Comscore Tracker

5 Alasan Mapan & Usia Matang Gak Melulu jadi Dasar Kapan Kamu Menikah

Karena yang tahu waktu pasnya itu cuma kamu

Meski zaman semakin modern dan berkembang namun pemikiran orang tentang pernikahan masih saja memakai pemahaman turun menurun, yaitu harus menikah jika sudah mencapai usia tertentu dan juga ketika karier mapan. Padahal kalau ditelusuri lebih jauh, hal itu hanyalah standar sosial saja dan tidak ada ketetapan tertentu tentang kapan waktu seseorang harus menikah.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa alasan bahwa kemapanan karier dan usia matang gak melulu jadi dasar yang menentukan kapan kamu menikah. Yuk simak pembahasannya!

1. Tuntutan orang lain belum tentu baik untuk hidupmu

5 Alasan Mapan & Usia Matang Gak Melulu jadi Dasar Kapan Kamu MenikahPexels.com/Duong Nhan

Ketika ada orang yang menuntut atau mendesakmu untuk cepat menikah hanya karena sudah mapan dalam berkarier dan berada di usia yang matang, maka jangan buru-buru menurutinya. Kamu tidak perlu memuaskan keinginan orang lain, sebab apa yang ia tuntut padamu belum tentu baik untuk hidupmu. 

2. Pernikahan akan mengubah hidupmu, jadi lakukan ketika siap

5 Alasan Mapan & Usia Matang Gak Melulu jadi Dasar Kapan Kamu MenikahPexels.com/Cottonbro

Kedua, mapan dan berusia mapan gak melulu jadi dasar yang menentukan kapan kamu menikah karena kamu harus tahu dulu bahwa pernikahan itu bukan suatu hal yang baik jika dijalani tanpa rencana. Pernikahan akan mengubah dan mempengaruhi banyak hal di hidupmu, jadi menikahlah hanya ketika kamu siap.

Baca Juga: 5 Alasan yang Membuat Seseorang Belum Menikah di Usia Mapan

3. Kebahagiaanmu adalah hal yang harus diutamakan

5 Alasan Mapan & Usia Matang Gak Melulu jadi Dasar Kapan Kamu MenikahPexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Ketiga, kebahagiaanmu adalah hal yang harus diutamakan. Kamu perlu memaksakan diri hingga buru-buru menikah hanya karena sudah memasuki usia yang matang dan memiliki hidup yang mapan. Tidak peduli kapan kamu menikah, kamu harus membahagiakan dirimu sendiri terlebih dahulu. Jadi saat menikah nanti kamu tidak menuntut untuk dibahagiakan lagi.

4. Batasan kapan menikah hanyalah sebuah standar sosial

5 Alasan Mapan & Usia Matang Gak Melulu jadi Dasar Kapan Kamu MenikahPexels.com/Retha Ferguson

Keempat, kamu tidak perlu merasa tertekan perihal kapan menikah karena hal itu hanyalah sebuah standar sosial. Karena rata-rata orang menikah itu ketika mapan dan berumur dewasa maka orang-orang menjadikan itu sebagai standar, pada nyatanya kamu berhak memutuskan sendiri kapan kamu akan menikah. Bahkan meski sudah mapan dan dewasa kamu tidak perlu langsung menikah.

5. Pernikahan bukan sesuatu yang diperlombakan

5 Alasan Mapan & Usia Matang Gak Melulu jadi Dasar Kapan Kamu MenikahPexels.com/Wesner Redrigues

Dan kelima, pernikahan bukan suatu hal yang diperlombakan. Tidak ada yang menang atau kalah di dalam pernikahan, jadi gak harus berlomba-lomba dengan orang lain. Kamu punya waktumu sendiri, dan setiap orang bertemu dengan jodohnya di waktu yang berbeda pula, tidak peduli apakah ia mapan dan dewasa atau tidak.

Terlepas dari apa yang orang-orang katakan atau standar sosial perihal pernikahan, tadi adalah lima alasan bahwa karier yang mapan dan matangnya usia gak melulu jadi dasar panutan tentang kapan kamu menikah. Jadi tenang saja, ya.

Baca Juga: 5 Tanda Penting Kamu Sudah Matang untuk Pacaran yang Serius

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya