Comscore Tracker

5 Alasan Logis Kamu Gak Boleh Membenarkan Sikap Teman yang Salah

Sebab teman yang baik harus saling mengingatkan, kan?

Saat menjalin pertemanan atau persahabatan dengan seseorang pasti ada sifat atau kepribadian satu sama lain yang kurang cocok, atau mungkin kurang baik menurut kamu atau dia. Jika dihadapkan dalam situasi seperti itu sebagian orang memilih untuk tetap membela atau membenarkan perbuatan temannya meski salah, tapi sebaiknya jangan begitu.

Pertemanan yang baik bukan berarti harus selalu berpihak pada teman, namun bisa saling mengingatkan antara satu saka lain agar hubungan itu baik. Dan berikut ini ada lima alasan logis mengapa kamu gak boleh membenarkan sikap teman yang salah, simak ya.

1. Kalau dibenarkan dia malah jadi terbiasa

5 Alasan Logis Kamu Gak Boleh Membenarkan Sikap Teman yang SalahPexels.com/Cottonbro

Sangat masuk akal kalau kamu tidak boleh membenarkan sikap teman yang salah, karena kalau dibenarkan justru itu berdampak buruk untuk dirinya sebab akan menjadikannya terbiasa. Ia bisa saja tetap melakukannya di masa depan karena tahu ada yang mendukung kesalahannya. 

2. Supaya dia tidak bangga atas perbuatannya

5 Alasan Logis Kamu Gak Boleh Membenarkan Sikap Teman yang SalahPexels.com/Cottonbro

Alasan logis yang kedua mengapa kamu tidak boleh membenarkan sikap teman yang salah ialah supaya dia tidak bangga dengan perbuatannya. Tidak ada hal yang hebat dari melakukan kesalahan, apalagi kesalahan dalam bersikap. Tentu hal itu bakal mempengaruhi kepribadiannya jika tidak segera dihentikan.

Baca Juga: Simpel, 5 Sikap Ini Bikin Orang Lain Merasa Dihargai 

3. Agar berubah dan introspeksi diri

5 Alasan Logis Kamu Gak Boleh Membenarkan Sikap Teman yang SalahPexels.com/Andrea Piacquadio

Kemudian, kamu juga tidak boleh membenarkan sikap teman yang salah karena agar dia berubah dan introspeksi diri. Semua orang tentu pernah melakukan suatu kesalahan, namun gak baik jika membiarkan teman kita melakukan hal buruk apalagi jika membenarkannya. Sebab dalam pertemanan itu sangat penting untuk sama-sama berkembang dan berubah jadi lebih baik. Bukankah begitu?

4. Teman sejati harus saling mengingatkan

5 Alasan Logis Kamu Gak Boleh Membenarkan Sikap Teman yang SalahPexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Keempat, jika kamu benar-benar teman yang tulus dan sosok teman sejati maka harus ingat bahwa sangat penting untuk saling mengingatkan. Tidak penting siapa yang lebih benar dibanding siapa, tapi ini tentang sama-sama menjalin persahabatan yang erat dengan deep talk seperti saling menasihati. 

5. Agar hubungan pertemanan yang terjalin tetap sehat

5 Alasan Logis Kamu Gak Boleh Membenarkan Sikap Teman yang SalahPexels.com/Fauxels

Kelima, membenarkan sikap teman yang salah itu tidak boleh karena hal itu supaya hubungan pertemanan yang terjalin tetap sehat. Tidak toxic yang mana segala tindakan buruk malah dianggap keren, atau dibela walaupun jelas-jelas sikapnya salah.

Menjaga ikatan pertemanan itu memang tidak mudah, namun ingatlah satu hal bahwa kamu dan temanmu harus bersikap bijak untuk satu sama lain. Saling mengingatkan mana yang salah supaya bisa sama-sama memperbaiki diri. 

Baca Juga: 5 Cara Have Fun Bareng Teman-teman di Era New Normal 

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya