Comscore Tracker

5 Alasan Buruknya Komunikasi Jadi Akar dari Segala Masalah Hubungan

Gak heran kalau komunikasi itu sangat penting dalam hubungan

Kamu pasti sering mendengar tips-tips hubungan yang mengatakan bahwa komunikasi dengan pasangan itu sangat penting, dan menjadi salah satu kunci langgengnya sebuah hubungan. Pernyataan itu sangatlah benar, sebab tanpa adanya komunikasi yang baik maka hubungan yang terjalin tak akan membahagiakan kedua pihak.

Lagipula buruknya komunikasi dengan pasangan juga bisa jadi akar atau sumber berbagai masalah di dalam hubungan, berikut ini adalah lima alasannya. Simak ya!

1. Buruknya komunikasi bisa menimbulkan kecurigaan

5 Alasan Buruknya Komunikasi Jadi Akar dari Segala Masalah HubunganPexels.com/Cottonbro

Buruknya komunikasi dapat menyebabkan masalah di dalam hubungan karena bisa membuat kecurigaan jadi lebih gampang timbul. Entah disebab kurangnya komunikasi dengan pasangan, atau memang cara berkomunikasinya yang buruk, namun hal itu sama saja karena bikin kamu atau pasanganmu cenderung menaruh rasa curiga terhadap satu sama lain.

2. Kurangnya pemahaman tentang satu sama lain

5 Alasan Buruknya Komunikasi Jadi Akar dari Segala Masalah HubunganPexels.com/Ketut Subiyanto

Buruknya komunikasi juga menyebabkan berbagai masalah di dalam hubungan karena pemahaman kalian sangat minim untuk satu sama lain, gak bisa saling memberi pengertian karena memang gak paham tentang pribadi pasangannya. Kan pemahaman dimulai dari komunikasi yang baik.

Baca Juga: 8 Keterampilan Komunikasi untuk Pasangan Menikah Bahagia Sampai Tua

3. Tidak pernah terlibat obrolan berkualitas

5 Alasan Buruknya Komunikasi Jadi Akar dari Segala Masalah HubunganPexels.com/Cottonbro

Memiliki komunikasi yang buruk dengan pasangan juga berdampak pada tidak pernahnya kamu terlibat obrolan yang berkualitas dengan pasangan, dan hal itu pelan-pelan akan menimbulkan rasa bosan. Sebab hubungan yang kalian jalani jadi seperti terasa hambar dan kurang bermakna.

4. Ikatan perasaan pun jadi renggang

5 Alasan Buruknya Komunikasi Jadi Akar dari Segala Masalah HubunganPexels.com/Polina Zimmerman

Alasan lainnya mengapa komunikasi buruk dapat menciptakan masalah dalam hubungan adalah karena hal itu akan membuat ikatan perasaan pun jadi renggang. Komunikasi kalian pasti kurang, dan hal itu membuat kamu dan dia jadi berjarak perasaannya, tidak menyatu dan benar-benar erat pada satu sama lain. Bukankah bakal mengundang banyak masalah?

5. Sebenarnya komunikasi itu kunci rasa nyaman

5 Alasan Buruknya Komunikasi Jadi Akar dari Segala Masalah HubunganPexels.com/Cottonbro

Dan alasan terakhir mengapa banyak masalah yang bisa timbul jika komunikasimu buruk dengan pasangan adalah karena komunikasi itu sebenarnya kunci rasa nyaman. Jika dengan pasangan saja tidak merasa nyaman tentu akan membuka peluang untuk selingkuh, atau mungkin jadi lebih sering bertengkar sebab semuanya terasa serba salah.

Jika selama ini kamu bertanya-tanya mengapa komunikasi itu sangat penting dalam hubungan, maka pahamilah lima alasan di atas yang menjelaskan bahwa buruknya komunikasi bisa jadi sumber berbagai masalah dalam hubungan. Intinya, baik-baiklah dalam menjaga komunikasi dengan pasangan ya.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Bisa Komunikasi Telepati dengan Pasanganmu, Paham Banget!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya