Comscore Tracker

5 Tanda Pertemananmu Sudah di Tahap Paling Nyaman untuk Saling Terbuka

Berteman dengan nyaman itu memang ada tandanya sendiri

Menjalin kedekatan dan berteman dengan orang di sekitar kamu tentu sudah menjadi suatu hal yang harus dilakukan sebagai makhluk sosial. Namun pastinya tidak semua pertemanan terasa nyaman dan membuat kamu bisa saling terbuka, bahkan semakin bertumbuh dewasa maka circle pertemanan juga mengecil.

Tapi tetap ada tandanya lho kalau pertemananmu itu sudah di tahap paling nyaman atau tidak untuk bisa saling terbuka. Berikut ini lima tanda di antaranya.

1. Tidak menyembunyikan kelemahan

5 Tanda Pertemananmu Sudah di Tahap Paling Nyaman untuk Saling TerbukaPexels.com/Elle Hughes

Tanda pertama yang menunjukkan pertemananmu sudah berada di tahap paling nyaman ialah saat kalian sudah tak saling menyembunyikan kelemahan lagi. Sebab tidak ada kekhawatiran tentang salah satu yang berkhianat jika saling terbuka.

2. Saling tukar rahasia

5 Tanda Pertemananmu Sudah di Tahap Paling Nyaman untuk Saling TerbukaPexels.com/Tirachard Kumtanom

Tanda berikutnya ialah baik kamu maupun temanmu, kalian tidak masalah dengan berbagi rahasia. Menjaga rahasia satu sama lain yang tidak diketahui oleh orang lain. Ini adalah bukti kalau pertemananmu sudah masuk di tahap paling nyaman hingga bisa melakukan itu. 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Teman Kamu Secara Perlahan Mulai Menjauh, Cepat Sadar!

3. Masuk ke keluarga satu sama lain

5 Tanda Pertemananmu Sudah di Tahap Paling Nyaman untuk Saling TerbukaPexels.com/Daria Shevtsova

Lalu tanda lainnya adalah ketika saling masuk dan berbaur dengan keluarga satu sama lain. Dalam hubungan apapun yang kamu jalin dengan seseorang, keluarga tetaplah ruang pribadi yang pastinya tidak sembarangan orang kamu persilakan masuk. 

4. Gak asal judge satu sama lain

5 Tanda Pertemananmu Sudah di Tahap Paling Nyaman untuk Saling TerbukaPexels.com/Bruce Mars

Kemudian kalian juga tidak asal judge pada satu sama lain. Bisa merasakan perasaan nyaman itu pasti punya alasan di baliknya, bisa jadi kalian sudah saling mengerti pribadi masing-masing dan apapun yang terjadi tidak akan menimbulkan perlakuan toxic.  Segalanya dibicarakan bersama untuk menghindari salah paham atau asal tuduh.

5. Bisa tahu kondisinya cuma dari gestur dan ekspresi

5 Tanda Pertemananmu Sudah di Tahap Paling Nyaman untuk Saling TerbukaPexels.com/Fauxels

Dan tanda terakhir adalah kamu bisa tahu bagaimana perasaan dan kondisinya hanya dengan melihat dari gestur ataupun ekspresi wajahnya. Karena sudah saling nyaman dan memahami itulah kamu jadi sudah bisa mengerti tanpa harus bicara. Tidak ada basa-basi menanyakan keadaan, namun lebih kepada memberikan perlakuan hangat yang membuat perasaannya jadi lebih baik.

Itulah beberapa tanda jika pertemananmu sudah berada di tahap paling nyaman untuk bisa saling terbuka. Nah, pertemananmu sudah di tahap ini belum?

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Teman Cerewet Pantas Disebut Teman Idaman

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya