Comscore Tracker

5 Akibatnya kalau Salah Paham dengan Pasangan Dibiarkan Berlarut-larut

Suatu saat bisa memicu masalah yang lebih besar, lho

Adanya salah paham dalam suatu hubungan adalah hal yang wajar, baik itu hubungan pertemanan atau bahkan hubungan asmara. Meskipun wajar, bukan berarti dibiarkan begitu saja, karena sekecil apa pun salah pahammu dengan pasangan akan lebih baik jika langsung diluruskan dan diselesaikan.

Lalu apa yang terjadi kalau kamu membiarkan salah paham itu sampai berlarut-larut? Di bawah ini akan dibahas lima akibat di antaranya, jadi simak baik-baik penjelasannya.

1. Salah paham yang berlarut-larut bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman

5 Akibatnya kalau Salah Paham dengan Pasangan Dibiarkan Berlarut-larutPexels.com/Ketut Subiyanto

Akibat yang pertama ialah bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman di dalam hubungan. Interaksi di antara kalian bisa berubah canggung, atau bahkan dampak terburuknya ialah perlahan-lahan menciptakan jarak di antara kalian.

2. Sulit menjaga kepercayaan jika masih ada hal yang belum terselesaikan

5 Akibatnya kalau Salah Paham dengan Pasangan Dibiarkan Berlarut-larutPexels.com/Vera Arsic

Salah paham merupakan masalah yang terjadi di dalam hubungan, akan tetapi kalau tidak segera diselesaikan tentu membuat rasa kepercayaan luntur. Entah salah satu pihak saja yang merasakannya atau justru keduanya. Makanya bahaya banget kalau sampai dibiarkan berlarut-larut, apalagi kepercayaan merupakan kunci utama dalam hubungan.

3. Suatu saat bisa memicu masalah yang lebih besar

5 Akibatnya kalau Salah Paham dengan Pasangan Dibiarkan Berlarut-larutPexels.com/Fauxels

Percaya atau tidak, salah paham yang dibiarkan begitu saja suatu saat bisa menjadi pemicu timbulnya masalah yang lebih besar lho. Karena jika sudah ada sedikit kecurigaan, kesalahan kecil pun bisa menjadi masalah besar yang membahayakan hubungan. Kamu tentu tidak mau bertengkar hebat dengan pasangan di masa depan, kan?

Baca Juga: 5 Masalah yang Pasti Muncul Kalau Kamu Pacaran dengan Orang Lebih Tua

4. Memperburuk komunikasi karena salah satu pihak bisa menyimpan curiga

5 Akibatnya kalau Salah Paham dengan Pasangan Dibiarkan Berlarut-larutPexels.com/Cottonbro

Tidak adanya keterbukaan dan usaha untuk meluruskan salah paham dengan pasangan tentu membuat salah satu pihak jadi menyimpan curiga. Sebab hal itu tidak langsung diselesaikan dan dibiarkan sampai berlarut-larut, akibatnya komunikasi di dalam hubungan pun jadi buruk. Tidak sebaik dulu sebelum terjadi salah paham.

5. Yang tadinya damai malah bisa jadi sering bertengkar kalau masih ada salah paham

5 Akibatnya kalau Salah Paham dengan Pasangan Dibiarkan Berlarut-larutPexels.com/Fauxels

Dan akibatnya yang terakhir kalau salah paham tidak segera diselesaikan ialah adanya perubahan signifikan dalam hubungan. Yang tadinya hubungan kalian damai dan jarang bertengkar kini menjadi penuh masalah dan sering bertengkar. Semua itu gara-gara tidak adanya penyelesaikan dari salah paham yang terjadi dan membiarkannya begitu saja. 

Salah paham mungkin kelihatannya sepele, namun akibatnya bisa sangat fatal bagi hubungan jika tidak dibiarkan berlarut-larut. Maka dari itu jangan sampai kamu meremehkan kesalahpahaman dengan pasangan, ya! 

Baca Juga: Jangan Baper Dulu, 5 Tanda Dia Maunya Temenan Bukan Pacaran

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya