Comscore Tracker

5 Hal Krusial yang Wajib Diselaraskan dengan Pasangan sebelum Menikah

Karena keselarasan itu penting agar rumah tanggamu harmonis

Kalau kamu dan pasangan sudah kepikiran untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius yaitu pernikahan, maka perlu diketahui kalau menikah itu gak cuma tentang kesiapan saja akan tetapi juga tentang keselarasan antara satu sama lain. Banyak orang yang mengabaikan hal ini dan hanya memikirkan tentang kemapanan dan persiapan menjelang pernikahan.

Padahal gak cuma satu hal saja yang perlu diselaraskan dengan pasangan, tapi banyak! Demi terwujudnya rumah tangga yang harmonis, berikut ini adalah pembahasan beberapa hal di antaranya. Yuk simak!

1. Ingin segera mempunyai anak atau tidak

5 Hal Krusial yang Wajib Diselaraskan dengan Pasangan sebelum MenikahIlustrasi keluarga(pexels.com/Vlada Karpovich)

Hal pertama yang paling penting untuk diselaraskan dengan pasangan sebelum menikah ialah tentang keinginan memiliki kuturunan. Ada yang tujuannya menikah supaya cepat punya anak, namun ada juga yang ingin senang-senang dan menikmati pernikahan berdua dulu dengan pasangan setelah menikah dan gak menuntut untuk segera punya anak. Karena kalau hal ini gak selaras maka bisa-bisa memicu perselisihan, yang membuat salah satu pihak jadi terpaksa atau mengalah ketika dirinya sendiri belum siap memiliki anak.

2. Prinsip dalam mengatur keuangan

5 Hal Krusial yang Wajib Diselaraskan dengan Pasangan sebelum MenikahIlustrasi kerja sama(pexels.com/Ketut Subiyanto)

Pengaturan keuangan dalam rumah tangga itu hal yang teramat penting, jadi pastikan untuk menyelaraskan hal ini juga dengan pasanganmu sebelum kalian menikah. Bagaimana pengaturan biaya, siapa yang mengatur keuangan kebutuhan rumah tangga, dan bagaimana tabungan serta investasi bersama dilakukan. Pernikahan gak cuma berjalan satu atau dua hari, jadi pastikan segala yang menyangkut keuangan jelas dimengerti oleh kedua belah pihak sebelum menikah.

3. Pemahaman tentang pentingnya berbagi peran dalam keseharian

5 Hal Krusial yang Wajib Diselaraskan dengan Pasangan sebelum MenikahIlustrasi pasangan(pexels.com/Amina Filkins)

Ketika menikah maka yang tadinya disebut pacar akan berubah menjadi pasangan dan teman hidup. Yang mana bersamanyalah kita menghabiskan banyak waktu dalam hidup, jadi hal ketiga yang termasuk krusial untuk diselaraskan sebelum menikah ialah tentang pembagian peran dalam keseharian. Kedua belah pihak harus sama-sama mengambil peran sehingga pasangan yang merasa menjadi pembantu setelah ia menikah. Bagi tugas dan saling bekerja sama untuk bisa menjalani hidup dengan baik.

Baca Juga: 5 Sikap Ini Bisa Jadi Tanda si Dia Sudah Mantap Menikah Denganmu

4. Tinggal di rumah sendiri atau bareng orangtua

5 Hal Krusial yang Wajib Diselaraskan dengan Pasangan sebelum MenikahIlustrasi keluarga(pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Perihal tempat tinggal jika sudah menikah juga patut dibicarakan dan diselaraskan dengan pasangan. Jangan sampai nanti kamu ingin tinggal di rumah sendiri tapi pasanganmu malah ingin tinggal bareng orangtuanya. Usahakan untuk sepakat tanpa ada paksaan tentang tempat tinggal kalian. Karena baik tinggal di rumah sendiri ataupun bareng orangtua, ada plus dan minusnya sendiri.

5. Metode yang digunakan dalam mendidik dan merawat anak

5 Hal Krusial yang Wajib Diselaraskan dengan Pasangan sebelum MenikahIlustrasi orangtua(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Cepat atau lambat kalian akan memiliki anak setelah menikah nanti. Maka dari itu sebelum menikah ada baiknya untuk membicarakan tentang metode yang mau digunakan dalam mendidik dan membesarkan anak kalian kelak. Karena setiap metode parenting berbeda juga pribadi anak yang bakal terbentuk. Dan sangat penting bagi kedua orangtua untuk bekerja sama dalam mendidik anak dengan metode parenting terbaik.

Nikah itu gak cuma tentang tinggal bareng pasangan, tapi sebelum itu harus selaraskan dulu hal-hal tadi dengan pasangan supaya hidup bersamanya pun bakal searah dan nyaman untuk satu sama lain. Semoga pernikahanmu kelak berjalan langgeng dan harmonis, ya!

Baca Juga: Ada Menikah Usia 16 Tahun! 10 Artis Mantap Menikah Muda

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya