Comscore Tracker

5 Caranya agar Pasangan Gak Posesif dan Mengatur Hidupmu

Beri pemahaman padanya bagaimana hubungan sehat itu

Membahas tentang pasangan posesif dalam relationship, sebenarnya ada banyak sekali penyebab kenapa seseorang bersikap seperti itu pada pasangannya. Ada sebab-sebab tertentu misalnya seperti takut kehilangan atau yang lainnya, tapi ada juga yang karena pribadinya seperti itu dan dia tak mengerti bagaimana cara menjalin hubungan yang sehat itu.

Lalu bagaimanakah caranya agar pasanganmu tidak posesif dan mengatur hidupmu? Beberapa caranya akan dibahas lebih lanjut di bawah ini, yuk disimak!

1. Dari awal kenal dan berhubungan jangan ada mengekangnya

5 Caranya agar Pasangan Gak Posesif dan Mengatur HidupmuIlustrasi pria dan wanita(pexels.com/Uriel Mont)

Kalau kamu ingin hubungan yang benar-benar sehat dan tanpa adanya sifat posesif, maka yang pertama harus kamu lakukan adalah sejak pertama kalian kenal hingga pacaran kamu pun jangan ada mengekangnya. Karena kalau kamu membebaskan dia, maka dia pun tidak akan berpikir untuk posesif padamu. Dengan kata lain di dalam hubungan sebenarnya juga ada aturan bahwa kamu akan menuai apa yang kamu tanam. Jangan kamunya posesif ke dia tapi malah gak mau ketika dia balik mengekangmu.

2. Tunjukkan kalau kamu bisa dipercaya

5 Caranya agar Pasangan Gak Posesif dan Mengatur HidupmuIlustrasi pasangan(pexels.com/Arina Krasnikova)

Kemudian caranya yang kedua supaya pasangan gak posesif dan mengatur hidupmu ialah, dengan menunjukkan bahwa kamu merupakan sosok yang bisa dipercaya. Baik itu bisa dipercaya dalam segi perkataan ataupun sikap, jadi dia pun gak waspada jika memberimu kebebasan. Karena banyak yang terjadi malah, ketika diberi kebebasan dan gak diatur-atur tapi malah kelewatan batas dan menghilangkan rasa percaya pasangannya sendiri.

3. Beritahukan padanya bagaimana menjalin hubungan yang sehat

5 Caranya agar Pasangan Gak Posesif dan Mengatur HidupmuIlustrasi pasangan(pexels.com/Keira Burton)

Ada orang yang posesif karena takut kehilangan, tapi ada juga yang mengatur hidup pasangan dan posesif karena dia sendiri gak tahu bagaimana konsep hubungan yang sehat. Maka dari itu kamu bisa mencoba cara yang ketiga ini, yaitu pelan-pelan memberitahu dan mengajarkannya membangun hubungan yang sehat bersamamu. Mungkin perlu kesabaran dalam hal ini, tapi memperbaiki pemahaman pasangan demi healthy relationship tentu gak bakal sia-sia, kan.

Baca Juga: 5 Tanda Hubunganmu makin Posesif yang Sering Gak Kamu Sadari

4. Jika diberi kebebasan, jangan sekali-kali mengkhianati kepercayaannya

5 Caranya agar Pasangan Gak Posesif dan Mengatur HidupmuIlustrasi pasangan bertengkar(pexels.com/Vera Arsic)

Caranya yang keempat supaya pasangan gak posesif dan mengatur hidupmu ialah, kalau dia sudah memberimu kebebasan maka jangan sekali-kali mengkhianati kepercayaannya. Misalnya saja seperti pergi menemui lawan jenis tanpa sepengetahuannya, atau sengaja berbohong supaya bisa bermain-main hingga larut malam. Kalau kamu berbohong, yang ada malah membuatnya jera untuk percaya padamu lagi dan mulai menerapkan berbagai aturan ketat.  Dampaknya bisa bikin hubungan jadi gak nyaman.

5. Buat hubungan kalian berjalan dengan santai, supaya dia gak terlalu erat menggenggammu

5 Caranya agar Pasangan Gak Posesif dan Mengatur HidupmuIlustrasi pasangan(pexels.com/Cottonbro)

Buat atau jalanilah hubungan kalian dengan santai sedari awal, sehingga dia pun tidak menjadi ketat atau menggenggammu terlalu erat. Dan bagaimana menjalani hubungan dengan santai itu bisa berbeda-beda caranya bagi setiap orang. Pokoknya gak perlu menerapkan berbagai aturan, cukup saling memahami batasan tertentu saja supaya gak bersikap melewati batas dan tetap menjaga perasaan satu sama lain. 

Itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya pasangan gak posesif ataupun mengatur-atue hidupmu terlalu ketat. Intinya, jagalah kepercayaan sedari awal hubungan agar dia pun tidak takut untuk membebaskanmu. 

Baca Juga: 5 Penyebab Kenapa Pasanganmu yang Dulu Terbuka jadi Posesif

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya