Comscore Tracker

5 Tips Berteman dengan Lawan Jenis Tanpa Bikin Baper & Berharap Lebih

Kamu mesti tahu batasan supaya gak bikin orang baper

Kita semua tahu kalau tidak ada batasan dalam pertemanan, baik itu dari segi usia ataupun gender. Akan tetapi meskipun begitu ada sebagian orang yang menghindari berteman dekat dengan lawan jenis dengan alasan takut membuatnya baper dan seolah memberi harapan untuk hubungan yang lebih dari teman.

Nah, jika kamu mengkhawatirkan hal itu mungkin bisa menggunakan beberapa tips berikut ini untuk berteman dengan lawan jenis tanpa memberi mereka harapan. Yuk simak!

1. Jangan merayu atau menggodanya yang bisa memancing salah paham

5 Tips Berteman dengan Lawan Jenis Tanpa Bikin Baper & Berharap LebihPexels.com/Samson Katt

Hal pertama yang perlu diingat sebagai tips berteman dengan lawan jenis ialah, jangan pernah memberikan rayuan atau menggodanya yang bisa membuatnya salah paham. Karena pada dasarnya orang bisa baper dan berharap lebih itu ada sebabnya, dan kamu perlu menjaga batasan pada hal ini. Tidak apa-apa jika dia menganggap godaanmu sebagai candaan, tapi kamu juga gak boleh berlebihan atau dia bisa salah paham.

2. Hang out bersama sewajarnya saja

5 Tips Berteman dengan Lawan Jenis Tanpa Bikin Baper & Berharap LebihPexels.com/William Fortunato

Namanya berteman tentu menghabiskan waktu bersama sangatlah wajar, tapi jangan sampai kamu terus-terusan bersamanya bahkan hampir setiap hari dan setiap waktu. Kalau kamu gak menjaga batas kebersamaan kalian, bisa-bisa bukan dia saja yang salah paham dan berharap lebih, orang-orang di sekitar juga bisa salah paham dengan mengira kalian pacaran.

Baca Juga: 5 Tanda Kawanmu Tidak Tulus Berteman, Makan Hati!

3. Gak perlu menuruti semua permintaannya, nanti dia bisa berpikir bahwa kamu menganggapnya spesial

5 Tips Berteman dengan Lawan Jenis Tanpa Bikin Baper & Berharap LebihPexels.com/Keira Burton

Kamu boleh-boleh saja membantu dan melakukan kebaikan pada teman lawan jenis, akan tetapi juga perlu digaris bawahi bahwa kamu gak perlu menuruti semua permintaannya atau dia bisa mengira bahwa dirinya spesial untukmu. Intinya jangan terlalu baik, cukup bersikap biasa saja dan jangan patuh padanya selayaknya kekasih atau gebetan. Karena dia bakal menganggap bahwa sikapmu adalah sinyal positif untuk dia berharap lebih padamu.

4. Perlakukan dia dengan sama seperti kamu pada teman-teman lainnya

5 Tips Berteman dengan Lawan Jenis Tanpa Bikin Baper & Berharap LebihPexels.com/Andrea Piacquadio

Kalau mau berteman dengan lawan jenis maka perlu diingat tipsnya yang keempat, yaitu perlakukan dia dengan sama seperti kamu memperlakukan teman-teman yang lain. Sebab kalau perlakuanmu sama dan gak ada yang bermakna istimewa, dia juga bakal menganggap bahwa dirinya hanya sekedar teman bagimu. Jadi kalau kamu ramah dan baik padanya maka pada yang lainnya juga kamu seperti itu juga.

5. Pastikan kalau semua perlakuanmu padanya bersifat friendly

5 Tips Berteman dengan Lawan Jenis Tanpa Bikin Baper & Berharap LebihPexels.com/Keira Burton

Dan terakhir, selain harus bersikap sama seperti pada teman-teman yang lain, kamu juga harus memastikan kalau sikapmu padanya bersifat friendly. Karena sikap yang friendly itu berbeda dengan sikap kepada orang yang disukai dan juga pasangan.

Dan sangat penting bagimu untuk mengerti perbedaannya dan tidak membuatnya berharap lebih, karena kasihan dia kalau sampai baper gara-gara dirimu yang tidak tahu bagaimana bersikap friendly dalam berteman.

Dengan tips-tips tadi kamu gak perlu khawatir lagi untuk berteman dengan lawan jenis, dan bisa menjalin pertemanan yang sehat tanpa ada yang baper atau salah paham oleh sikapmu. 

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Hati Biar Tidak Mudah Baper dengan Seseorang

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya