Comscore Tracker

5 Akibatnya Kalau Memaksakan Hubungan Meski Sudah Tak Saling Percaya

Hubungan jadi gak tenang dan berisi banyak kecurigaan 

Rasa cinta memang menjadi kunci paling utama dalam sebuah hubungan, akan tetapi ada hal lainnya juga yang gak kalah pentingnya dengan kehadiran cinta yaitu kepercayaan. Kepercayaan dalam hubungan itu harus dibangun dan dijaga dengan baik kalau mau langgeng dan bahagia.

Akan tetapi bagaimana jika kamu dan pasangan sudah tak saling percaya namun tetap mempertahankan hubungan? Memaksakan hubungan seperti ini tentu ada risikonya, dan berikut ini adalah lima akibat yang bisa terjadi. Simak baik-baik ya!

1. Semua celah bisa menimbulkan kecurigaan

5 Akibatnya Kalau Memaksakan Hubungan Meski Sudah Tak Saling PercayaPexels.com/Ketut Subiyanto

Akibatnya yang pertama kalau kamu dan pasangan memaksakan hubungan meski sudah tak saling percaya ialah semua celah berpotensi besar menimbulkan kecurigaan. Entah itu celah berupa salah paham, kesalahan kecil, ataupun kurang terbukanya satu sama lain perihal suatu hal.

Hal-hal seperti ini pasti memunculkan rasa curiga kalau kalian sudah tak saling percaya. Padahal sebenarnya hal itu hanyalah celah kecil yang masih bisa ditoleransi.

2. Tidak memiliki perasaan aman untuk satu sama lain

5 Akibatnya Kalau Memaksakan Hubungan Meski Sudah Tak Saling PercayaPexels.com/Thiszun

Kemudian akibatnya yang kedua kalau hubungan tetap dipaksakan bertahan meski sudah tidak ada kepercayaan ialah baik dirimu ataupun dia sama-sama tidak memiliki perasaan aman. Kamu tidak merasa aman ketika bersamanya, ada saja hal yang melintas di pikiranmu sehingga membuatmu waspada. Padahal harusnya menjalin hubungan bisa memberikan rasa aman dan nyaman, kan?

Baca Juga: 5 Cara Mengembalikan Kepercayaan Pasangan yang Kecewa Padamu

3. Perasaan cinta semakin terkikis bahkan bisa sampai hilang rasa

5 Akibatnya Kalau Memaksakan Hubungan Meski Sudah Tak Saling PercayaPexels.com/Cottonbro

Cinta masih bisa tumbuh jika ada kepercayaan, namun jika tidak ada kepercayaan maka secara perlahan rasa cinta pun akan terkikis dan hilang. Bahwa pelan-pelan kamu kehilangan alasan untuk bersamanya. Dan kalau keduanya sudah sama-sama hilang, maka untuk apa lagi hubungan tetap dipaksakan bertahan? Sebab bagian terpentingnya sudah tidak ada.

4. Tidak pernah merasa tenang

5 Akibatnya Kalau Memaksakan Hubungan Meski Sudah Tak Saling PercayaPexels.com/Cottonbro

Mau mengakuinya atau tidak, kita bahkan bisa merasa tenang bersama dengan orang baru jika kita percaya padanya. Maka dari itu kalau hubungan sudah kehilangan kepercayaan maka kalian pun tidak akan merasa tenang di dalamnya. Bahkan kalian mungkin gak bakal betah menghabiskan waktu bersama lama-lama.

5. Jadi lebih mudah bertengkar dan menyudutkan

5 Akibatnya Kalau Memaksakan Hubungan Meski Sudah Tak Saling PercayaPexels.com/Vera Arsic

Lalu akibatnya yang kelima ialah tentu saja kalian menjadi lebih mudah bertengkar dan menyudutkan satu sama lain jika sudah tak saling percaya. Saling menyalahkan dan memperebutkan posisi siapa yang benar dan salah. Intinya, hubungan tidak lagi terasa menyenangkan dan lebih membuat kalian sama-sama capek.

Cinta dan kepercayaan itu ibarat satu paket yang sangat penting di dalam hubungan, maka kalau kepercayaan hilang beberapa akibat tadi pun bisa saja terjadi jika kamu tetap memaksakan hubungan.

Baca Juga: Sepele Sih, tapi 5 Hal Ini Bikin Kamu Susah Dapat Kepercayaan Pasangan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya