Comscore Tracker

5 Akibat Kamu Memaksa Pasangan untuk Menikah Muda

Rumah tangga bisa kacau karena kalian belum siap

Ada banyak sekali orang yang baru beranjak dewasa ingin menikah muda, tujuan dan niatnya pun berbeda-beda. Kalau kedua belah pihak sudah sama-sama siap tentunya tidak apa-apa, tapi bagaimana jika pasanganmu justru belum siap.

Kalau kondisinya seperti itu, yang mana kamu sudah kebelet nikah muda tapi pasanganmu tidak, memaksa dan membujuknya untuk mau nikah mungkin bisa saja. Tapi kamu juga harus tahu akibatnya kalau memaksa pasangan untuk mau menikah muda, berikut ini lima akibatnya!

1. Ada banyak masalah yang bisa jadi pemicu permintaan cerai nantinya

5 Akibat Kamu Memaksa Pasangan untuk Menikah MudaIlustrasi pasangan bertengkar(pexels.com/Keira Burton)

Ketika seseorang belum siap menikah tapi kamu bujuk-bujuk dan paksa untuk mau nikah muda, maka akibatnya yang pertama ialah dia bisa sangat rentan ketika menghadapi masalah dalam pernikahan yang bisa berujung pada permintaan cerai. Ada masalah yang berat sedikit minta cerai, ancamannya pisah dan cerai, yang ada kehidupan rumah tangga malah gak dijalani dengan tulus lagi. Karena kesiapan seseorang untuk menikah gak bisa dipaksakan.

2. Bergantung dan manja

5 Akibat Kamu Memaksa Pasangan untuk Menikah MudaIlustrasi pasangan(pexels.com/Budgeron Bach)

Namanya saja sudah nikah muda, tentu yang menikah masih muda dan baru beranjak dewasa. Yang mana akibatnya adalah bakal ada salah satu pihak yang mungkin bakal bergantung dan manja, apalagi kalau menikahnya karena dipaksa pasangan. Bisa-bisa seumur hidup harus berdedikasi padanya dan dia pun mendominasi rumah tangga.

3. Dia gak tahu berbuat apa ketika rumah tangga mengalami krisis

5 Akibat Kamu Memaksa Pasangan untuk Menikah MudaIlustrasi pasangan bertengkar(pexels.com/Alex Green)

Menikah muda memang enak, bisa asyik pacaran setiap hari dan bersenang-senang karena sama-sama masih muda. Awalnya memang menyenangkan, tapi pernikahan kan gak hanya berisi senang-senang saja, ada masalah serta krisis yang pastinya dialami di dalam pernikahan. Dan kalau pasanganmu memang belum siap menikah tapi kamu paksa untuk mau, maka dia bakalan bingung dan gak tahu bagaimana cara menghadapi krisis rumah tangga bersamamu nantinya. Sama sekali gak bisa membantu apa-apa.

Baca Juga: 5 Pertimbangan Orangtua Kenapa Tak Mengizinkan Anaknya Nikah Muda

4. Gak bisa mendidik anak dengan baik karena kurangnya pemahaman dan kesiapan parenting

5 Akibat Kamu Memaksa Pasangan untuk Menikah MudaIlustrasi orangtua stres(pexels.com/Keira Burton)

Memaksa pasangan untuk mau menikah muda juga bahaya karena dia pasti belum membekali diri dengan pengetahuan parenting. Akibatnya, dia gak tahu bagaimana mendidik anak dan menjadi sosok orangtua yang baik. Logikanya, masa muda memang bukan masanya memikirkan parenting, kan? Yang mana biasanya masih suka main dan mengejar mimpi. Jadi jangan kaget kalau dia nantinya gak tahu apa-apa soal menjadi orangtua yang baik.

5. Cepat bosan dengan kehidupan pernikahan

5 Akibat Kamu Memaksa Pasangan untuk Menikah MudaIlustrasi pasangan(pexels.com/Ba Tik)

Akibatnya yang kelima, nikah muda memang awalnya menyenangkan, tapi kalau gak dibarengi dengan niat dan komitmen yang kuat maka pasangan pun bisa cepat bosan nantinya, apalagi kalau nikahnya dipaksa. Karena sifat seseorang ketika masih muda rata-rata seperti itu, masih suka mencari tahu banyak hal, bersenang-senang, gonta-ganti pacar. Dan kehidupan pernikahan yang dijalani dengan satu orang dengan monoton bisa bikin dia cepat bosan, dan hal inilah yang bisa memicu perselingkuhan karena ia ingin mencari kesenangan dari orang lain.

Menikah muda itu boleh, tapi pastikan kalau pasanganmu siap untuk diajak nikah muda. Karena kalau dipaksakan bisa saja malah berakibat seperti yang ada dalam pembahasan tadi. Kamu gak mau, kan?

Baca Juga: 5 Risiko yang Menghantui Kalau Kamu Nikah Siri

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya