Comscore Tracker

5 Tanda Sudah Waktunya Hubunganmu Berakhir dan Ikhlas Melepaskan Dia

Kalau sudah terlalu buruk, dipertahankan pun jadinya percuma

Saat menjalin hubungan dengan seseorang tentu kita ingin langgeng dan selama-lamanya bersama kekasih, namun apa yang terjadi di masa depan tentu tidak bisa dikendalikan. Apakah hubungan itu menjadi lebih buruk atau tetap baik-baik saja.

Namun kembali lagi, bahwa sekuat apapun usahamu dalam mempertahankan hubungan, jika tidak membaik sama sekali maka kamu pun harus peka terhadap tanda yang menunjukkan kalau sudah waktunya bagimu mengakhiri hubungan dan ikhlas melepaskan dia. Yuk simak lima tandanya di bawah ini!

1. Hubungan kalian sudah tak ada bahagianya lagi dan hanya diisi pertengkaran

5 Tanda Sudah Waktunya Hubunganmu Berakhir dan Ikhlas Melepaskan DiaPexels.com/Cottonbro

Tanda pertama yang menunjukkan bahwa sudah waktunya hubunganmu berakhir dan harus bisa ikhlas melepaskan dia ialah jika hubungan kalian sudah tidak ada bahagianya lagi dan hanya diisi pertengkaran saja. Itu artinya hubungan tersebut sudah mencapai batas maksimal, sebab kedua belah pihak sama-sama sudah merasa tidak nyaman. Jadi daripada dipaksakan lebih baik putus saja, kan.

2. Dia berulangkali melakukan kesalahan fatal dengan sengaja

5 Tanda Sudah Waktunya Hubunganmu Berakhir dan Ikhlas Melepaskan DiaPexels.com/Alex Green

Tanda lainnya yang menunjukkan kalau sudah waktunya hubunganmu putus dan harus ikhlas melepaskan dia adalah jika dia dengan sengaja mengulangi kesalahan fatal. Entah itu perselingkuhan atau yang lainnya, karena itu artinya dia tidak belajar dari kesalahan, dan hanya akan menyakitimu saja kalau terus memaksakan hubungan itu berlanjut.

Baca Juga: 7 Kalimat Minta Putus Paling Klise, Lupain Mantan, Waktunya Move On

3. Dia minta dilepaskan olehmu dan ingin bebas

5 Tanda Sudah Waktunya Hubunganmu Berakhir dan Ikhlas Melepaskan DiaPexels.com/Alex Green

Ketiga, jika pasanganmu sudah berulangkali minta agar dilepaskan maka itu juga merupakan pertanda kalau hubunganmu harus segera berakhir. Kamu tidak bisa memaksakan seseorang untuk berada di sisimu kalau dia sendiri tidak mau, jadi sebaiknya ikhlaskan saja dia pergi dan lepaskanlah dia.

Karena sekuat apapun kamu berusaha mempertahankan seseorang, hatinya tetap tidak kamu kendalikan dan paksakan.

4. Terlalu banyak orang yang ikut campur dan menginginkan kalian pisah

5 Tanda Sudah Waktunya Hubunganmu Berakhir dan Ikhlas Melepaskan DiaPixabay.com/Free Photos

Kalau sudah terlalu banyak orang yang ikut campur hubungan kalian dan membawa pengaruh toxic maka hal itu juga menjadi tanda kalau sudah waktunya hubunganmu berakhir, apalagi kalau mereka semua sepakat untuk memisahkan dia darimu. Itu berarti kamu sangat tidak diinginkan untuk masuk ke dalam hidupnya. Kalau sudah seperti itu maka lebih baik lepaskan saja, daripada meneruskannya tapi malah membuatmu terkucil.

5. Orangtuanya tidak juga memberi restu meski kamu serius dan sangat memperjuangkannya

5 Tanda Sudah Waktunya Hubunganmu Berakhir dan Ikhlas Melepaskan DiaPexels.com/Cottonbro

Kelima, sudah waktunya bagi hubunganmu untuk berakhir dan ikhlas melepaskan dia jika kamu sudah sangat berjuang dan serius namun tetap tidak mendapatkan restu dari orangtuanya. Kamu harus tahu batasan dalam memperjuangkan seseorang, jangan sampai malah kamu jadi kehilangan segalanya dan berjuang sendiri. Lagipula, melepaskan cinta yang telah kamu perjuangkan bukan berarti kamu kalah, kok.

Itulah tadi beberapa tanda bahwa sudah waktunya bagimu untuk mengakhiri hubungan dan ikhlas melepaskan dia. Jangan memaksakan hubungan yang tidak bisa dipertahankan lagi.

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Buru-Buru Menjalin Hubungan Setelah Hatimu Dipatahkan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya