Comscore Tracker

5 Efek Sering Cek HP Pasangan Diam-diam, Bikin Overthinking

Malah jadi beban pikiran karena memicu kecurigaan

Mengenai batasan privasi pada HP pasangan, setiap orang punya batasannya sendiri-sendiri. Tapi mau itu masih pacaran ataupun sudah menikah, memeriksa HP pasangan secara diam-diam tetap saja tidak sopan dan berdampak buruk untuk hubungan. 

Yang mana kalau terlalu sering mengecek HP pasangan diam-diam hingga menjadi kebiasaan bisa membuat pikiran jadi gampang curigaan, selain itu juga dapat memicu pertengkaran dan menambah beban pikiran sendiri. Untuk lebih jelasnya bisa simak pembahasan di bawah ini tentang beberapa efeknya. 

1. Sering overthinking sama apa yang dilihat di HP pasangan

5 Efek Sering Cek HP Pasangan Diam-diam, Bikin Overthinkingilustrasi pakai HP (pexels.com/Budgeron Bach)

Yang namanya mengecek HP pasangan secara diam-diam berarti mencuri-curi waktu ketika dia lengah, kan. Nah pada saat itu tentu tidak banyak waktu yang kamu punya untuk melihat isi HP-nya secara keseluruhan dan mungkin hanya melihat sekilas-sekilas saja. 

Hal itulah yang kemudian bisa membuatmu jadi overthinking, lho. Yang mana mungkin kamu melihat isi pesannya yang banyak dari lawan jenis, atau bahkan daftar panggilan dari nomor yang tidak kamu kenal. Tidak bisa bertanya langsung ditambah melihatnya cuma sekilas, tentu hal ini bakal bikin kamu kepikiran.

2. Jadi lebih sering curiga dan berprasangka

5 Efek Sering Cek HP Pasangan Diam-diam, Bikin Overthinkingilustrasi pasangan menatap (pexels.com/Katerina Holmes)

Efeknya yang kedua kalau kamu sering mengecek HP pasangan diam-diam ialah kamu jadi lebih gampang curiga dan berprasangka. Karena perilakumu yang mengecek secara diam-diam akan membentuk pola pikir bahwa mungkin ada yang dia sembunyikan darimu. 

Kalau sudah seperti ini, menjalin hubungan pun rasanya gak bakalan nyaman. Semua gerak-geriknya kamu pantau, belum lagi kalau ada hal yang ia lakukan tanpa sepengetahuanmu yang kemudian membuatmu curiga dan menuduhnya macam-macam. 

Baca Juga: 5 Cara Santuy Hadapi Pacar yang Gampang Curiga, Mesti Sabar!

3. Bisa jadi bahan pertengkaran kalau ketahuan pasangan diam-diam memeriksa HP-nya

5 Efek Sering Cek HP Pasangan Diam-diam, Bikin Overthinkingilustrasi bertengkar (pexels.com/Timur Weber)

Tentu saja hal ini bisa menjadi pemicu pertengkaran dan keretakan hubungan. Kenapa? Karena perilakumu yang sering mengecek HP pasangan secara diam-diam pasti membuat dia marah kalau sampai ketahuan. 

Bukan karena dia menyimpan rahasia atau diam-diam selingkuh darimu, tapi apa yang kamu lakukan sama saja dengan tidak mempercayainya. Seperti mencurigainya melakukan hal buruk di belakangmu hingga harus diam-diam mengecek HP-nya, hatinya pasti terluka. 

4. Jadi kebiasaan untuk melanggar privasi pasangan untuk hal-hal lainnya

5 Efek Sering Cek HP Pasangan Diam-diam, Bikin Overthinkingilustrasi pasangan (pexels.com/Mikhail Nilov)

Keempat, kalau sudah kebiasaan mengecek HP pasangan diam-diam maka ditakutkan bahwa itu bisa membuatmu melanggar privasi lainnya. Seperti memeriksa dompet, tas, lemari, atau bahkan laci meja pasangan diam-diam. 

Karena kamu sudah terbiasa membongkar apa yang ia miliki tanpa izin. Hal ini tidaklah baik karena membuatmu berperilaku seperti selayaknya pencuri yang suka membongkar barang orang tanpa sepengetahuan pemiliknya. Padahal kalau kamu bertanya langsung juga pasti diizinkan olehnya. 

5. Tersiksa sendiri ketika mengetahui apa yang tidak perlu diketahui

5 Efek Sering Cek HP Pasangan Diam-diam, Bikin Overthinkingilustrasi pasangan (pexels.com/Timur Weber)

Efeknya bisa jadi buruk untuk dirimu sendiri, lho. Yang mana dengan mengecek HP pasangan diam-diam tentu kamu jadi melihat apa yang tidak seharusnya kamu lihat, misalnya seperti isi pesan orang lain kepadanya tentangmu yang mungkin buruk. 

Kamu yang jadinya sedih dan terluka sendiri ketika mengetahui kalau mungkin ada orang di sekitarnya yang ternyata tidak menyukaimu. Dan kamu mengetahuinya sendiri ketika pasanganmu berusaha menutupinya dan tidak mau memberitahumu karena takut melukai hati. 

Intinya, sering mengecek HP pasangan itu gak baik untuk dirimu sendiri dan juga hubungan. Apalagi kalau sampai jadi kebiasaan dan membentuk pola pikir yang penuh dengan kecurigaan. 

Baca Juga: 5 Tips Memperbaiki Komunikasi dengan Pasangan, Jangan Disepelekan!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya