Comscore Tracker

5 Hal Simple Ini Justru Bisa Menghentikan Rasisme dalam Pertemanan Lho

Sebab semua orang itu pada dasarnya sama dan setara

Hidup bersosial berarti kita menjalin pertemanan dengan orang-orang sekitar. Nah dalam pertemanan ini sayangnya masih ada banyak orang yang belum paham bagaimana berteman secara sehat, yang entah disengaja atau tidak masih ada saja perlakuan rasis atau hal buruk lainnya.

Mungkin belum banyak yang tahu, tapi beberapa hal sederhana di bawah ini justru bisa menghentikan adanya rasisme di dalam pertemanan. Supaya hubungan pertemanan sehat dan memahami bahwa semua orang itu sama dan setara. Yuk simak pembahasannya lebih lanjut berikut ini!

1. Tidak mengucilkan teman

5 Hal Simple Ini Justru Bisa Menghentikan Rasisme dalam Pertemanan LhoPexels.com/Andrea Piacquadio

Hal sederhana pertama yang menghindarkan adanya rasisme adalah dengan tidak mengucilkan teman. Terlepas dari fisiknya yang mungkin terlihat berbeda, agama atau strata sosial yang berbeda denganmu, perlakukanlah ia dengan sama. Membiasakan hal ini dapat menghindari adanya perlakuan rasis.

2. Menerima perbedaan dengan santai

5 Hal Simple Ini Justru Bisa Menghentikan Rasisme dalam Pertemanan LhoPexels.com/Andrea Piacquadio

Lalu, menerima perbedaan dengan santai juga mampu menghentikan rasisme dalam lingkaran pertemanan. Memang suatu hal yang menyenangkan jika kita bertemu dengan orang yang punya ciri sama seperti fisik misalnya, namun bukan berarti mereka yang tampilan fisiknya berbeda layak dinilai aneh. Maka dari itu sangat perlu dipahami bahwa menerima perbedaan itu penting.

Baca Juga: 6 Manfaat Punya Pertemanan yang Dewasa, Gak Hanya Sekadar Having Fun! 

3. Tidak melakukan bullying

5 Hal Simple Ini Justru Bisa Menghentikan Rasisme dalam Pertemanan LhoPexels.com/Fauxels

Hal simple lainnya yang dapat menghentikan sikap rasis dalam pertemanan adalah dengan tidak melakukan bullying. Tidak perlu ada tingkah superior dalam pertemanan. Dengan merangkul dan menerapkan kepedulian dengan sesama teman, itu saja sudah membuat hubungan pertemananmu sehat dan terhindar dari sikap-sikap buruk seperti rasis.

4. Mendapat didikan attitude yang baik di rumah

5 Hal Simple Ini Justru Bisa Menghentikan Rasisme dalam Pertemanan LhoPexels.com/Elly Fairytale

Nah, hal keempat ini sebenarnya merupakan hal yang paling dasar yaitu dengan memastikan setiap anak mendapat didikan yang baik dari orangtuanya di rumah. Karena kalau ia sudah punya bekal attitude baik dari orangtua dan keluarga, ketika berteman pun ia juga tak akan buruk pada orang lain, kan.

5. Bersaing secara sehat

5 Hal Simple Ini Justru Bisa Menghentikan Rasisme dalam Pertemanan LhoPexels.com/Fauxels

Kemudian dengan memahami tentang pentingnya bersaing secara sehat juga dapat menghentikan sikap rasis dalam pertemanan. Karena tak sedikit orang merasa iri dengan temannya dan malah melakukan hal buruk dengan menjelek-jelekkan bentuk fisik dan jati diri temannya. Dan segalanya dapat dihindari dengan melakukan persaingan secara sehat, jika mau lebih baik dari teman maka harus berusaha memperbaiki diri.

Itulah beberapa hal simple yang konon justru dapat menghentikan rasisme di dalam pertemanan. Intinya jagalah hubungan pertemananmu tetap sehat dan memahami bahwa pada dasarnya kita semua sama dan setara.

Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Faktor Ini Ternyata Harus Ada di Dalam Pertemanan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya