Comscore Tracker

5 Cara Bahagiakan Pasangan Berdasarkan Tipe Love Language

Agar kamu tahu apa yang ia sukai #IDNTimesLife

Love language atau yang disebut juga bahasa cinta adalah cara seseorang dalam mengekspresikan dan menunjukkan perasaan cintanya. Mengetahui love language pasangan saat menjalin hubungan terbilang penting. Melaluinya, kita jadi tahu seperti apa ekspresi cinta pasangan dan apa saja yang membuatnya bahagia.

Dengan tahu love language pasangan, kamu gak perlu bingung bagaimana mencintai dia dengan benar dan mengekspresikan rasa sayang padanya dengan tepat. Yuk, simak pembahasannya!

1. Words of affirmation: Berikan pujian dan perkataan yang menggambarkan cintamu padanya

5 Cara Bahagiakan Pasangan Berdasarkan Tipe Love Languageilustrasi kencan(pexels.com/Cottonbro)

Berikanlah pujian dan perkataan yang menggambarkan seberapa cintanya kamu padanya, cara ini dapat membahagiakan pasanganmu jika bahasa cintanya adalah words of affirmation. Pasangan yang bahasa cintanya berupa kata-kata dan pujian akan sangat senang jika mendengar kata-kata manis.

Bukan berupa rayuan, melainkan sekadar ucapan "I love you" di pagi hari saja sudah bisa membuat ia bahagia. Jangan ragu pula untuk memujinya dan mengatakan cinta serta rindumu, ya. Ia akan merasa diapresiasi. 

2. Physical touch: Berikan sentuhan kepada dirinya seperti yang ia sukai

5 Cara Bahagiakan Pasangan Berdasarkan Tipe Love Languageilustrasi pasangan(pexels.com/Mikhail Nilov)

Kedua, kalau pasanganmu memiliki bahasa cinta berupa physical touch, maka cara membahagiakannya adalah dengan memberinya pelukan hangat, atau sesederhana menggenggam tangannya ketika jalan berdua. Seperti namanya, orang dengan love language ini menyukai kedekatan fisik dan sentuhan.

Selain karena sentuhan merupakan salah satu bentuk komunikasi dengan orang lain, baginya kedekatan fisik inilah yang paling mengekspresikan perasaan. Tidak cukup dengan kata-kata saja untuk membuktikan cinta padanya.

Baca Juga: 5 Ide Self Love dengan Teori The Five Love Language, Ada Memijat Tubuh

3. Acts of service: Membantunya dan melakukan sesuatu yang dia suka

5 Cara Bahagiakan Pasangan Berdasarkan Tipe Love Languageilustrasi pasangan(pexels.com/Ketut Subiyanto)

Jika love language pasanganmu adalah acts of service, maka sebaiknya berikanlah bantuan atau melakukan sesuatu yang dia suka. Daripada sekadar mengatakan cinta ataupun memberinya kontak fisik mesra, dia lebih bahagia jika kamu melakukan hal yang bermanfaat untuknya. Jadi cobalah peka dan membantunya dalam bekerja jika dia tampak kelelahan atau berjuang bersamanya untuk meraih mimpi.

4. Gift giving: Memberinya hadiah dan kejutan meski bukan di hari spesial

5 Cara Bahagiakan Pasangan Berdasarkan Tipe Love LanguageIlustrasi beri hadiah(pexels.com/Nicole Michalou)

Berikanlah hadiah dan kejutan-kejutan manis meskipun bukan di hari spesial atau momen-momen tertentu. Cara ini sangat ampuh untuk membahagiakan hati pasanganmu jika bahasa cintanya berupa gift giving atau pemberian hadiah.

Sebagaimana dirinya yang suka sekali membelikanmu barang-barang yang penuh arti, dia juga senang jika berikan hadiah atau sesuatu yang istimewa. Hal itu membuatnya merasa berharga dan sangat dicintai.

5. Quality time: Sempatkan menghabiskan waktu bersama di sela-sela kesibukan

5 Cara Bahagiakan Pasangan Berdasarkan Tipe Love Languageilustrasi pasangan(pexels.com/Ketut Subiyanto)

Jika love language pasanganmu adalah quality time, ia akan bahagia jika kamu menyempatkan waktu untuk bersama. Ia merasa begitu disayang ketika kamu membagi waktu dan tetap memperhatikannya di sela-sela kesibukan. Sesederhana duduk berdua sambil menonton film favorit atau duduk berdua dan mengobrol saja sudah cukup membahagiakannya.

Beda bahasa cinta, berbeda pula hal yang dapat benar-benar membahagiakan pasangan. Namun, tidak perlu risau lagi karena kamu bisa mencoba beberapa cara di atas sesuai dengan apa yang disukai si dia. 

Baca Juga: 5 Cara Menerapkan Love Language dalam Hubungan, Bikin Makin Romantis!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya