu. Dari kesalahan dan perbuatan yang ia pernah ia lakukan, dirinya belajar untuk menghargaimu dengan lebih baik. Tidak apa-apa jika melakukannya secara perlahan, yang penting kamu juga menghargai usahanya dalam memperbaiki diri.

5. Dari sikapnya kelihatan kalau dia mau menjadi yang terbaik untukmu

5 Tanda Kalau Pasanganmu Benar-benar Introspeksi & Berubah Lebih BaikPexels.com/Andrea Piacquadio

Kelima, kalau kamu ingin tahu apakah pasanganmu benar-benar introspeksi diri dan berubah, mestinya kamu dapat melihat dari sikapnya yang berusaha menjadi yang terbaik untukmu. Mulai dari tidak mengulang kesalahan yang sama, meningkatkan kualitas diri, hingga berusaha menjadi pasangan yang bisa kamu banggakan. Kamu bisa melihatnya dari hal-hal kecil sampai perubahan besar dalam pribadinya.

Sebagai manusia biasa tentu pasanganmu pun tak luput dari kesalahan, dan yang terpenting adalah dia introspeksi diri dan berubah menjadi lebih baik. Kalau ragu, lihatlah tanda-tandanya dari pembahasan tadi, ya! 

Baca Juga: 5 Tanda Awal Kamu Telah Menemukan Soulmate yang Tepat sebagai Pasangan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya