Comscore Tracker

5 Alasan Jaga Pasangan Sewajarnya Saja & Gak Perlu Sampai Mengekang

Karena menjaga pasangan bukan berarti membatasi hidupnya

Menjaga pasangan saat menjalin hubungan memang perlu dilakukan, sebab hal itu menjadi salah satu cara menunjukkan rasa cinta dan sayangmu padanya. Akan tetapi dalam menjaga sebenarnya juga memiliki batasan lho, menjaga pasangan bukan berarti harus sampai posesif dan membatasi hidupnya.

Namun harus dilakukan sewajarnya saja dan gak perlu sampai mengekang, mengapa begitu? Lima alasannya akan dibahas di bawah ini. Pahami baik-baik ya.

1. Kalau dijaga terlalu ketat justru malah bikin pasangan mau lari, lho

5 Alasan Jaga Pasangan Sewajarnya Saja & Gak Perlu Sampai MengekangPexels.com/Andrea Piacquadio

Alasan pertama kenapa menjaga pasangan baiknya sewajarnya saja ialah karena kalau dijaga terlalu ketat bahkan sampai mengekang justru malah bisa bikin pasangan lari, lho. Menjalin hubungan kan bukan untuk dikekang dan ia jelas merasa tidak bebas dan jika semakin lama semakin kamu kekang yang ada malah ia berkeinginan lepas darimu.

2. Dia gak bakal pergi darimu asal dicintai dan dijaga dengan benar

5 Alasan Jaga Pasangan Sewajarnya Saja & Gak Perlu Sampai MengekangPexels.com/Vasyl Potochnyi

Sebenarnya, asal kamu benar-benar menjaga pasangan dengan baik dan mencintainya pasti gak bakal pergi darimu, jadi harusnya kamu tenang saja dan menjaga dia dengan sewajarnya. Karena yang posesif dan mengekang pasangan biasanya orang yang toxic dan takut ditinggal gara-gara merasa dirinya buruk. Kalau kamu memperlakukannya dengan baik mestinya tenang saja, kan.

Baca Juga: 5 Problem Ini Kerap Dihadapi Pasangan Kekasih yang Sudah Lama Hubungan

3. Menjaga juga ada batasannya lho, gak boleh berlebihan

5 Alasan Jaga Pasangan Sewajarnya Saja & Gak Perlu Sampai MengekangPixabay.com/Pexels.com

Alasan yang ketiga mengapa menjaga pasangan lebih baik sewajarnya saja ialah karena menjaga juga ada batasannya lho. Menjaga itu berarti melindungi orang yang kita sayang dan memastikannya tetap aman dan nyaman, kalau melewati batasan berarti sudah berubah menjadi posesif yang justru merampas kebebasan pasangan. Intinya gak perlu sampai berlebihan dan wajar-wajar saja kalau menjaga pasangan.

4. Kalau sudah saling percaya tentu tidak perlu sampai mengekang, kan?

5 Alasan Jaga Pasangan Sewajarnya Saja & Gak Perlu Sampai MengekangPexels.com/Andrea Piacquadio

Selain cinta, sebuah hubungan juga membutuhkan kepercayaan. Lalu jika memang kamu dan dia sudah saling percaya bukankah gak perlu sampai berlebihan dalam menjaga? Karena kalau saling percaya harusnya tenang saja, bahkan kalau bisa cuma menjaganya dari jauh saja demi tetap nyaman. Dia bisa menjaga dirinya sendiri dan tidak akan pergi darimu, begitu juga kamu.

5. Agar kenyamanan dalam hubungan tetap terjaga

5 Alasan Jaga Pasangan Sewajarnya Saja & Gak Perlu Sampai MengekangPexels.com/Ketut Subiyanto

Lalu alasannya yang terakhir adalah agar kenyamanan dalam hubungan kalian tetap terjaga. Sangat penting untuk tidak melewati batasan dalam menjaga pasangan, baik kamu dan dia jadi sama-sama menghargai dan mempercayai satu sama lain. Bahkan gak perlu sampai mengekang segala untuk menjaga semuanya tetap baik-baik saja. Dia tidak membatasi hidupmu, kamu pun tidak membatasi hidupnya, dan sebenarnya itulah cara menjalin hubungan yang sehat.

Sebagai tanda cinta, menjaga pasangan saat menjalin hubungan itu memang perlu. Akan tetapi seperti lima alasan tadi yang sudah menjelaskannya, akan lebih baik jika tahu batasan dan tidak perlu sampai mengekang. Setuju?

Baca Juga: 5 Tanda yang Buktikan Pasangan Benar-benar Cinta dan Ingin Menikahimu

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya