Comscore Tracker

Akhiri Pertemananmu Jika 5 Sikap Buruk Ini Kerap Kamu Terima

Karena tidak ada gunanya bertahan dalam pertemanan toxic

Kita semua pasti memiliki teman, namun apakah kita sudah benar dalam memilih pertemanan kita? Karena dalam hidup ini ada teman yang baik namun ada juga yang berpengaruh buruk dan harus kita jauhi. Tapi tidak usah panik, karena kalau temanmu buruk maka pasti ada tanda-tandanya.

Seperti pembahasan kali ini yang menganjurkanmu untuk segera mengakhiri pertemananmu jika beberapa sikap buruk kerap kamu terima. Apa sajakah sikap buruk itu? Simak lima di antaranya berikut ini, ya.

1. Ceritamu diabaikan

Akhiri Pertemananmu Jika 5 Sikap Buruk Ini Kerap Kamu TerimaPexels.com/Christina Morillo

Sikap buruk yang pertama ialah dia mengabaikan ceritamu. Suatu hal yang wajar bila kita ingin berbagi cerita tentang keseharian atau juga momen tertentu pada teman, namun jika dia cuek, tidak peduli atau bahkan mengabaikanmu saat bercerita maka kamu pasti sakit hati, kan? Itu benar-benar sikap yang buruk dalam pertemanan karena menunjukkan betapa ia tidak menghargaimu. 

2. Kekerasan fisik dalam bercanda

Akhiri Pertemananmu Jika 5 Sikap Buruk Ini Kerap Kamu TerimaPexels.com/Pixabay.com

Ada banyak jenis candaan di dunia ini, namun sebagian orang tampaknya masih salah dalam memahami candaan yang melibatkan fisik. Nah, jika temanmu melakukan kekerasan fisik padamu dengan alasan bahwa yang dilakukannya cuma karena bercanda, maka lebih baik kamu cepat mengakhiri pertemanan itu. Kamu layak untuk mendapatkan teman yang memperlakukanmu dengan lebih baik.

3. Body shaming

Akhiri Pertemananmu Jika 5 Sikap Buruk Ini Kerap Kamu TerimaPexels.com/Trinity Kubassek

Body shaming dalam pertemanan sama sekali bukanlah hal yang baik, dan tidak bagus untuk kamu pertahankan. Karena berteman dengan orang-orang yang mengkritik fisikmu dengan cara negatif, cepat atau lambat akan berpengaruh buruk untukmu. Kamu jadi tidak mencintai dirimu sendiri dan kehilangan kepercayaan diri.

Baca Juga: Bukannya Baik, 5 Tipe Teman Ini Justru Meracuni Kesehatan Mentalmu

4. Manipulasi

Akhiri Pertemananmu Jika 5 Sikap Buruk Ini Kerap Kamu TerimaPexels.com/Jonathan Borba

Jangan mau dimanipulasi oleh teman, meskipun dia adalah teman yang menemanimu sejak kecil. Karena bukan suatu hal yang baik jika di dalam pertemananmu justru kamu kerap dimanipulasi. Bukannya tulus ingin bersamamu, temanmu itu mungkin cuma mau menfaatkanmu saja.

5. Diskriminasi

Akhiri Pertemananmu Jika 5 Sikap Buruk Ini Kerap Kamu TerimaPexels.com/Daria Shevtsova

Lalu kamu juga sebaiknya mengakhiri pertemananmu jika kamu kerap menerima sikap diskriminasi di dalamnya. Dibeda-bedakan, tidak diperlakukan adil, atau bahkan dikucilkan oleh yang lain. Pertemanan yang memperlakukanmu seperti ini sama sekali gak worth it untuk dipertahankan.

Itulah beberapa sikap buruk yang mestinya membuatmu sadar dan segera mengakhiri pertemananmu. Percayalah bahwa kamu layak untuk mendapat teman yang bisa memperlakukanmu dengan baik, jadi jangan terjebak dalam circle yang salah, ya.

Baca Juga: 5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapat Jika Akrab dengan Teman-teman Pasangan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya